Dijamin Ampuh! Cara Atasi Jerawat untuk Si Kulit Kering

Minggu, 21 Agustus 2022 | 22:30:00

Anisah Chamalia

Penulis : Anisah Chamalia

Dijamin Ampuh! Cara Atasi Jerawat Untuk Si Kulit Kering

Ilustrasi cara mengatasi jerawat untuk kulit kering. (Special)

Ladiestory.id - Setiap orang tentu akan merasa terganggu dengan kehadiran jerawat yang tiba-tiba. Terlebih bagi para wanita, biasanya jerawat akan muncul ketika masa menstruasi datang.

Munculnya jerawat biasanya disebabkan oleh produksi minyak yang berlebih, tersumbatnya folikel rambut, hormon yang tidak stabil, hingga ketidakcocokan terhadap penggunaan produk makeup.

Seluruh masalah itu tentu saja akan lebih rumit bagi pemilik kulit kering. Namun, kamu tidak perlu merasa khawatir. Berikut cara ampuh mengatasi jerawat bagi pemilik kulit kering.

Bersihkan Wajah Dua Kali Sehari

Ilustrasi cara mengatasi jerawat untuk kulit kering. (Special)

Bagi kamu yang masih malas dalam mencuci wajah, kini perlu ada perubahan. Sebab, mencuci wajah dapat menjadi cara ampuh untuk mencegah timbulnya jerawat, khususnya di wajah.

Kamu dapat melakukannya setelah bangun dan sebelum tidur. Mencuci wajah sebanyak dua kali sehari akan menjadi pilihan tepat untuk menjaga kondisi kulit dan mencegah timbulnya jerawat. Namun, bagi pemilik kulit kering perlu memilih tekstur pembersih wajah yang milky.

Hindari Bergonta-ganti Skincare

Ilustrasi cara mengatasi jerawat untuk kulit kering. (Special)

Ketika menghadapi jerawat, tentu saja kamu akan mencari produk yang memberikan janji dapat mengatasinya dengan cepat. Lalu, tanpa berpikir panjang kamu akan segera mencobanya. Sehingga, kamu akan mulai menggati produk skincare-mu dan menjadikannya sebagai rutinitas yang menyenangkan.

Namun, tindakan seperti itu justru akan memancing timbulnya jerawat. Hal tersebut bisa disebabkan oleh ketidakcocokan kulit dengan kandungan skincare hingga kandungan di dalamnya yang ternyata berbahaya. Oleh karena itu, hindari untuk bergonta-ganti skincare. Apalagi, jika kamu tidak begitu memerlukannya.

Gunakan Retinol

Ilustrasi cara mengatasi jerawat untuk kulit kering. (Special)

Kandungan aktif dapat menjadi salah satu pilihan yang tepat untuk menghindari terjadinya jerawat. Retinol merupakan salah satu kandungan yang dapat kamu gunakan untuk mengatasi jerawat, membuat kulit lebih cerah, menghaluskan kulit yang bertekstur serta dapat menajdi anti aging.

Kamu dapat menggunakan retinol ketika menginjak usia 23 tahun ke atas. Sebab, kandungan aktifnya yang keras tidak cocok untuk kulit usia remaja. Untuk menghindari terjadinya iritasi, kamu dapat menggunakanya sebanyak dua kali seminggu saja.

Hindari Eksfoliasi Berlebihan

Ilustrasi cara mengatasi jerawat untuk kulit kering. (Special)

Membersihkan kulit tidak hanya dengan micellar water dan juga facial wash. Terkadang, dalam satu minggu kamu juga dapat melakukan eksfoliasi.

Eksfoliasi berguna untuk membantu mengangkat sel-sel kulit yang sudah mati. Namun, pastikan tidak melakukannya terlalu sering. Sebab, ketika kamu terlalu sering melakukan eksfoliasi justru akan membuat kulit menjadi kering. Selain itu, hindari penggunaan tools untuk eksfoliasi saat melakukan proses ini karena berpotensi membuat kulit semakin kering.

Jaga Kulit Selalu Lembap

Ilustrasi cara mengatasi jerawat untuk kulit kering. (Special)

Penyebab kulit kering paling utama yaitu kurangnya kelembapan pada kulit.  Sehingga, penting sekali untuk menjaga kulit supaya tetap lembap. Kamu bisa gunakan pelembap dengan rutin serta jangan takut dengan kandungan yang kaya akan minyak. Karena minyak dapat membantu kulitmu terhidrasi dengan baik.

Itulah 5 cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi jerawat pada kulit kering. Kunci utamanya yaitu menjaga kebersihan dan kelembapan supaya kulit selalu sehat dan bersih. Selamat mencoba, ya!