3 Fakta tentang Korea Selatan dan Perbedaan Rentang Waktunya dengan Indonesia

Selasa, 2 November 2021 | 00:01:00

Diana Rahmawati

Penulis : Diana Rahmawati

3 Fakta Tentang Korea Selatan Dan Perbedaan Rentang Waktunya Dengan Indonesia

Foto: visitkorea

Ladiestory.id - Pasti kamu tahu betul jika Korea Selatan mempunyai sangat banyak hal unik yang dapat menarik perhatian masyarakat di seluruh penjuru dunia. Negeri Ginseng ini memang populer dengan pesona kuliner, tempat wisata serta budayanya yang mempesona.

Sehingga wajar saja bila banyak warga negara asing yang menyukai semua ciri khasnya. Negara dengan luasan sekitar 100 ribu km persegi ini berada di bagian selatan semenanjung Korea dengan kebanyakan geografisnya merupakan dataran tinggi. Secara koordinat Korea Selatan dalam peta terletak di 35.95°LU dan 128.25°BT.

Fakta Mengenai Korea

Selain dikenal akan grup boyband dan girlband, Korea Selatan pun terkenal sebagai salah satu tempat operasi plastik terbaik di dunia. Banyak sekali masyarakat asli Korea yang menjalani operasi plastik guna mempercantik paras serta tubuhnya.

Jenis operasi yang paling terkenal di sana yaitu mengubah bentuk mata. Negara ini kian menarik sebab kamu dapat menjumpai area Wi-Fi gratis di banyak tempat.

Hal ini disebabkan pemakaian gadget yang tinggi sekali di sana. Di mana semua warga negaranya memakai gadget, dari anak-anak sampai lansia sekalipun.

Negara ini kian menarik sebab banyak wanita di Indonesia yang suka berbelanja kosmetik di negara tersebut. Wanita Korea Selatan memang gemar merawat rambut dan kulit dengan beraneka macam produk kosmetik.

Selisih waktu Indonesia dengan Korea Selatan ini sebetulnya tidak jauh berbeda. Dari Indonesia, Korea Selatan tak begitu jauh guna dijangkau. Perbedaan waktunya juga tak berselisih banyak. Bila kamu berencana ke Korea Selatan, maka waktu yang mesti ditempuh kurang lebih 7 jam.

1. Jarak Korea Selatan dengan Indonesia

fakta tentang korea
Foto: visitkorea

Terdapat banyak airline yang dapat kamu pilih untuk dapat sampai ke negara ini. Jarak Korsel dan Indonesia yaitu sekitar 3.291 miles atau sama dengan 5.296.35 kilometer (Jakarta – Seoul).

Di Korea Selatan terdapat dua bandara Internasional yang kerapnya difungsikan sebagai pintu masuk kedatangan wisatawan yaitu Bandara Internasional Gimhae yang terletak di kota Busan serta Bandara Internasional Incheon yang terletak di kota Incheon.

Lokasinya yang tidak sulit untuk dijangkau, pastinya menjadikan banyak orang di Indonesia tertarik guna berlibur di sana. Terlebih dengan ramainya drama Korea dan lagu-lagu Kpop yang populer di seluruh dunia.

2. Memiliki 4 Musim

fakta korea
Foto: ivisitkorea

Korea memiliki empat musim dalam satu tahun. Berikut penjabaran waktu musim di Korea:

1. Musim Panas (Juni hingga Agustus).

2. Musim Semi (Maret hingga Mei).

3. Musim Dingin (Desember hingga Februari).

4. Musim Gugur (September hingga November).

3. Perbedaan Rentang Waktu dengan Indonesia

fakta korea
Foto: bbc

Perbedaan waktu Korsel–Indonesia hanya selisih 2 jam saja. Jadi bila di Indonesia sekarang ini jam 15.00 WIB maka dapat diketahui jika Korea Selatan berada pada jam 17.00. Sekedar informasi, waktu standar Korsel memakai sistem GMT+9.

Artinya ialah bila di Indonesia tengah malam pukul 00:00, maka waktu di negara Korea Selatan yaitu pukul 02:00 pagi. Mengingat jarak Indonesia dan Korea Selatan yang tidak begitu jauh.

Tak heran bila selisih waktu Indonesia dengan Korea Selatan pun tidak terpaut jauh berbeda. Terlebih terdapat wilayah di Indonesia yang zona waktunya sama dengan zona waktu di Korea Selatan.

Sebetulnya, waktu standar di Korea Selatan sama dengan waktu standar yang diberlakukan Waktu Indonesia Timur atau WIT dan Jepang. Hal inilah yang menjadikan selisih waktu Indonesia–Korea Selatan tidak jauh berbeda.

Hayo ngaku, siapa di antara kalian yang ingin pergi ke Korea Selatan, nih? Di masa pandemi ini diharapkan untuk tetap di rumah saja hingga suasana kondusif ya, Guys!