5 Gereja dengan Arsitektur Unik dan Menarik di Indonesia

Jumat, 22 April 2022 | 00:01:00

Sofiatun Hasanah

Penulis : Sofiatun Hasanah

5 Gereja Dengan Arsitektur Unik Dan Menarik Di Indonesia

Gereja Graha Maria Annai Velangkanni, Medan. (Special)

Ladiestory.id - Di Indonesia terdapat banyak gereja dengan bentuk arsitektur yang unik dan juga menarik. Tidak hanya digunakan sebagai tempat ibadah saja, beberapa gereja di Indonesia memiliki nilai sejarah dibalik keindahannya. Berikut beberapa gereja yang memiliki arsitektur unik dan menarik di Indonesia.

Gereja Graha Maria Annai Velangkanni, Medan

Gereja Graha Maria Annai Velangkanni, Medan. (Special)

Jika dilihat dari luar, sekilas tidak ada yang menyangka bahwa bangunan ini adalah gereja. Memiliki arsitektur yang unik dan begitu indah, bangunan gereja tersebut sekilas mirip dengan kuil di India. Gereja yang terletak di Jl. Sakura III No.7-10 Kota Medan ini diresmikan pada 2005 silam. Gereja tersebut dibangun dengan dana sekitar Rp4 Miliar, serta empat tahun untuk proses pembangunannya.

Pembangunan Gereja Graha Maria Annai Velangkanni berdasarkan ide dari seorang pastor yang bernama Pastor James Bharataputra. Dengan penuh kesabaran dan keberaniannya, ia mengumpulkan uang dari para donatur untuk membangun gereja tersebut. Dana pembangunan gereja tersebut hampir 60 persen berasal dari masyarakat Indonesia, sedangkan sisanya berasal dari Singapura, Malaysia, India dan Dubai.

Gereja Paroki Hati Kudus Yesus, Bali

Gereja Paroki Hati Kudus Yesus, Bali. (Special)

Gereja dengan arsitektur yang unik dan menarik lainnya adalah Gereja Gereja Paroki Hati Kudus Yesus, yang terletak di Kabupaten Jembrana, Bali. Gereja tersebut sering dijadikan sebagai tempat wisata rohani bagi umat Nasrani yang berlibur ke Pulau Dewata. Gereja tersebut juga dikenal dengan sebutan Gereja Palasari, karena letaknya di Dusun Palasari.

Gereja Paroki Hati Kudus Yesus, atau Gereja Palasari dibangun oleh Bruder Ign. Vrieze, yang merupakan seorang berkebangsaan Belanda pada 1956 silam. Meski tergolong gereja tua, namun bangunan tersebut masih nampak menarik dengan bentuknya yang unik.

Di pintu masuk gereja terdapat gapura yang dinamakan Candi Bentar. Bangunan gereja ini juga lekat dengan ukiran tradisional khas Bali. Namun semakin masuk ke dalam, Kamu akan disambut dengan tatanan bangku-bangku dengan nuansa Eropa. Keunikan gereja tersebut mengundang daya tarik tersendiri bagi beberapa wisatawan.

Gereja Katedral, Jakarta

Gereja Katedral, Jakarta. (Special)

Gereja Katedral yang memiliki nama resmi Santa Maria Pelindung Dinaikkan ke Surga adalah salah satu gereja yang memiliki arsitektur unik dan menarik di Indonesia. Gereja yang terletak di Jl. Katedral No.7B, Jakarta tersebut, diresmikan pada 1901 silam. Gereja Katedral dirancang oleh Pastor Antonius Dijkmans, dan sudah beberapa kali mengalami pemugaran.

Memiliki bentuk bangunan yang unik dan menarik, membuat gereja tersebut kerap dijadikan sebagai tempat pemberkatan pernikahan oleh beberapa artis, di antaranya, Sandra Dewi dan Chelsea Olivia.

Gereja Blenduk, Semarang

Gereja Blenduk, Semarang. (Special)

Gereja dengan bentuk unik dan menarik lainnya adalah Gereja Protestan Indonesia Barat Immanuel atau lebih dikenal dengan Gereja Blenduk. Disebut Gereja Blenduk, sesuai bahasa Jawa artinya kubah yang menggelembung. Gereja yang terletak di Jl. Letjen. Suprapto 32 Semarang ini sudah dibangun pada masa bangsa Portugis ke Indonesia, tepatnya pada 1753 silam.

Setelah itu, bangunan gereja tersebut dibangun ulang oleh Belanda pada 1895. Selain memiliki atap yang berbentuk kubah, gereja tersebut mempunyai bentuk dasar segi delapan serta jika dilihat dari atas. Bentuk Gereja Blenduk menyerupai salib Yunani. Saat ini Gereja Blenduk telah ditetapkan sebagai salah satu situs cagar budaya di Indonesia.

Gereja ST. Fransiskus Asisi, Berastagi

Gereja ST. Fransiskus Asisi, Berastagi. (Special)

Gereja ST. Fransiskus Asisi Berastagi yang terletak di tepi jalan lintas Karo dan Medan tepatnya di  Jl. Letjen Djamin Gintings, sering membuat orang terpana karena arsitekturnya yang sangat menarik.

Gereja tersebut kerap dijadikan objek wisata religi karena keunikan bagunan yang khas dengan gaya Karo. Setiap inci bangunan gereja tersebut lekat dengan kebudayaan Karo, yang menjadi daya tarik orang yang lewat untuk singgah atau beribadah di gereja.