Melejit Lewat Single NoNoNo, Ini Fakta Menarik Girl Group Apink

Sabtu, 25 Desember 2021 | 14:00:00

Nurul Aini

Penulis : Nurul Aini

Melejit Lewat Single Nonono, Ini Fakta Menarik Girl Group Apink

Apink. (soompi.com)

Ladiestory.id - Menjadi girl group yang bertahan hingga di atas tujuh tahun tentu bukanlah hal yang mudah. Apalagi dengan adanya mitos bahwa group Kpop kerap menghadapi yang disebut sebagai ‘kutukan 7 tahun’. Namun, girl group Apink sukses membuktikan bahwa mereka mampu eksis hingga lebih dari tujuh tahun.

Fakta Menarik Girl Group Apink yang Bertahan dengan 6 Anggota

Menginjak usianya yang ke-10 tahun, Apink merilis sebuah single digital bertajuk Thank You di bulan April. Lagu tersebut dirilis sebagai tanda terima kasih Apink kepada penggemarnya, yang akrab disebut Pink Panda. Yuk, simak sederet fakta menarik dari girl group Apink ini!

1. Apink memulai debutnya di tahun 2011

Apink. (soompi.com)

Girl group Apink resmi debut di tahun 2011, di bawah naungan agensi A Cube Entertainment. Awalnya, Apink beranggotakan tujuh orang, yaitu Park Chorong, Son Naeun, Jung Eunji, Yoon Bomi, Kim Namjoo, Oh Hayoung, dan Hong Yookyung. Namun di tahun 2013, Hong Yookyung memutuskan untuk vakum sebagai anggota Apink demi fokus pada pendidikannya. Hingga kini, Apink bertahan dengan formasi enam anggota.

Apink dikenalkan melalui sebuah variety show bertajuk Apink News. Variety show Apink News selain mengenalkan anggota-anggota Apink acara ini juga dimeriahkan oleh sejumlah artis, seperti 4Minute, Jinwoon 2AM, BEAST (sekarang Highlight), MBLAQ, dan SECRET. Apink debut dengan merilis sebuah EP yang bertajuk Seven Springs of Apink dengan hits singlenya berjudul I Don’t Know.

2. Anggota Apink turut membintangi video klip artis Cube

Apink. (soompi.com)

Sebelum resmi debut, hampir semua anggota Apink, kecuali Eunji, telah tampil di video klip milik sesama artis Cube Entertainment. Mereka tampil sebagai kru dance dalam video klip BEAST (Highlight) yang bertajuk Beautiful.

Selain Beautiful, salah satu anggotanya, Son Naeun pernah tampil dalam beberapa video musik milik BEAST (Highlight) yang bertajuk Breath dan I Like You the Best. Sedangkan, leader Apink Park Chorong tampil dalam video musik Shock versi Jepang milik BEAST, Beautiful dan Insane milik BTOB.

Kemudian, selain membintangi video klip, Apink juga turut membintangi iklan untuk produk Ceylon Tea dan perhiasan Cotini. Dilansir situs dongA,  Apink sudah mencapai popularitas bahkan sebelum debut. Seminggu setelah fancafe resminya dibuka, sudah ada total tiga ribu orang yang mendaftar sebagai anggota fancafe Apink.

3. Nama Apink semakin bersinar dengan single NoNoNo

Apink. (soompi.com)

5 Juli 2013, Apink merilis EP ketiganya berjudul Secret Garden. Title track-nya adalah NoNoNo. Berkat single NoNoNo, nama Apink pun semakin melejit. Single NoNoNo berhasil menempati posisi ke-2 dalam chart Billboard’s Kpop Hot 100.

4. Telah meraih sederet prestasi membanggakan

Apink. (soompi.com)

Dari debutnya, girl group Apink telah memiliki sejumlah prestasi, salah satunya Mnet Asian Music Awards dalam kategori ‘Female Rookie Award’ tahun 2011. Kemudian, memenangkan tiga penghargaan ‘Rookie Awards’ di ajang Golden Disk Awards, Korean Culture & Entertainment Awards, dan High1 Seoul Music Awards.

Di bulan Juli 2013, girl group yang kini bernaung di Play M Entertainment ini terpilih menjadi duta kehormatan untuk Seoul Character & Licensing Fair 2013.

Tak hanya itu, Apink berhasil menjadi girl group pertama yang meraih triple crown di tiga acara musik Korea, yaitu The Show, MBC Music Core dan SBS Inkigayo di tahun 2014 dengan single Luv.