6 Destinasi Wisata Bertema Perjuangan

Minggu, 21 Agustus 2022 | 00:01:00

6 Destinasi Wisata Bertema Perjuangan

destinasi Ilustrasi wisata perjuangan ( Perjalanan dipesan lebih dahulu )

Ladiestory.id - Baru-bari ini, Hari Kemerdekaan yang dirayakan pada 17 Agustus telah terlewati. Momen upacara bendera tentunya menambah suasana menjadi khidmat. Selain itu, banyak acara yang bisa dilakukan di momen 17 Agustus, mulai dari mengikuti lomba hingga mengisi waktu luang dengan berlibur atau menikmati quality time bersama keluarga.

Bicara liburan, hal paling mengasyikkan yaitu dengan berkunjung ke tempat yang menarik. Kamu bisa berlibur ke beberapa kota yang memang dikenal sebagai kota perjuangan bangsa Indonesia saat dulu melawan penjajah. Lalu, mana saja yang menjadi kota perjuangan di Indonesia? Berikut Ladiestory.id rangkum untuk kamu.

Yogyakarta

Ilustrasi Kraton Yogyakarta ( Garasi Jogja )

Kota perjuangan pertama adalah kota yang pernah menjadi ibukota Republik Indonesia sebelum Jakarta, yaitu Yogyakarta. Kota ini kaya dengan sejarah panjang perjuangan bangsa Indonesia. Di kota inipun terjadi beberapa momen penting sejarah bangsa Indonesia, yakni Serangan Umum 1 Maret.

Kamu bisa berkunjung ke beberapa museum yang menyimpan banyak sekali peninggalan sejarah, seperti Museum Yogya Kembali, Kraton Yogyakarta, Benteng Vredeburg, ataupun Monumen Serangan Umum1 Maret.

Jakarta

Pemandangan kota tua Jakarta ( Orami )

Selanjutnya, kota kedua yang menjadi kota perjuangan untuk bangsa Indonesia adalah Jakarta. Kota yang sebelumnya sempat bernama Batavia dan Jayakarta ini tentunya menyimpan banyak sekali monumen peninggalan sejarah yang bisa kamu kunjungi.

Di kota ini, terdapat Monumen Nasional (Monas), Tugu Proklamasi, Museum Fatahillah hingga Kota Tua Jakarta yang masih terjaga keasliannya dengan bangunan khas kolonial zaman dahulu.

Surabaya

Pemandangan monumen perjuangan di Surabaya ( Kompas )

Kemudian, yang ketiga adalah Surabaya. Di kota ini, dulu Bung Tomo dengan Arek Suroboyo-nya berani melawan penjajah hingga mengusirnya dari bumi pertiwi. Di kota ini, kamu juga bisa berkunjung ke banyak tempat wisata yang masih menyimpan banyak sekali kekayaan sejarah seperti Museum WR Supratman, De Javasche Bank, hingga Tugu Pahlawan.

Bukittinggi

Pemandangan jam gadang di bukittinggi ( Andalas Tourism )

Kota berikutnya yang bisa menjadi destinasi berlibur kamu saat libur 17 Agustus adalah Bukitinggi. Ya kota yang terletak di provinsi Sumatera Barat ini sebelumnya pernah menjadi ibukota Republik Indonesia. Kota ini tentunya menyimpan banyak sekali kekayaan sejarah bangsa Indonesia yang bisa menjadi destinasi berlibur kamu di akhir pekan.

Di kota inilah, wakil presiden pertama Republik Indonesia, Mohammad Hatta, berasal. Di kota ini, kamu bisa mengunjungi Jam Gadang, Museum Kediaman Moh. Hatta, serta Museum Perjuangan Tridaya Eka Darma.

Bandung

Pemandangan Museum Konferensi Asia Afrika Bandung ( Anadolu Agency )

Kota selanjutnya yang bisa kamu kunjungi yaitu kota Bandung. Kota yang jaraknya tidak terlalu jauh dari ibukota Jakarta ini juga menyimpan banyak sejarah perjuangan bangsa Indonesia. Di kota inilah, peristiwa Bandung Lautan Api berasal.

Di kota ini, kamu bisa mengunjungi banyak bangunan bersejarah serta beberapa museum, seperti Museum Konferensi Asia Afrika serta Museum Gedung Sate.

Rengasdengklok

Rumah Rengasdengklok ( Sripoku Tribun )

Kota terakhir yang mungkin masih terdengar asing di telinga kamu adalah Rengasdengklok. Kota ini pasti pernah kamu dengar saat duduk di bangku sekolah, terutama saat pelajaran sejarah. Di kota inilah. Soekarno dan Hatta diasingkan dan diculik oleh kelompok pemuda untuk mempersiapkan naskah proklamasi.

Tentunya, peninggalan bangunan atau museum, seperti Museum Pengasingan Soekarno Hatta serta Rumah Sejarah Rengasdengklok bisa menjadi destinasi liburan kamu di libur 17 Agustus dan akhir pekan.

s