Ditetapkan Jadi Milik Malaysia, Intip Songket Indonesia yang Tak Kalah Menawan

Minggu, 19 Desember 2021 | 00:01:00

Arfiah Ramadhanti

Penulis : Arfiah Ramadhanti

Ditetapkan Jadi Milik Malaysia, Intip Songket Indonesia Yang Tak Kalah Menawan

Illustrasi Perempuan Berkain Songket. (Pinterest.com/Seikat)

Ladiestory.id - Kain Songket telah menjadi kain tradisional asal Indonesia yang terkenal di mancanegara. Di Indonesia kain songket berasal dari beberapa daerah Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Bali hingga Lombok.

Beberapa waktu lalu, UNESCO menetapkan Songket Malaysia sebagai Warisan Budaya Tak Benda yang mengundang banyak kontra dari warganet asal Indonesia. Bagi para pecinta kain tradisional Indonesia, keindahan pesona kain songket memang tidak dapat diragukan. Dibuat dengan cara ditenun, kain songket ditambahkan benang emas atau perak pada proses pengerjaannya. Teknik menyungkit benang-benang emas dan perak ini lah yang membuat kain ini disebut sebagai kain songket.

Memiliki sejarah yang panjang, kain songket diketahui sudah ada sejak zaman Kerajaan Sriwijaya abad 7 hingga 13 di Palembang. Karena alasan inilah kain songket palembang cukup populer di kalangan masyarakat. Namun kain songket dari berbagai daerah lain pun memiliki keindahannya tersendiri yang sayang untuk dilewatkan.

Kain Songket Indonesia

Kain songket yang tersebar di Indonesia memiliki banyak jenis dan motif yang sesuai dengan asal kain songket tersebut. So, Ladies berikut keindahan kain songket asal Indonesia yang Ladiestory.id rangkum.

Kain Songket Lepus

Kain Songket Lepus. (Shopee.com)
Kain Songket Lepus. (Special)

Kain songket yang berasal dari Palembang ini memiliki makna menutupi, kata lepus dari nama songket ini mencerminkan dan ciri khas songket ini yaitu warna emas pada motifnya yang menutupi keseluruhan kain ini. Kain lepus memiliki beberapa jenis, seperti Lepus Lintang, Lepus berantai, Lepus Ulir dan masih banyak lagi.

Kain Songket Tawur

Kain Songket Tawur. (Shopee.com)
Kain Songket Tawur. (Special)

Songket lain yang juga berasal dari Palembang adalah Kain Songket Tawur. Motif yang bertaburan membuat kain songket ini dinamai songket tawur. Songket Tawur memiliki jenis lain yaitu, Tawur Lintang, Tawur Tampak Manggis, dan Tawur Nampan Perak.

Kain Songket Pandai Sikek

Kain Songket Pandai Sikek. (Shopee.com)
Kain Pandai Sikek. (Special)

Masih dari Pulau Sumatera, kain songket pandai sikek berasal dari sumatera barat. Nama pandai sikek diambil dari daerah diproduksinya kain ini. Memiliki beragam motif, songket pandai sikek didominasi oleh beberapa motif seperti, Saik kalamai, Buah palo, Barantai putiah, Tampuak maggih, Salapah dan Simasam.

Kain Songket Sambas

Kain Songket Sambas. (Shopee.com)
Kain Songket Sambas. (Special)

Kain songket ini berasal dari Pulau Kalimantan tepatnya Kalimantan Barat. Songket Sambas memiliki dua unsur dominan unsur Tionghoa dan Islam. Motif mawar diambil dari unsur Tionghoa dan motif geometrik berasal dari unsur Islam. 

Kain Songket Subahnale

Kain Songket Subahnale. (Shopee.com)
Kain Songket Subahnale. (Twitter.com/Yusuf)

Songket yang berasal dari Lombok ini bermotif bunga ceplok dan biasanya dikelilingi oleh motif geometris. Selain itu, Motif Subahnale memiliki makna keikhlasan dan kesabaran. Serah bentuk penyerahan diri kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Kain Songket Bali

Kain Songket Bali. (Shopee.com)
Kain Songket Bali Benag Emas. (Facebook.com/SONGKETBALI)

Sesuai dengan namanya songket ini berasal dari Pulau Dewata Bali. Songket Bali Benang Emas asal Bali menjadi kain songket yang mahal harganya. Kain ini memiliki motif yang rapat dan sulit, benang yang digunakan pun benang emas sehingga harganya pun menjadi mahal. Masyarakat Bali biasanya menggunakan kain songket dalam acara serta upacara keagamaan. Tak heran motif nya pun syarat akan makna.