3 Fakta Unik dan Resep Ali Agrem, Makanan Khas Jawa Barat

Minggu, 9 Januari 2022 | 13:30:00

Maria Nanda

Penulis : Maria Nanda

3 Fakta Unik Dan Resep Ali Agrem, Makanan Khas Jawa Barat

Ilustrasi ali agrem. (Special)

Ladiestory.id - Salah satu jajanan tradisional yang populer di Indonesia adalah ali agrem. Makanan khas daerah Jawa Barat ini terbuat dari bahan baku beras yang bercampur dengan gula merah, kemudian digoreng.

Sekilas makanan ini mirip dengan kue donat, sebab bentuknya bulat dan berlubang pada bagian tengahnya. Bentuknya pun dapat dikatakan mirip cincin, atau disebut "Ali" dalam bahasa Sunda.

Nah, Ladiestory.id telah merangkum beberapa fakta unik ali agrem, makanan khas Jawa Barat.

1. Serupa tapi Tak Sama dengan donat

Ilustrasi ali agrem. (Special)

Memang sekilas, kue ini memiliki bentuk seperti donat atau cincin. Tapi, jika diamati kedua kue ini memiliki perbedaan dalam bahan pembuatannya. Donat hanya menggunakan telur dan tepung terigu, sehingga memiliki cita rasa yang gurih sekaligus manis. Sedangkan kue ali agrem menggunakan campuran gula merah dengan tepung beras dan tepung ketan.

2. Kue Keabadian

Ilustrasi ali agrem. (Special)

Kue ini mudah dijumpai saat perayaan hari besar tertentu, seperti lebaran atau hari pernikahan menggunakan adat Sunda. Kue Sunda ini memiliki filosofi yang kuat. Konon, dalam acara pernikahan menyediakan kue ali agrem ini, maka akan pengantin akan mendapat kelanggengan dalam berumah tangga.

3. Kaya akan Gizi

Istimewanya, jajanan tradisional ini memiliki kandungan dan gizi yang melimpah. Pasalnya dalam satu kue ali agrem terdapat energi sebesar 440 kilokalori, protein 3,8 gram, karbohidrat 64,5 gram, lemak 18,5 gram, kalsium 27 miligram, fosfor 47 miligram, dan zat besi 2,5 miligram. Tak hanya itu, namun ali agrem juga memiliki vitamin A sebanyak 0 IU, vitamin B1 0,13 miligram dan vitamin C 0 miligram.

Resep Ali Agrem

Ilustrasi ali agrem. (Special)

Sebenarnya membuat ali agrem sangatlah mudah. Bahan-bahan yang diperlukan pun mudah didapatkan dan cara membuat yang terbilang singkat. Sebab itu, kamu bisa membuat ali agrem sendiri di rumah dengan resep berikut.

Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat Ali agrem:

  • Siapkan 1 1/2 kg gula merah
  • Sediakan 1 butir kelapa parut (ambil santannya 1 liter)
  • Gunakan 2 liter tepung beras
  • Ambil secukupnya minyak untuk menggoreng

Cara membuat ali agrem:

  1. 1 ½Kg gula merah di iris kemudian di masak dengan air santan sebanyak 1 Liter, masak sampai gula mengental. Sisihkan
  2. Siapkan wadah, masukan tepung beras kemudian tuangkan air gula merah sedikit demi sedikit sambil di aduk², uleni sampai kalis.
  3. Hasilnya Kurang lebih seperti ini ya moms.
  4. Ada dua langkah untuk mencetak kue ali yg pertama : Ambil secukupnya adonan, kemudian taruh diatas plastik yg sudah diolesi minyak goreng, kemudian giling sampai pipih, lalu cetak dengan tutup botol lalu lubangi dengan balpoin atau stik.
  5. Langkah yg kedua : Ambil 1 sendok teh adonan, kemudian bulat² kan pipihkan sedikit lalu lubangi dengan balpoin atau stik.
  6. Selanjutnya panaskan minyak goreng, masukan kue ali satu persatu, bolak balik menggunakan stik bambu agar lebih mudah. Goreng Sampai berwarna kekuningan angkat kemudian tiriskan.
  7. Jika sudah dingin, tata didalam toples, nikmat banget disajikan dadakan. Ini dia tekstur dalamnya ya, luarnya kering tidak pecah, dan dalamnya lembut. Selamat mencoba semoga berhasil