Tak Perlu ke Turki, Ini 5 Destinasi Wisata Balon Udara di Indonesia

Rabu, 19 Januari 2022 | 17:00:00

Sofianti Herina

Penulis : Sofianti Herina

Tak Perlu Ke Turki, Ini 5 Destinasi Wisata Balon Udara Di Indonesia

Ilustrasi wisata balon udara. (Special)

Ladiestory.id - Cappadocia mendadak populer sejak disebut dalam Layangan Putus. Dalam serial tersebut, Cappadocia adalah tempat yang ingin dikunjungi Kinan. Tempat ini merupakan destinasi wisata Turki yang terkenal dengan balon udaranya yang indah. 

Bicara soal balon udara, bila Kamu ingin menaikinya tak perlu jauh-jauh pergi ke Turki. Karena di Indonesia pun terdapat beberapa wisata dengan balon udara. Berikut Ladiestory.id merangkum lima destinasi wisata balon udara di Indonesia.

1. Gunung Bromo, Jawa Timur

Balon udara di Gunung Bromo. (Special)

Kini terdapat destinasi baru khusus buat Kamu yang ingin menikmati lebih dekat keindahan Gunung Bromo lewat balon udara. Ada dua balon udara di sini, yakni balon untuk penerbangan statik dan balon cold inflation atau balon yang tak bisa terbang.

Khusus balon udara cold inflation, balon ini akan terus mengembang sepanjang hari, jadi kamu bisa dengan bebas berfoto kapan saja. Sementara balon udara statis, kamu akan diajak terbang di ketinggian 50 meter untuk menyaksikan keindahan Gunung Semeru, Gunung Bromo, dan Gunung Batok.

Destinasi wisata ini tepatnya berlokasi di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, Jawa Timur. Buka setiap hari mulai pukul 06.00-21.00 WIB dan pukul 14.00-17.00 WIB khusus penerbangan statis. Untuk harga tiketnya, cold inflation dibandero dengan harga Rp250 Ribu, sedangkan statis seharga Rp815 Ribu. 

2. Tanah Gajah, Bali

Balon udara di Tanah Gajah, Bali. (Special)

Tanah Gajah yang berada di Pulau Bali bisa jadi destinasi wisata Kamu untuk bisa menaiki balon udara. Di tempat ini Kamu bisa pilih akan terbang pagi atau sore, dengan sekali sesi terbang 7-10 menit di ketinggian maksimal 50 meter. Satu balon udara cuma dapat dinaiki maksimal dua orang.

Tempat wisata ini berlokasi di Jalan Goa Gajah, Tengkulak Kaja, Kecamatan Ubud, Gianyar, Bali. Kamu bisa mengunjungi mulai pukul 06.30-17.30 WITA. Untuk naik balon udara di sini, Kamu dapat membayar sekitar Rp1,2-2,1 Juta untuk satu balon dengan kapasitas dua orang.

3. Sari Ater, Jawa Barat

Balon udara di Sari Ater, Jawa Barat. (Special)

Destinasi wisata dengan balon terbang selanjutnya adalah Sari Ater, Bandung. Kamu akan dibawa menaiki balon udara pada ketinggian kurang lebih 40 meter selama 15 menit. 

Dari atas balon, Kamu akan menyaksikan keindahan gunung dan bukit. Tempat wisata ini selalu ramai akan pengunjung yang ingin menaiki balon udara.  

Destinasi wisata ini berlokasi di Jalan Sari Ater, Palasari, Ciater, Subang, Jawa Barat. Dengan jam operasional tiap hari, mulai pukul 06.00-20.30 WIB. Kamu harus bayar Rp650 Ribu per orang untuk bisa menaiki balon udara di sini.

4. The Lodge Maribaya, Jawa Barat

Balon udara di Maribaya, Jawa Barat. (Special)

Destinasi wisata balon udara selanjutnya adalah di The Lodge Maribaya. Balon udara di sini berbeda dengan balon udara di tempat lain. Balon udara di Maribaya ini tidak mengudara tinggi, melainkan hanya menggantung di ketinggian 6 meter saja. 

Soal keamanannya, Kamu tak perlu takut karena terdapat bangunan dari baja untuk menahannya. Kamu juga bisa foto sepuasnya.

Wisata ini terletak di Jalan Maribaya Nomor 149/252, Cibodas, Lembang, Bandung Barat, Jawa Barat. Dengan jam operasional setiap hari pukul 09.00-17.00 WIB, Kamu bisa naik balon udara ini dengan membayar Rp20 Ribu. 

5. Bukit Teletubbies, Jawa Timur

Balon udara di Bukit Teletubbies. (Special)

Destinasi wisata balon udara lainnya yang ada di Indonesia adalah Bukit Teletubbies Blitar. Namun, balon udara di tempat wisata ini tidak beranjak ke mana pun, hanya sebatas sebagai spot foto saja.

Meskipun begitu Kamu tetap dapat menyaksikan pemandangan dengan lanskap perbukitan yang hijau dan memanjakan mata. Kamu juga bisa berfoto untuk mengabadikan momen indahmu di sini.  

Tempat wisata ini berlokasi di Desa Sumberasri, Kecamatan Nglegok, Blitar, Jawa Timur. Buka setiap hari pukul 08.00-17.00 WIB, dengan harga Rp3 ribu per orang untuk naik balon udara.