Dinyatakan Bersalah Atas Tindakan Pemerkosaan, Kris Wu Dihukum 13 Tahun Penjara

Sabtu, 26 November 2022 | 10:28:00

Dinyatakan Bersalah Atas Tindakan Pemerkosaan, Kris Wu Dihukum 13 Tahun Penjara

Kris Wu. (Special)

Ladiestory.id - Mantan idol K-pop, Kris Wu dijatuhi hukuman 13 tahun penjara oleh pengadilan Beijing, Cina setelah dinyatakan bersalah atas tindakan pemerkosaan. Melansir Soompi, pengadilan Beijing memvonis Kris Wu karena memperkosa tiga perempuan dan mengumpulkan massa untuk melakukan pesta seks pada Jumat (25/11/2022).

Dia ditangkap tahun lalu setelah dituduh melakukan pemerkosaan oleh seorang mahasiswa. Kemudian, 24 korban lainnya angkat bicara.

Pemilik nama lengkap Wu Yifan itu terbukti melakukan pelecehan seksual kepada tiga preempuan pada 2020. Atas perbuatannya ini, ia harus menerima hukuman 11 tahun 6 bulan. Pengadilan menjelaskan, Wu Yifan memanfaatkan tiga prempuan mabuk di rumahnya.

Kris Wu juga dijatuhi hukuman 1 tahun 10 bulan atas tindakannya mengumpulkan orang banyak guna melakukan seks bebas. Insiden ini terjadi pada Juli 2018, di mana dia dan lainnya menyerang dua perempuan yang mabuk.

Korban pertama yang melaporkan kejahatan Kris Wu adalah seorang mahasiswa bernama Du Meizhu. Dia membuat postingan di meda sosial pada tahun lalu. Menurut pernyataannya, dia bertemu dengan Wu dua tahun sebelumnya, ketika dia berusia 17 tahun.

Setelah menjalani hukuman selama 13 tahun, Kris Wu akan segera dideportasi dari Tiongkok ke Kanada, tempat ia dibesarkan.

Biro pajak juga mengumumkan bahwa Kris Wu telah diperintahkan untuk membayar 600 Juta yuan sekitar Rp1,3 Triliun karena pelanggaran pajak, termasuk menyembunyikan pendapatan pribadi. Pihak berwenang menyatakan bahwa antara 2019 dan 2020, Kris Wu menghindari pajak sebesar 95 Juta yuan atau sekitar Rp207 Miliar.

Kris Wu mulai terkenal saat dia debut dengan boyband Korea Selatan, EXO, pada 2012. Namun ia meninggalkan grup tersebut pada 2014 karena masalah terkait kontraknya dengan SM Entertainment. Setelah hengkang dari grup, Kris Wu menjadi salah satu selebritas terbesar di  Cina karena sukses bersolo karier sebagai aktor, model, dan juri variety show.