Hati-Hati, 5 Efek Samping Memerahkan Bibir Dengan Odol

Thursday, 22 Jul | 17:37:01

LS Beauty

Penulis : LS Beauty

Hati-Hati, 5 Efek Samping Memerahkan Bibir Dengan Odol

Foto: Ladiestory.id

Bibir menjadi bagian yang penting bagi wajah. Sebab bagi seorang wanita bibir merupakan kunci daya tarik mereka.

Bibir merah merona secara alami tanpa bantuan lipstick menjadi impian bagi setiap wanita.

Selain menggunakan skincare untuk bibir, berbagai dilakukan untuk memerahkan bibir.

Bahkan ada yang rela merogoh kantong untuk suntik demi mendapatkan bibir merah.

Namun banyak juga yang menggunakan bahan-bahan yang ada di rumah seperti madu dan odol.

Pasta gigi yang sering disebut odol, merupakan sejenis pasta yang digunakan untuk membersihkan gigi, biasa digunakan dengan sikat gigi.

Pasta gigi atau odol sudah jadi kebutuhan sehari-hari guna menjaga kesehatan gigi dan mulut.

Kandungan Odol atau Pasta Gigi

Foto: Ladiestory.id
  • Agen abrasif
    Kandungan ini bertugas adalah sebagai pengikis sisa-sisa makanan, noda atau bakteri, namun tidak sampai merusak enamel gigi. Beberapa bahan yang sering digunakan seperti kalsium karbonat, silika gel dihidrat, dikalsium fosfat dihidrat atau magnesium trisilikat.
  • Flouride
    Menjadi komponen utama odol yang membantu menjaga gigi dari karang gigi dan gigi berlubang. Mineral ini juga dapat membantu menguatkan enamel gigi.
  • Humektan
    Bahan ini berguna untuk dicampurkan dalam pasta gigi untuk mencegah hilangnya air sehingga pasta gigi tidak mudah mengeras. Gliserol dan sorbitol merupakan bahan yang sering digunakan sebagai humektan pada odol.
  • Detergen
    Detergen menjadi salah satu bahan penting penyusun pasta gigi karena bahan inilah yang bekerja memutihkan gigi dan memunculkan busa saat menggosok gigi. Salah satu jenis detergen yang sering digunakan untuk pasta gigi adalah sodium lauryl sulfat.
  • Perasa
    Perasa bukan termasuk bahan utama pada odol namun dianggap cukup penting karena sebagian besar bahan utama odol tidak memiliki rasa atau cenderung pahit. Oleh karena itu dibutuhkan perasa agar menyikat gigi tetap nyaman. Perasa artifisial seperti seperti sakarin atau perasa mint biasanya ditambahkan juga pada odol.
  • Zat pengikat
    Zat pengikat adalah senyawa koloid hidrofolik yang tugasnya mengikat air dan berfungsi menstabilkan bahan-bahan penyusun pasta gigi agar tidak terjadi gumpalan padat.

Odol Bisa Memerahkan Bibir?

Secara umum odol atau pasta gigi mengandung agen abrasif untuk membersihkan kotoran gigi.

Bahan inilah yang dapat bertindak seperti agen eksfoliator atau scrub yang dapat mengangkat sel kulit mati di lapisan kulit bibir.

Sehingga odol juga dirasa cukup ampuh untuk membantu memerahkan bibir yang hitam. Namun odol memiliki efek samping ketika diaplikasikan untuk memerahkan bibir.

Efek Samping Memerahkan Bibir dengan Odol

  1. Bibir menjadi berwarna hitam

Foto: Ladiestory.id

Memang ada beberapa orang yang memiliki warna bibir hitam. Selain itu, bibir  hitam juga disebabkan oleh cahaya matahari dan efek dari menjilat bibir berlebihan.

Namun ternyata menggunakan odol pada bibir juga dapat membuat bibir berwarna hitam.

Sebab ketidak cocokan odol dengan bibir membuat bibirmu menjadi hitam, maka dari itu hati-hatilah dalam menggunakan odol.

  1. Bibir menjadi kering

Alih-alih memerahkan bibir, odol justru dapat berbahaya bagi bibir yakni menjadi kering. Hal ini terjadi karena odol memiliki kandungan yang dapat membuat bibir menjadi kekurangan nutrisi sehingga bibir malah menjadi kering.

  1. Bibir menjadi pecah-pecah

Foto: Ladiestory.id

Menggunakan odol pada bibir akan menimbulkan efek samping bibir menjadi kering.

Ketika bibir kering, maka selanjutnya akan menjadi peah-pecah. Oleh sebab itu, menggunakan odol pada bibir dapat membuat bibir menjadi pecah-pecah.

  1. Bibir menjadi luka

Foto: Ladiestory.id

Bibir yang kering dan pecah-pecah akan berakibat bibir terluka. Terlebih ketika menggunakan odol untuk memerahkan bibir akan memberi efek samping bibir menjadi lebih sensitif. Hal ini terjadi jika kita mengoleskan odol terlalu keras pada bibir

  1. Sariawan

Foto: Ladiestory.id

Efek samping dari memerahkan bibir dengan odol yang terakhir dan paling menyakitkan adalah sariawan. Sebab ada beberapa kandungan dalam odol yang tidak cocok dengan bibir sehingga malah membuat sariawan.

Masalah yang satu ini membuat kita malas makan bahkan minumpun terasa perih.

Nyatanya, odol memang dapat membantu memerahkan bibir. Namun perlu diketahui juga bahwa terdapat 5 efek samping memerahkan bibir dengan odol.

Berita Terkait