5 Destinasi Wisata Khas Tahun Baru Imlek

Selasa, 1 Februari 2022 | 23:00:00

Gendis Ayu

Penulis : Gendis Ayu

5 Destinasi Wisata Khas Tahun Baru Imlek

Kelenteng Sam Poo Kong. (Special)

Ladiestory.id - Hari libur Imlek 2022 menjadi momen berlibur bersama keluarga. Untuk itu, tak sedikit orang yang memilih untuk berwisata yang penuh nuansa khas Tahun Baru Cina.

Selain nuansa merah dan emas serta lampion, Kamu dan keluarga juga dapat merasakan kuliner khas Cina. Mau tahu di mana saja? Yuk intip inspirasi tempat wisata Imlek di bawah ini.

1. Kelenteng Sam Poo Kong, Semarang

Kelenteng Sam Poo Kong. (Special)

Tempat wisata yang kental dengan nuansa Imlek tak lain adalah kelenteng yang sangat terkenal di Semarang, yakni Sam Poo Kong. Kelengteng ini adalah salah satu bangunan bersejarah yang menjadi tempat ibadah sekaligus wisata.

Tempat ini menjadi salah satu ikonik di Semarang karena merupakan simbol akulturasi adat Jawa dan budaya Cina. Di tempat ini, banyak spot foto instagramable bagi pengunjung. Tak hanya itu, namun Kamu dapat menyewa pakaian khas Cina untuk foto-foto.

Kamu bisa mengunjunginya di alamat Jalan Simongan Raya nomor 129, Semarang. Tempat wisata ini buka untuk umum mulai pukul 08.00 hingga 20.00 WIB.

2. Ancol, Jakarta

Ancol. (Special)

Jika Kamu sedang berlibur atau tinggal di kawasan Ibu Kota, cobalah untuk pergi ke Taman Impian Jaya Ancol pada hari libur Imlek 2022 ini. Sebab ada berbagai acara hiburan yang tidak seperti biasanya.

Salah satu acara yang disuguhkan adalah Barongsai Underwater Show di Sea World. Menurut Direktur Utama PT Taman Impian Jaya Ancol, Budi Aryanto akan ada dua barongsai sebagai perwakilan dari air dan api. Pertunjukan tersebut akan diiringi dengan penampilan tanjidor Cina.

Tak hanya itu, namun di Ancol Kamu juga bisa menikmati animal of the month berupa lion fish yang melambangkan keindahan dan pertahanan diri. Selain itu akan ada juga pertunjukan Underwater Fan Dancing atau tari kipas di dalam air yang akan diadakan di Ocean Dream Samudra.

Tidak hanya pada 1 Februari 2022 saja, tapi Kamu juga bisa menyaksikan berbagai hiburan dan atraksi tersebut pada tanggal 5, 6, 19, 20 Februari 2022.

3. Kawasan Pecenongan, Jakarta

Kawasan Pecenongan. (Special)

Jika Kamu pecinta kuliner, wajib mengunjungi kawasan Pecenongan. Sebab daerah ini menawarkan kuliner dengan banyak restoran hingga kedai makanan.

Di kawasan ini Kamu akan banyak menjumpai makanan khas Cina. Seperti kwetiau jiang bing, dimsum, hingga bebek peking. Kalau Kamu menginginkannya, bisa langsung datang ke Jalan Pecenongan Nomor 4A, RT.1/RW.4, Gambir, Jakarta Pusat.

Kuliner di tempat ini cocok untuk sarapan, makan siang, hingga makan malam. Sebab kawasan ini sudah dibuka mulai pukul 08.00 WIB sampai 20.00 WIB.

4. Kampung Cina, Bogor

Kampung Cina Bogor. (Special)

Khas dengan nuansa Imlek, Kamu dapat kunjungi Kampung Cina yang ada di Bogor. Tempat wisata ini sekilas mirip dengan pecinan sebab memiliki nuansa budaya Tionghoa yang kental.

Jika ingin mencari keperluan khas Imlek, tempat ini menyediakan secara lengkap, mulai dari kelengkapan barongsai, amplop angpau, berbagai kerajinan, mainan anak, payung, hingga fashion khas Cina.

Jika berminat, langsung saja datang ke Komplek Perumahan Kota Wisata (Kota Sejuta Pesona), Gunung Putri, Cibubur, Kabupaten Bogor.

5. Pagoda Taman Alam Lumbini, Sumatra Utara

Pagoda Taman Alam Lumbini. (Special)

Bosan berada di dalam negeri namun wisata ke luar negeri masih dibatasi? Yuk coba liburan ke Pagoda Taman Alam Lumbini. Di tempat wisata ini, Kamu dapat menikmati suasana Imlek seperti di Myanmar atau Thailand.

Kamu dapat melihat replika Pagoda Dagon Emas ini di Desa Tongkoh, Berastagi, Karo, Sumatra Utara. Kamu akan merasakan seperti di luar negeri dengan melihat warna keemasan yang megah meski dari kejauhan.