Gaya Hidup Hemat Bagi Si Kecil Perlukah?

Sabtu, 15 Juni 2019 | 12:25:14

Inka Amalia

Penulis : Inka Amalia

Gaya Hidup Hemat Bagi Si Kecil Perlukah?

Hai Moms! Momen Idul Fitri selalu menjadi momen hangat keluarga sekaligus ajang bagi-bagi rezeki Tunjangan Hari Raya bagi anak-anak.

Momen ini justru menjadi bagian yang paling mereka rindukan dari lebaran setiap tahunnya. Nominal yang didapatkan si kecil dari angpau lebaran bisa dibilang tidak kecil bahkan mereka sudah bisa menentukan jumlah dari angpau yang mereka dapatkan dan menentukan barang-barang yang ingin mereka beli.?

Sekarang usia anakku masuk tiga tahun, iklan terbaru "Smart Watch" sudah mulai mengitari benak si kecil. Namun, apakah barang tersebut menjadi sebuah kebutuhan primer untuk si kecil? That's right! Si kecil memang belum mampu memilah antara kebutuhan dengan keinginan. Disinilah peran orangtua yang menjadi pengingat si kecil untuk menentukan gaya hidupnya. Nah gaya hidup hemat seperti apa sih yang bisa kita terapkan ke si kecil??

Penting banget nih kita tahu bahwa uang yang didapat si kecil sepenuhnya adalah hak mereka. Aku menerapkan gaya hidup hemat kepada si kecil sejak memasuki usia tiga tahun karena dianggap Ia sudah mampu berdiskusi dalam menentukan pilihannya. Moms, gaya hidup hemat yang aku terapkan dimulai dari mengenalkan nilai mata uang, menjelaskan barang-barang yang menjadi kebutuhan primer, dan mengenalkan tabungan melalui media celengan.?

Tidak jarang anak-anak lebih menyukai membeli mainan dengan menggunakan uang THR yang didapatnya. Toko mainan pasti akan ramai sesaat setelah lebaran yang dipenuhi oleh kebanyakan anak kecil yang membawa dompet kecil milik mereka. Aku pribadi memperbolehkan si kecil membeli mainan dengan syarat :?

  • Bahannya Aman?
  • Punya Nilai Edukasi?
  • Harga Terjangkau?

Perihal gaya hidup hemat pada si kecil ini aku terapkan juga sebagai pengingat agar si kecil bisa bersaing di masa depan dengan tuntutan hidup yang lebih besar lagi. Aku mengajarkan sistem menabung kepada si kecil melalui media celengan untuk meningkatkan semangat nya dalam mengumpulkan uang sedikit demi sedikit.?

Dengan biaya yang semakin menanjak setiap tahunnya, aku lebih memilih untuk menabung uang THR si kecil dengan investasi emas. Tabungan emas sangat menjanjikan untuk di masa depan dan bisa digunakan si kecil untuk biaya-biaya lainnya seperti sekolah dan travelling. Gaya hidup hemat disini maksudnya tidak menghambur-hamburkan uang yang si kecil dapatkan. Memutuskan kebiasaan membeli mainan dan menghabiskan uang THR tanpa memikirkan kebutuhan di masa mendatang.?

Dengan menerapkan gaya hidup hemat sejak dini, banyak manfaat yang didapatkannya baik di masa sekarang maupun di masa yang akan datang. Si kecil lebih memahami makna bersyukur, pentingnya menjaga dan menghargai uang.?

?

?

?

?

?

?