Diduga Endorse Pelangsing Berbahaya, Dokter Richard Sentil Amanda Manopo sampai Sandra Dewi

Selasa, 17 Januari 2023 | 12:30:00

Arfiah Ramadhanti

Penulis : Arfiah Ramadhanti

Diduga Endorse Pelangsing Berbahaya, Dokter Richard Sentil Amanda Manopo Sampai Sandra Dewi

Dokter Richard Sentil Amanda Manopo dan Sandra Dewi. (Instagram.com/dr.richard_lee)

Ladiestory.id - Richard Lee, atau yang lebih dikenal dengan sapaan Dokter Richard selama ini memang dikenal sebagai sosok yang kerap mengedukasi masyarakat soal keamanan produk-produk kecantikan. Ia bahkan tak segan berkonflik dengan sosok Kartika Putri, menyangkut dugaan promosi produk kecantikan yang dibagikan oleh sang artis.

Tak cuma Kartika Putri, belakangan ini artis lain pun turut menjadi sorotannya perihal promosi produk yang dinilai berbahaya. Dua artis, yaitu Amanda Manopo dan Sandra Dewi tak ketinggalan menerima sentilan dari sang dokter, usai diduga meng-endorse alias mempromosikan obat pelangsing yang belum bisa dipastikan keamanannya.

Dokter Richard Sentil Amanda Manopo dan Sandra Dewi Promosikan Produk Bahaya. (Instagram.com/dr.richard_lee)

Setelah ditelusuri, obat pelangsing tersebut ternyata merupakan produk milik Stevie Agnecya yang hingga saat ini masih dipertanyakan izin peredarannya dan ke-halal-annya.

"Kira-kira @amandamanopo cek gak ya?? Sudah bpom dan halal?? Dari bahan alami?? No bpom-nya berapa ya mba @steviagnecya ??” sindir Dokter Richard dalam unggahannya, Sabtu (14/1/2023).

Pertanyaan yang sama pun ditujukan untuk Sandra Dewi, yang kebetulan ikut mempromosikan produk yang sama dengan pemain sinetron “Ikatan Cinta” itu. Bersamaan dengan itu, ia pun ikut menandai sang pemilik produk, untuk segera memberi pernyataan mengenai obat pelangsingnya.

Dokter Richard Sentil Amanda Manopo dan Sandra Dewi Promosikan Produk Bahaya. (Instagram.com/dr.richard_lee)

"Kira-kira @sandradewi88 tau gak ya ini produk nya diduga keras tidak bpom?? Apalagi mengandung zat yang dilarang oleh pemerintah?? Atau mungkin gak owner-nya steviagnecya juga gak tau ya??" katanya lagi.

Sindiran yang disampaikan oleh Dokter Richard ternyata bukan tanpa alasan. Pasalnya, menurut pemeriksaan yang dilakukan olehnya di laboratorium, produk pelangsing tersebut diketahui mengandung bahan sibutramine, yang memiliki efek samping berbahaya, dari mulai jantung berdebar hingga sesak nafas.

Tak hanya itu, karena kandungan yang dinilai tak aman tersebut, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) pun kabarnya akan segera menarik izin eda, dan melarang produk tersebut untuk dikonsumsi masyarakat.

Sementara itu, hingga kabar ini dibagikan, sampai saat ini belum ada tanggapan apapun dari pihak artis yang mempromosikan obat pelangsing ini. Sedangkan sang pemilik, Stevie Agnecya, justru terlihat mengunci akun Instagram pribadinya, maupun produknya.