5 Destinasi Wisata Alam di Mempawah yang Wajib Dikunjungi

Jumat, 28 Oktober 2022 | 00:01:00

Zulfah Ariyani

Penulis : Zulfah Ariyani

5 Destinasi Wisata Alam Di Mempawah Yang Wajib Dikunjungi

Ilustrasi liburan. (Special)

Ladiestory.id - Mempawah, Kalimantan Barat mungkin terdengar asing di telinga sebagian orang. Namun, siapa sangka salah satu kabupaten di Provinsi Kalimantan Barat ini mempunyai destinasi wisata alam yang menakjubkan, mulai dari wisata pantai, sungai, hingga taman mangrove.

Jika kamu tertarik mengunjungi Mempawah, Kalimantan Barat, berikut lima destinasi wisata alam yang wajib kamu kunjungi.

Pantai Kijing

Pantai Kijing. (Special)

Mempawah dikenal sebagai salah satu kabupaten yang memiliki julukan surganya pantai. Kamu bisa menemukan pantai-pantai dengan panorama yang indah di Mempawah, salah satunya adalah Pantai Kijing.

Di pantai ini, kamu bisa menemukan deretan pohon kelapa yang berjajar rapi di tepi pantai. Meskipun cuaca sedang terik, kamu tetap bisa menikmati hawa sejuk di pantai ini karena banyaknya pohon kelapa yang berjajar di sepanjang pantai. Pantai Kijing cocok untuk dijadikan destinasi wisata alam saat berlibur bersama keluarga.

Pantai Jungkat

Pantai Jungkat. (Special)

Selain Pantai Kijing, Pantai Jungkat juga cukup populer di kalangan masyarakat. Kamu bisa menikmati panorama yang menakjubkan di pantai ini. Pantai ini juga menjadi tempat favorit bagi pengunjung yang ingin menikmati keindahan sunset

Selain bersantai menikmati keindahan Pantai Jungkat, kamu juga bisa melakukan aktivitas seru lainnya, seperti menyusuri pantai dengan naik perahu. Jika kamu hobi memancing, kamu juga bisa menjadikan Pantai Jungkat ini sebagai spot memancing.

Pulau Temajo

Pulau Temajo. (Special)

Jika kamu berkunjung ke Mempawah, jangan lupa untuk mengunjungi Pulau Temajo. Pulau ini menawarkan keindahan alam yang eksotis dan tentunya instagramable. Pulau Temajo bisa kamu kunjungi dengan cara menyewa perahu dari dermaga di Sungai Kunyit.

Dari dermaga tersebut membutuhkan waktu sekitar 45 menit agar bisa sampai ke Pulau Temajo. Perjalanan yang cukup lama tersebut nantinya akan terbayarkan dengan keindahan alam di Pulau Temajo yang menyejukkan mata. Kamu akan melihat hamparan pasir putih dan juga jernihnya air laut di pulau ini. 

Sungai Mempawah

Sungai Mempawah. (Special)

Destinasi wisata alam yang cukup terkenal di Mempawah adalah Sungai Mempawah. Jangan bayangkan bahwa nantinya kamu hanya melihat sungai dengan semak-semak di sekitarnya. Sungai Mempawah sudah dikelola dengan baik sebagai tempat wisata yang layak untuk dikunjungi.

Di lokasi wisata ini kamu bisa menikmati luasnya sungai yang menakjubkan. Selain itu, ada banyak perahu motor yang disewakan di tempat ini.

Kamu bisa memanfaatkannya untuk berkeliling sungai sambil menikmati indahnya pemandangan Sungai Mempawah. Setelah puas mengeksplor Sungai Mempawah, kamu bisa memanjakan lidah dengan aneka hidangan khas Mempawah yang tersedia di warung-warung yang berada di pinggiran Sungai Mempawah.

Mempawah Mangrove Park

Mangrove Park. (Special)

Mempawah Mangrove Park juga merupakan salah satu destinasi wisata alam yang wajib kamu kunjungi saat berada di Mempawah. Tempat wisata ini menyuguhkan pemandangan pohon bakau yang tumbuh lebat.

Kamu juga bisa menyusuri area Mangrove Park ini dengan memanfaatkan jembatan kayu, yang berfungsi sebagai jalan untuk para wisatawan. Jika kamu beruntung, kamu juga bisa melihat kawanan burung, penyu, kepiting bakau, hingga udang bakau.

Tertarik mengunjungi Mempawah, Kalimantan Barat, Ladies?