6 Destinasi Wisata di Penajam Paser Utara, Ibu Kota Negara yang Baru

Minggu, 23 Januari 2022 | 18:00:00

Zulfah Ariyani

Penulis : Zulfah Ariyani

6 Destinasi Wisata Di Penajam Paser Utara, Ibu Kota Negara Yang Baru

Potret Penajam Paser Utara. (Special)

Ladiestory.id - Rencana pemindahan Ibu Kota Negara sudah digaungkan oleh pemerintah Indonesia sejak 2019. Sebuah wilayah di Kalimantan Timur dipilih sebagai Ibu Kota Negara menggantikan Jakarta.

Nama Nusantara telah diumumkan sebagai nama Ibu Kota Negara yang baru. Hal ini disampaikan oleh Kepala Bappenas Suharso Monoarfa saat rapat bersama panitia kerja RUU Ibu Kota Negara (IKN) beberapa waktu lalu. Rencananya proses pemindahan awal akan dilaksanakan mulai 2024.

Ibu Kota Negara yang baru ternyata terletak di dua kabupaten yang berada di Kalimantan Timur, yaitu Kabupaten Kutai Kartanegara dan Kabupaten Penajam Paser Utara. Kabupaten Penajam Paser Utara dikenal dengan berbagai destinasi wisata yang menarik.

Di kabupaten ini juga masih terdapat suku asli, yaitu Suku Dayak Paser. Selain itu, pada hari-hari tertentu masih diadakan upacara adat ataupun pertunjukan seni khas Penajam Paser Utara. Ladiestory.id telah merangkum destinasi wisata yang ada di Penajam Paser Utara.

1. Pulau Gusung

Pulau Gusung Penajam Paser Utara. (Special)
Pulau Gusung Penajam Paser Utara. (Special)

Pulau Gusung Penajam Paser Utara merupakan salah satu destinasi wisata berupa sebuah pulau cantik dengan ekosistem bawah laut yang masih terawat dengan baik. Di pulau ini Kamu bisa melakukan berbagai aktivitas menyenangkan seperti memancing, menaiki speedboat, diving, dan juga snorkeling.

Keindahan terumbu karang yang dikelilingi berbagai jenis ikan menambah daya tarik bagi tempat wisata ini. Tiket masuknya cukup murah, Kamu hanya perlu membayar Rp5 Ribu per orang.

2. Taman Bunga Rozeline

Taman Bunga Rozeline. (Special)
Taman Bunga Rozeline. (Special)

Di dekat pusat kota, ada sebuah taman bunga cantik yang diberi nama Taman Bunga Rozeline. Dengan penataan taman yang apik, taman bunga ini cocok sebagai tempat untuk bersantai bersama keluarga. Di taman ini juga terdapat fasilitas bermain anak yang bisa dimanfaatkan dengan gratis.

3. Air Terjun Tembinus

Air Terjun Tembinus. (Special)
Air Terjun Tembinus. (Special)

Air Terjun Tembinus atau biasa disebut juga Air Terjun Tembinus Sepaku merupakan salah satu destinasi wisata yang populer di Penajam Paser Utara. Air terjun setinggi 25 meter dan pemandangan alam di sekelilingnya yang masih asri menjadi daya tarik tersendiri dari tempat wisata ini. Bahkan Kamu bisa menikmati keindahan alam dari tempat ini secara gratis.

4. Pantai Nipah-Nipah

Pantai Nipah-Nipah. (Special)
Pantai Nipah-Nipah. (Special)

Pantai Nipah-Nipah atau yang biasa disebut juga Pantai Sipakario ini terletak di Desa Nipah-Nipah. Pemandangan alam berupa lautan luas dan hamparan pasir putih tentu akan memanjakan pemandanganmu. Tempat ini cocok untuk dijadikan wisata keluarga. Bahkan di pantai ini juga dilengkapi spot selfie kekinian. Dijamin instagramable!

5. Penangkaran Rusa

Penangkaran Rusa. (Special)
Penangkaran Rusa. (Special)

Di Penajam Paser Utara juga terdapat tempat penangkaran rusa. Lokasi wisata ini bahkan sudah terkenal hingga ke mancanegara sebagai tempat wisata edukatif. Terdapat ratusan ekor rusa di wilayah penangkaran seluas 50 hektar ini.

Selain itu, disediakan juga fasilitas rumah sewa yang bisa disewa oleh para pengunjung. Di tempat penangkaran rusa ini, Kamu juga bisa merasakan sensasi memberi makan rusa secara langsung. Dengan hanya membayar Rp5 Ribu Kamu bisa menikmati wisata ini.

6. Pantai Tanjung Jumlai

Pantai Tanjung Jumlai. (Special)
Pantai Tanjung Jumlai. (Special)

Salah satu pantai di Penajam Paser Utara yang terkenal dengan panorama alamnya yang cantik adalah Pantai Tanjung Jumlai. Pantai Tanjung Jumlai juga telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas wisata. Suasana di pantai ini juga sangat romantis dan tentunya instagramable. Terlebih ketika momen sunset.

Tertarik untuk berkunjung?