5 Destinasi Wisata Kaliurang yang Seru dan Menarik buat Dikunjungi

Kamis, 25 November 2021 | 00:01:00

Sofianti Herina

Penulis : Sofianti Herina

5 Destinasi Wisata Kaliurang Yang Seru Dan Menarik Buat Dikunjungi

Foto: Kartanesiatour

Ladiestory.id - Kaliurang merupakan wilayah yang masih berada dalam kawasan Gunung Merapi Jogja. Sama halnya dengan Jogja, Kaliurang juga memiliki banyak tempat wisata yang menarik buat dikunjungi.

Bagi kamu yang punya rencana liburan ke sana, jangan lewatkan untuk mampir ke beberapa destinasi wisata Kaliurang  yang seru dan menarik.

Destinasi Wisata Kaliurang yang Seru dan Menarik buat Dikunjungi

Berikut adalah daftar tempat wisata Kaliurang wajib sobat Lovers dikunjungi bila berlibur ke sana.

1. The World Lost Castle Kaliurang

Foto: Kartanesiatour

Tempat wisata Kaliurang yang satu ini menyajikan spot foto yang menarik dan unik. Adanya bangunan kastil dari sisa erupsi Merapi sebagai materialnya, menjadikan tempat ini menarik di mata pengunjung.

Selain itu adanya spot foto yang menarik seperti latar sayap dan paradise gate semakin menjadikan tempat ini diminati banyak wisatawan. Tak hanya itu tempat ini juga menyuguhkan hamparan rumput hijau yang dihiasi pohon sakura, yang menambah cantiknya tempat wisata ini. 

Tak cukup sampai di situ kamu juga dapat menyaksikan tenda-tenda suku Indian yang dilengkapi dengan patung dinosaurus yang terbunuh dan perapian perapian.

The World Lost Castle berlokasi di Dusun Petung, Ds. Kepuharjo, Cangkringan - Kaliurang. Untuk tiket masuk objek wisata ini kamu hanya cukup membayar Rp30.000 saja.

2. Al-Muna Garden Kaliurang

Foto: Javatravel

Tempat wisata di daerah Kaliurang berikutnya adalah Al-Muna Garden Kaliurang. Tempat wisata ini akan memanjakan mata kamu dengan aneka bunga warna warni. 

Selain kebun bunga ada juga replika kincir angin yang terdapat di bagian tengah taman ini. 

Jangan lupa untuk abadikan keindahan bunga-bunga tersebut dengan berselfie di sini. Dan jadikan momen liburan kamu sesuatu yang menyenangkan dan tak terlupakan. 

Al-Muna Garden Kaliurang ini berlokasi di Jalan Boyong, Kaliurang, Hargobinangun, Pakem - Sleman. Untuk menikmati pemandangan bunga-bunga dan berfoto ria bersama bunga-bunga tersebut, kamu hanya cukup membayar Rp5.000 saja.

3. Rumah Hobbit Kaliurang

Foto: Tribun

Destinasi wisata Kaliurang yang satu ini menyuguhkan suasana seperti dalam film The Lord of The Ring.  Adanya hamparan rumput hijau dan lempengan batu pada kanan kiri jalan setapak, menjadikan tempat ini tampak benar-benar seperti berada di rumah hobbit.

Tempat wisata ini terletak tersembunyi dalam bukit buatan setinggi sekitar lima meter. Terdapat jendela dan pintu yang dengan bentuk lingkaran. 

Nuansa hijau yang dominan dengan adanya pohon paku yang ditanam di halaman rerumputan dan bukit kecil. Hawanya yang sejuk dari pegunungan lereng merapi membuat para wisatawan betah berlama-lama di tempat wisata yang satu ini.

Rumah Hobbit Kaliurang ini berlokasi di kawasan lereng Gunung Merapi tepatnya di Desa Petung, Cangkringan-Sleman. Untuk memasuki area wisata Rumah Hobbit Kaliurang ini kamu cukup membayar Rp10.000 saja untuk tiket masuknya.

4. Lava Tour Merapi

Foto: Phinemo

Bagi kamu yang menyukai kegiatan yang memacu adrenalin wajib kunjungi wisata Kaliurang Merapi yang satu ini. Disini kamu akan menjelajahi lava merapi yang mengalir dengan menggunakan jeep.

Tak hanya melewati rute bebatuan kamu juga dapat menyaksikan keindahan alam sekitar.

Lokasi Lava Tour Kaliurang ini tidak jauh dari Taman  Wisata Kaliurang tepatnya di Ngipiksari, Hargobinangun, Kecamatan Pakem-Sleman. Untuk harga tiket masuk termasuk sewa jeepnya kamu dikenakan biaya Rp350.000 hingga Rp650.000.

5. Kolam Biru Blue Lagoon 

Foto: Detiktravel

Pemandian Tirta Budi atau yang populer di sebut Blue Lagoon merupakan tempat wisata Kaliurang yang layak dikunjungi selanjutnya. Di sini kamu dapat beratraksi dengan terjun bebas dari semen pembatas bendungan dengan ketinggian sekitar 3 meter.

Kamu juga bisa merasakan jernih dan birunya air di sini. Saat musim hujan air di Blue lagoon akan keruh karena bendungannya bercampur dengan Kali Tepus yang menyebabkan warna birunya hilang.

Selain bisa menikmati birunya air di sini, kamu  juga dapat menyewa ban dan pelampung untuk meluncur.

Lokasi Wisata Kaliurang Blue Lagoon ini tidak jauh dari pusat kota Jogja, menuju arah Kaliurang, jalan terus hingga sampai Jalan Besi Raya.

Itulah 5 destinasi tempat wisata Kaliurang yang seru dan menarik yang wajib kamu kunjungi bila berwisata ke sana.