Gandeng Octopus dan FORWAT, Xiaomi Indonesia Berkomitmen Kelola Elektronik Bekas

Jumat, 29 Juli 2022 | 22:00:00

Devy Felicia

Penulis : Devy Felicia

Gandeng Octopus Dan Forwat, Xiaomi Indonesia Berkomitmen Kelola Elektronik Bekas

Xiaomi x Octopus. (Special)

Ladiestory.id - Xiaomi meluncurkan kampanye #LebihLestari untuk pengelolaan dan daur ulang elektronik bekas pakai yang memberikan dampak lebih luas dalam ekonomi sirkular serta lingkungan yang lebih berkelanjutan bagi masyarakat Indonesia.

Bekerja sama dengan Octopus, sebuah platform ekonomi sirkular yang berperan sebagai pengelola elektronik bekas pakai dan pemberdaya komunitas pelestari yang mereka bina, dan didukung oleh FORWAT (Forum Wartawan Teknologi), kampanye ini adalah upaya bersama untuk mengedukasi sekaligus membangun kesadaran dalam menjaga kelestarian lingkungan dan membantu konsumen untuk mengelola elektronik bekas pakai secara bertanggung jawab. 

Saat ini, inovasi teknologi yang berlangsung dengan cepat serta kemudahan masyarakat untuk memperolehnya, membuat pergantian produk elektronik yang dinilai sudah ketinggalan zaman dengan produk yang memiliki teknologi tercanggih ikut menjadi lebih cepat. Sayangnya, masyarakat sering lupa bahwa sebuah produk elektronik bekas pakai yang dibuang begitu saja harus dikelola dengan serius agar tidak merusak lingkungan.  

Kampanye #LebihLestari tentunya sejalan dengan saran pemerintah untuk menerapkan skema take-back dalam mengelola elektronik bekas pakai. Dalam skema ini, elektronik bekas pakai diserahkan oleh konsumen ke produsen untuk dikelola atau didaur ulang bekerja sama dengan lembaga masyarakat terkait menjadi sumber energi terbarukan, sehingga tidak sampai ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA). 

Harapannya, kampanye ini dapat mendukung program pemerintah dalam mengelola elektronik bekas pakai di Indonesia. Data yang dilansir Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan pada 2021 menyebutkan, bahwa baru sebanyak 17,4 persen elektronik bekas pakai yang dikumpulkan kemudian diolah atau didaur ulang dengan benar. Perlu upaya bersama dari berbagai pihak, termasuk dari produsen produk elektronik, lembaga masyarakat, dan masyarakat umum, untuk mengatasi masalah ini. 

CEO Octopus, Moehammad Ichsan menyatakan sangat mengapresiasi langkah Xiaomi Indonesia yang meluncurkan kampanye #LebihLestari. Mereka dengan antusias menyambut ajakan Xiaomi Indonesia untuk berkolaborasi dalam kampanye #LebihLestari yang mendukung penerapan ekonomi sirkular dalam prosesnya.

Pengelolaan dan daur ulang elektronik bekas pakai yang dikumpulkan di drop-off point Xiaomi nantinya akan dilakukan oleh para pelestari lingkungan untuk menjadi barang yang 100 persen berguna. Penerapan ekonomi sirkular dalam kampanye ini akan membantu menciptakan lingkungan yang lebih baik sekaligus membantu mempromosikan tentang ekonomi sirkular kepada masyarakat.

Sementara itu, Ketua Umum FORWAT, Danang Arradian mengatakan, kolaborasi untuk kampanye #LebihLestari merupakan salah satu wujud kepedulian FORWAT sebagai organisasi wartawan elektronik di Indonesia terhadap pelestarian lingkungan dalam jangka panjang.

Harapannya, sosialisasi yang kami lakukan mengenai kampanye ini bisa ikut meningkatkan kesadaran masyarakat, khususnya tech enthusiast, untuk ikut berpartisipasi dalam program pengelolaan elektronik bekas pakai yang benar.

Mulai 1 Agustus 2022, masyarakat umum dapat berpartisipasi dalam mengelola elektronik bekas pakai berukuran kecil, seperti smartphone, charger, laptop, kabel, dan baterai, dengan mendatangi salah satu dari 10 Xiaomi Store terpilih di Jakarta dan mengunduh aplikasi Octopus. Nantinya, masyarakat akan mendapatkan poin di aplikasi yang dapat digunakan untuk menikmati berbagai promo menarik. 

Sepuluh lokasi Xiaomi Store yang menjadi drop-off point di Jakarta adalah Aeon Jakarta Garden City (Jakarta Timur), Mall Kelapa Gading, Mall Emporium Pluit (Jakarta Utara) Lippo Mall St. Moritz, Central Park (Jakarta Barat), ITC Roxy Mas, Grand Indonesia (Jakarta Pusat), Kota Kasablanka, Gandaria City dan Mall Pondok Indah (Jakarta Selatan).