Diundang ke Denmark, Pandawara Group Akan Pelajari Sistem Pengelolaan Sampah

Jumat, 10 November 2023 | 00:00:00

Bulan Maghfira

Penulis : Bulan Maghfira

Diundang Ke Denmark, Pandawara Group Akan Pelajari Sistem Pengelolaan Sampah

Pandawara Group. (Instagram/pandawaragroup)

Ladiestory.id - Belum lama ini, TikTok Indonesia menggelar ajang TikTok Awards Indonesia 2023. Salah satu kategori spesial dalam ajang tersebut yakni Changemakers of The Year. Kategori tersebut berhasil menyorot tiga kreator di Indonesia yang berhasil mendorong perubahan positif di sektor ekonomi, sosial , dan lingkungan demi Indonesia yang lebih baik.

Salah satu konten kreator yang didapuk sebagai Changemakers of The Year adalah grup pemuda asal Bandung, Pandawara Group yang menaruh perhatian pada isu lingkungan. Melalui konten-kontennya yang dibagikan di TikTok, Ikhsan, Agung, Rifqi, Rafly, dan Gilang berhasil mendorong para pengikutnya untuk menerapkan gaya hidup bersih dan menjaga kebersihan lingkungannya.

Mendapatkan predikat tersebut, para personel Pandawara Group mengaku senang. Namun tak sepenuhnya senang karena belum semua daerah di Indonesia sudah bersih dari sampah yang dibuang sembarangan.

“Kalau itu sih Alhamdulillah seneng, tapi ada sedihnya juga. Sedihnya karena lingkungan di Indonesia belum sepenuhnya bersih, kita masih punya list tempat-tempat yang masih harus kita kunjungi,” ujar Rifqi Pandawara Group, dalam wawancara yang digelar melalui Zoom Meeting pada Rabu (8/11/2023).

Pandawara Group. (Zoom Meeting)

 

Terbaru, Pandawara Group diketahui mendapatkan undangan dari Kedutaan Besar Indonesia di Denmark untuk mempelajari pengelolaan limbah dari program Circular Economy and Solid Waste Management.

"Ada perjalanan baru dari Pandawara untuk melakukan suatu hal yang baru di tahun ini. Alhamdulillah kita menerima undangan untuk belajar lagi, studi banding mengenai bagaimana perjalanan Denmark untuk menjaga lingkungan mereka hingga pengolahan sampah," kata Ikhsan Pandawara Group.

Lebih lanjut, Gilang menambahkan bahwa dalam kunjungannya ke Denmark, mereka akan mendatangi beberapa tempat daur ulang sampah dan TPA yang terdapat di sana.

“Kita bakal belajar di Denmark, karena Denmark itu salah satu negara dengan pengelolaan sampah yang baik. Jadi kita akan mengunjungi beberapa tempat daur ulang sampah di sana dan mendatangi TPA yang ada di sana,” ujar Gilang Pandawara Group.

Dalam kunjungannya ke Denmark, Pandawara Group akan mengunjungi berbagai fasilitas pengelolaan limbah di Denmark. Agenda Pandawara di sana akan mencakup kunjungan ke beberapa tempat daur ulang sampah dan tempat pembuangan akhir. Selain itu, mereka akan belajar tentang proses daur ulang sampah rumah tangga dan bagaimana masyarakat setempat mengelola sampah.