Dukung Inklusivitas, BCA Beri Pelatihan Jadi Perias Profesional buat Sahabat Disabilitas

Senin, 3 Juni 2024 | 10:03:00

Irma Fauzia

Penulis : Irma Fauzia

Dukung Inklusivitas, Bca Beri Pelatihan Jadi Perias Profesional Buat Sahabat Disabilitas

BCA Bekali Sahabat Disabilitas Lewat Program “The Beauty of Disabilities”. (Dok. BCA)

Ladiestory.id - PT Bank Central Asia Tbk (BCA) berkolaborasi dengan komunitas Perempuan Tangguh Indonesia (PTI), menggelar program kelas merias bagi Sahabat Disabilitas (Teman Tuli). Program bertajuk “The Beauty of Disabilities: Makeup Class with BCA” ini, merupakan komitmen BCA untuk memberikan manfaat nyata kepada masyarakat melalui inisiatif Bakti BCA, khususnya melalui pilar pendidikan.

Program pelatihan ini dilakukan untuk membekali Sahabat Disabilitas dengan kompetensi dan keterampilan merias wajah secara profesional. Harapannya agar para peserta pelatihan dapat meraih keterampilan, pengalaman, dan meningkatkan daya saing.

Rangkaian program “The Beauty of Disabilities: Make Up Class with BCA” akan berlangsung dalam 15 sesi. Pembukaan kegiatan tersebut dilakukan oleh EVP Corporate Communication dan Social Responsibility BCA, Hera F. Haryn, pada Rabu (29/5). 

“Melalui program The Beauty of Disabilites, kami ingin memberikan ruang inklusif bagi Sahabat Disabilitas agar dapat mengasah keterampilan merias wajah secara profesional. Kami berharap program ini dapat membekali Sahabat Disabilitas dengan skill dan pengalaman praktis, sehingga teman-teman dapat lebih percaya diri dalam menyambut peluang-peluang baru. Program ini merupakan bentuk nyata komitmen #BuktiBaktiBCA bagi Indonesia, yaitu dalam mendukung peningkatan daya saing individu. BCA percaya individu yang berdaya dapat memberdayakan komunitasnya,” kata Hera F. Haryn.

BCA Bekali Sahabat Disabilitas Lewat Program “The Beauty of Disabilities”. (Dok. BCA)

 

Acara pembukaan juga dihadiri Vice President CSR BCA Krisbiakto Cahyo Adi, Ketua Umum Perempuan Tangguh Indonesia (PTI) Myra Winarko, dan content creator dari komunitas teman tuli Jennifer Natalie dan Yoga yang kerap memberikan semangat kepada Sahabat Disabilitas (Teman Tuli) untuk berkarya. Rangkaian kegiatan pelatihan ini akan mengajarkan secara mendalam teknik-teknik makeup dari pengetahuan dasar hingga lanjutan.

Rangkaian pelatihan sendiri akan memberikan beragam materi, mulai dari pengenalan jenis-jenis kulit, praktik self-make up, praktik make up model, sanitasi, hingga etika profesi MUA dan body language. Selain itu, para Sahabat Disabilitas juga akan diajarkan keterampilan mengelola media sosial sebagai kanal promosi mereka serta keterampilan pengaturan keuangan untuk menjalankan bisnis jasa makeup artist secara efektif. BCA dan PTI turut melibatkan perias kenamaan seperti Irwan Riady, social media enthusiast Asmara Wreksono, hair stylist Anda Arrusa, dan tim LT PRO untuk memberikan pelatihan kepada para peserta.

Di akhir sesi training, peserta juga akan diikutsertakan uji kompetensi dengan tujuan untuk menilai pemahaman terhadap materi yang telah diberikan, serta melatih kemampuan mereka dalam menerapkannya layaknya seorang MUA profesional. Setelah berhasil menyelesaikan ujian, peserta akan memperoleh sertifikasi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) dan mengikuti acara kelulusan yang dijadwalkan berlangsung di Menara BCA pada awal Juli 2024.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada BCA atas komitmennya dalam meningkatkan daya saing Sahabat Disabilitas pada program ‘The Beauty of Disabilities’. Keterlibatan BCA secara nyata pada kegiatan ini menjadi pemantik semangat kami untuk terus memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada Sahabat Disabilitas agar mereka memiliki daya saing dan menjadi individu yang mandiri. Keterampilan merias telah menjadi salah satu skill yang diminati dan dapat membuka peluang bagi Sahabat Disabilitas untuk menjadi berdaya dan mandiri secara finansial," ujar Ketua Umum Perempuan Tangguh Indonesia Myra Winarko.

“The Beauty of Disabilities: Make Up Class with BCA” merupakan bagian dari rangkaian BCA Berbagi Ilmu, yang menjadi program inisiatif BCA di bidang pendidikan. Sebelumnya, BCA melaksanakan program yang juga berfokus pada pemberdayaan penyandang disabilitas yakni “I’m Capable”.

Salah satu kegiatannya adalah Bazar Karya Penyandang Disabilitas yang menjual berbagai hasil karya penyandang disabilitas dari komunitas Dewijaya Care, Precious One, dan Precious Family. Selain itu, dalam rangkaian ini, BCA juga memberikan edukasi mengenai pelayanan perbankan serta literasi keuangan kepada sekitar 40 penyandang disabilitas dari beberapa SLB dengan mengajak mereka berkunjung ke BCA KCU Thamrin.

“Kami secara konsisten mendukung dan memberdayakan setiap individu, kelompok, dan pelestarian ekosistem melalui berbagai pendekatan yang inklusif. Langkah ini tidak hanya meningkatkan daya saing dan kemandirian bangsa, tapi juga berkontribusi pada pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) Indonesia. Melalui rangkaian program BCA Berbagi Ilmu, kami harap dapat membantu Sahabat Disabilitas untuk berkarya dan menjadi mandiri, sejalan dengan semangat #BuktiBaktiBCA,” tutup Hera.