Doa dan Ikhtiar Ria Ricis Tuk Bisa Lahiran Normal, Begini Ceritanya

Senin, 1 Agustus 2022 | 15:45:00

Irma Fauzia

Penulis : Irma Fauzia

Doa Dan Ikhtiar Ria Ricis Tuk Bisa Lahiran Normal, Begini Ceritanya

Ria Ricis menggendong sang anak. (Instagram.com/riaricis)

Ladiestory.id - YouTuber Ria Ricis baru saja dikarunia seorang bayi perempuan di RSIA Bina Medika Bintaro, Tangerang Selatan, pada Selasa (26/7/2022). Diketahui, Ria Ricis melahirkan dengan proses caesar ditemani dengan sang suami, Teuku Ryan.

Melalui channel YouTube Oki Setiana Dewi, Ria Ricis membagikan rangkaian proses melahirkannya. Ditemani Oki dan dan Shindy Putri, kakak nomor dua, Ricis memulai cerita sejak seminggu sebelum waktu melahirkan tiba.

Oki Setiana Dewi, Ria Ricis dan Shindy Putri. (YouTube.com/Oki Setiana Dewi)

"Waktu tau harus dioperasikan seminggu sebelum hari H, aku udah disaranin OP (operasi) sama dokter salah satu, kan aku ada empat dokternya, salah satu pertama nyaranin OP, tapi aku masih ikhtiar nih, kayaknya masih bisa ah, coba ah, kayaknya sampe beberapa hari kedepan, coba," ungkap Ricis. 

Sebagai bentuk usahanya, Ricis melakukan ikhtiar dengan makanan dan minuman sehat. Selang seminggu kemudian, ia mendatangi ketiga dokter lainnya dengan harapan salah satu dokter akan memberikan kabar baik terkait lahiran normal.

"Senin ke rumah sakit yang beda, dokter pertama menyarankan operasi caesar. Dokter yang beda menyarankan tindakan dikarenakan air ketuban berkurang drastis, plasenta dan lain-lain. 'Aduh masih kayaknya kurang nih, coba ah dokter lain', karena kan aku denger-denger katanya beda dokter, beda penjelasan, cobalah ke rumah sakit lain. Ternyata jawabannya sama," terangnya.

Ria Ricis. (Instagram.com/riaricis1795)

Merasa sudah cukup, Ria Ricis pun mengikhlaskan tindakan operasi tersebut. Meski begitu ia tak putus berusaha. Sebagai bukti kesungguhan atas keinginannya dalam melahirkan normal, Ria Ricis masih melakukan hal-hal yang memancing kontraksi.

"Semua-muanya, segala jenis usaha dilakukan lah, segala macem, suami juga bantuin, banyak bantuin. Pokoknya sampe tengah malem masih usaha, bener-bener masih main gym ball, masih ini, masih itu dan lain-lain, sampe jam 12 malem aku inget banget, udah masuk rumah sakit kan, aku bilang tuh di perut 'adek, waktu kita tinggal 6 jam menuju puasa habis sebelum operasi. Adek bantuin yuk, kalau misalnya adek emang sama-sama mau bantuin ibu buat jalan normal, bantuin kontraksi sedikit juga gapapa, yang penting bantuin'," ungkap Ricis sambil menahan tangis.

Ria Ricis dan Teuku Ryan. (instagram.com/riaricis1795)

Ia melanjutkan, setiap kali kebangun, dirinya selalu mengajak sang bayi di perut mengobrol. Ia kerap menanyakan dan meminta agar si bayi "memberikan" kontraksi supaya Ricis dapat melakukan operasi normal.

Sayangnya, hingga mendekati subuh, kontraksi itu belum terjadi. Di sujud terakhirnya, Ricis berdoa seraya berbicara dengan sang bayi.

"Sujud terakhir kan katanya harus lama kan, itu bener-bener lama banget, jadi pas sujud terakhir doanya 'adek ibu masih tungguin ya dek, masih punya waktu 30 menit atau berapa menit lagi gitu'," cerita perempuan yang akrab disapa Icis.

Persalinan Ria Ricis. (Instagram.com/riaricis1759)

Waktu melahirkan pun tiba. Ria Ricis akhirnya dipindahkan ke ruang operasi. Proses persalinan pun akan segera dimulai. Pada Oki dan Shindy ia mengatakan, saat menuju kamar operasi, Icis kembali mengobrol dengan sang bayi di perutnya.

"Kan dari bangku dorong ke kasur kan, 'dek, waktu kita habis, dek, makasih ya'. Tapi itu nangisnya bukan karena nangis harus caesar, nangisnya karena menanti banget, karena aku udah ikhlas kan, 'ya udah kalau emang adek gak mau, ibu terima, ibu ikhlas, tapi nanti adek bantuin ya, permudah ya, nanti kalau dokter belek (bedah) adek langsung keluar ya', gitu," tutup Icis.

s