Wajib Masuk Wishlist! 5 Destinasi Wisata di Karimunjawa

Senin, 2 Januari 2023 | 00:01:00

Anisah Chamalia

Penulis : Anisah Chamalia

Wajib Masuk Wishlist! 5 Destinasi Wisata Di Karimunjawa

Karimunjawa. (Special)

Ladiestory.id - Memasuki tahun baru, tentu kamu memiliki berbagai wishlist yang ingin diwujudkan. Nah, traveling merupakan salah satu daftar yang perlu kamu miliki. Selain menyenangkan, kegiatan ini juga membantu kamu lebih dekat dengan alam dan sarana pengenalan diri sendiri.

Indonesia sendiri memiliki banyak destinasi wisata yang indah dan patut dikunjungi. Karimunjawa merupakan kepulauan yang menawarkan berbagai destinasi wisata menarik. Kepulauan yang terletak di kabupaten Jepara, Jawa tengah ini terdapat 27 pulau dengan lima pulau yang telah dihuni.

Nah, bagi kamu yang berencana traveling, simak lima destinasi wisata Karimunjawa yang wajib kamu masukkan wishlist dan kunjungi.

Pulau Menjangan Kecil 

Pulau Menjangan Kecil. (Special)

Salah satu destinasi wisata yang paling wajib kamu kunjungi yaitu pulau menjangan kecil. Pulau ini terletak di sebelah selatan pulau menjangan besar. Keindahan yang dimiliki pulau ini karena banyaknya terumbu karang serta sejumlah biota laut. Kamu juga bisa mengunjungi penangkaran hiu di pulau ini.

Tak hanya mengetahui proses penangkaran, kamu juga bisa lho berenang dengan ikan hiu. Pulau Menjangan Kecil dikenal sebagai spot diving dan snorkeling ternama di Karimun Jawa. Kamu akan disuguhkan berbagai terumbu karang yang berwarna dan indah. Bagi kamu yang masuk ke pulau ini, wisatawan perlu membayar tiket masuk seharga Rp20 Ribu hingga Rp30 Ribu per orang. 

Bukit Cinta Karimunjawa 

Bukit Cinta Karimunjawa. (Special)

Bukit Cinta yang disebut sebagai bukit love ini berlokasi di Desa Jati Kerep, Karimunjawa. Pemandangan yang ditawarkan oleh bukit Cinta yaitu pantai Karimunjawa yang indah dan dapat dinikmati dari berbagai sudut pandang. Tak hanya itu, ada juga beberapa spot foto menarik yang bisa kamu coba.

Namun, jangan khawatir jika ingin menikmati pemandangan dengan bersantai. Sebab, di area ini ada kafe juga, lho. Untuk menikmati pemandangan di lokasi ini, kamu perlu mengunjunginya saat sore hari. Di sini juga ada batu bertulisan “LOVE” yang menjadi landmark dari pulau Karimunjawa. Batu ini juga terletak di atas bukit yang mengarah ke laut. 

Pantai Batu Topeng

Pantai Batu Topeng. (Special)

Terletak di desa Alang-Alang Kecamatan Karimunjawa, pantai ini bisa kamu datangi dengan menempuh waktu sekitar 15 menit menggunakan kendaraan bermotor dari pusat Karimunjawa. Nama lokasi ini sendiri dilatarbelakangi dari banyaknya batuan yang menyerupai topeng.

Selain itu, ada banyak pemandangan laut yang bisa kamu nikmati. Jika beruntung, kamu dapat melihat banyak biota laut karena air yang jernih membuah kamu dapat menikmati pantai dengan menyenangkan. Tak hanya itu, bagi yang berjiwa petualang, kamu dapat melakukan camping atau penjelajahan hutan di pantai batu topeng.

Salah satu spot favorit wisatawan untuk berfoto yaitu sebuah gazebo yang berada di atas bebatuan yang dikelilingi pemandangan indah air laut pantai berwarna biru dengan gradasi hijau. 

Pulau Cilik 

Pulau Cilik. (Special)

Destinasi satu ini memiliki luas dua hektar dan menjadi salah satu pulau cantik dari 27 pulau yang membentuk gugusan kepulauan Karimunjawa. Tentunya, ketika sampai di Pulau Cilik kamu akan disambut oleh pasir putih nan lembut, pantai yang indah dan sebuah dermaga kayu.

Pulau ini juga dikenal sebagai spot terbaik untuk snorkeling. Kamu dapat menemukan berbagai biota laut. Mulai dari karang yang berwarna-warni hingga ikan angelfish. Paket snorkeling banyak disediakan oleh agen tur atau hotel tempat menginap. Untuk menuju lokasi ini, kamu dapat menggunakan kapal feri dari pelabuhan karimun dengan waktu tempuh sekitar dua hingga tiga jam. 

Alun-Alun Karimunjawa 

Alun-Alun Karimunjawa. (Special)

Setelah puas menikmati berbagai keindahan wisata di Karimunjawa, jangan lupa untuk mengunjungi Alun-Alun Karimunjawa. Sebab, di lokasi ini kamu dapat menikmati berbagai hidangan khas Karimunjawa dan juga oleh-olehnya. Beberapa kuliner khas Karimunjawa seperti pindang serani, cumi, hingga olahan seafood lainnya.

Namun, perlu diingat untuk mengunjungi lokasi ini pada malam hari setelah maghrib hingga pukul 10 malam. Selain kuliner, ada juga beberapa kios yang menawarkan oleh-oleh seperti suvenir, kerajinan tangan, hingga makanan ringan khas Karimunjawa. Saat mengunjungi tempat ini ,kamu juga akan merasakan suasana Karimunjawa yang hangat dan berbaur dengan masyarakatnya.