7 Fakta Kasus Bullying Chorong APink

Kamis, 4 November 2021 | 00:01:00

Maria Nanda

Penulis : Maria Nanda

7 Fakta Kasus Bullying Chorong Apink

Foto: Play M Entertainment

Ladiestory.id - Girl group ternama APink selama hampir 10 tahun debut selalu jauh dari skandal. Grup beranggotakan 6 member itu dikenal sebagai grup yang bersih.

Jelang merayakan 10 tahun debut pada 19 April lalu, sang leader Park Chorong terseret skandal bully. Ia dituduh melakukan perundungan kepada seorang temannya sebelum debut.

Rumor bully ini dibongkar oleh seorang netizen berinisial A yang mengaku sebagai korban. Ia mengaku pernah dianiaya oleh Park Chorong dan teman-temannya.

Fakta Kasus Bullying Chorong APink

Atas kejadian ini, pihak agensi Chorong APink pun angkat bicara. Lantas seperti apa fakta-faktnya mengenai kasus ini?

1. Chorong Dituduh Melakukan Bullying Semasa Sekolah

fakta kasus bullying chorong apink
Foto: Play M Entertainment

Pada tanggal 1 April 2021, agensi Play M Entertainment menyatakan bahwa mereka akan melakukan aksi legal pada seseorang yang mengaku sebagai teman masa kecil Chorong APink.

Teman tersebut mengancam Chorong dengan tuduhan-tuduhan palsu. Ia membeberkan sebuah cerita di internet yang menuduh Chorong pernah menampar dan menendangnya di dagu pada masa sekolah.

Ia juga menyebarkan foto Chorong yang sedang minum alkohol saat masih di bawah umur.

2. Awal Mula Insiden

Dijelaskan A, tindakan bullying yang dilakukan Chorong APink terjadi pada 2018 lalu. A mengklaim ia diserang oleh Chorong dan teman-temannya. Hal ini bermula ketika A secara tidak sengaja menabrak Chorong di jalan di Sachang-dong.

"Dia menatapku dengan wajah tidak senang ketika aku menunjukkan senyuman. Setelah itu, teman-temannya berkata, 'Hei Chorong ingin memukulmu' sambil menyeretku ke suatu gang.

Chorong berkata, 'Melihatmu tersenyum padaku tidak membuatku bahagia' sebelum menampar pipiku dan menendang tulang keringku," kata A.

Netizen A juga mengklaim bahwa teman-teman Chorong menyerangnya di kepala, bahu dan punggung, yang menyebabkan wajahnya bengkak dan memar di sekujur tubuh.

3. Penuduh Chorong Mengambil Jalan Hukum

fakta kasus bullying chorong apink
Foto: soompi

Penuduh Chorong ini mengklaim bahwa Chorong sempat meminta maaf saat mendapatkan tuduhan itu pertama kali.

Mereka tidak bertemu secara langsung, karena sang penuduh mengaku masih merasa trauma dan akhirnya melakukan perbincangan melalui telepon.

Pada pembicaraan tersebut, Chorong APink mengakui kesalahannya. Namun, pada pembicaraan telepon yang kedua kalinya, ia mengklaim, Chorong mengganti pernyataannya dan mengatakan ia tidak pernah melakukan bullying.

Saat berita Play M Entertaiment akan menuntutnya keluar, pihak hukum dari sang penuduh menyatakan bahwa mereka memiliki banyak bukti dan akan menunjukkan kebenaran di mata hukum.

Play M Entertainment pada tanggal 5 April 2021 kemarin kembali membantah tuduhan tersebut dan akan terus berjuang di jalan hukum.

4. Beberkan Bukti

Dalam sebuah wawancara dengan MBN, A mengungkapkan foto screenshot pesan DM Instagramnya dengan Chorong serta foto-foto masa lalu Chorong.

Dia meminta Chorong untuk membuat permintaan maaf secara resmi atas tindakannya di masa lalu.

Dalam wawancara dengan Tenasia, A mengungkapkan bahwa ia menerima panggilan telepon dari Chorong setelah mengirimkan DM.

A mengungkapkan bahwa Chorong APink meminta maaf kepadanya. Tapi maaf itu tidak menghilangkan rasa sakit yang dialaminya selama sepuluh tahun terakhir ini.

"Setelah beberapa hari, Chorong meminta agar kami bertemu secara langsung. Aku menolak permintaan tersebut karena trauma yang aku alami saat itu.

Aku kemudian mengiriminya pesan teks yang mengatakan, 'Aku harap kamu tidak muncul di TV.  Jika kamu ingin terus menjadi selebriti, maka akui tindakanmu dan buat permintaan maaf resmi," kata A.

5. Pernyataan Chorong di Instagram

Pada tanggal 6 April 2021, Chorong mengunggah pernyataan di akun Instagram pribadinya. Dalam penyataan itu, ia mengakui dan meminta maaf untuk kasus minum alkohol di bawah umur.

Ia juga menyatakan bahwa tuduhan bullying yang ditujukan padanya tidak benar dan ia tidak pernah melakukannya.

"Aku tidak pernah menampar Kim (penuduh) seperti yang ia katakan, membuka bajunya, atau melakukan tindakan kekerasan padanya.

Mengenai masalah ini, aku akan berusaha keras membuktikan bahwa aku tidak bersalah melalui kesaksian dari orang-orang yang hadir kala itu dan transkrip percakapan teleponku dengan Kim," ujar Chorong.

6. Alasan A Baru Ungkap Tindakan Chorong APink

fakta kasus bullying chorong apink
Foto: soompi

Ketika ditanya alasan untuk mengungkapkan hal ini setelah masalah bullying di industri hiburan mereda, A mengatakan bahwa dia tidak ingin ada korban lainnya seperti dia.

"Dia telah melakukan promosi dengan baik di industri sejauh ini dan aku khawatir tentang pelecehan sekunder, jadi aku banyak memikirkannya.

Tapi rasa sakit di sekitar korban kekerasan telah menjadi penyakit jadi aku memutuskan untuk membuat keputusan ini," kata A.

7. Tanggapan Agensi

Menanggapi transkrip yang dirilis oleh sang penuduh, Play M Entertainment mengeluarkan pernyataan yang mengklaim bahwa transkrip tersebut sudah diedit.

Mereka menyatakan bahwa sang penuduh hanya memperlihatkan sebagian transkrip telepon dan sudah diedit.

Pada sesi telepon pertama, Play M menyatakan bahwa sang penuduh mengancam Chorong dan mengatakan hal-hal yang tidak terduga, seperti pengalaman pribadi baik yang berhubungan maupun tidak berhubungan dengan kasus tersebut.

Alasan Chorong meminta maaf adalah karena ia merasa mereka dulu pernah dekat dan menyayangkan adanya konflik di antara mereka.

Play M Entertainment juga menyatakan bahwa mereka memiliki rekaman percakapan telepon tersebut dan sudah mengirimnya ke pihak kepolisian.

Karena sang penuduh terus mengunggah berita tidak benar, Play M menyatakan bahwa mereka akan merilis rekaman tersebut ke publik jika dibutuhkan.

Inilah 7 fakta mengenai kasus bullying Chorong APink. Mari kita doakan semoga kebenaran segera terungkap.