Hati-hati, Ini Kandungan Skincare yang Wajib Dihindari oleh Kulit Sensitif

Kamis, 11 Agustus 2022 | 12:00:00

Hati-Hati, Ini Kandungan Skincare Yang Wajib Dihindari Oleh Kulit Sensitif

Ilustrasi wanita dengan kulit sensitif. (Pinterest)

Ladiestory.id - Kulit sensitif merupakan jenis kulit yang rentan mengalami iritasi akibat reaksi berlebihan dari berbagai faktor, seperti udara atau bahan kimia yang terkandung dalam produk perawatan kulit.

Kulit sensitif biasanya sering merasakan keluhan kulit, seperti mengalami ruam, gatal, kering, hingga perih pada kulit. Umumnya hal ini bisa disebabkan lantaran adanya zat tertentu yang tidak cocok dengan kulit sensitif.

Orang dengan kulit wajah sensitif harus lebih hati-hati dengan produk skincare yang digunakan. Jika tidak, wajah akan mudah mengalami berbagai masalah kulit, seperti jerawat, komedo, bahkan bruntusan.

Berikut kandungan skincare yang wajib dihindari untuk kamu yang memiliki kulit sensitif.

Fragrance atau Parfum

Ilustrasi skincare dengan kandungan parfum. (Special)

Kandungan fragrance sudah menjadi hal umum dalam produk perawatan kulit. Bahan kimia ini berfungsi untuk menetralisir bau tidak sedap yang muncul dari kandungan bahan skincare tersebut.

Banyak orang yang senang menggunakan produk dengan kandungan parfum ini dibanding produk lain. Sayangnya, penggunaan fragrance tidak direkomendasikan karena bisa menimbulkan masalah kulit, terutama bagi pemilik kulit sensitif.

Sebab produk dengan kandungan ini saat diaplikasikan akan menimbulkan reaksi lebih parah dan membuat wajah breakout. Selain itu, juga bisa membuat kulit iritasi. Jika dibiarkan terus-menerus, akan menyebabkan jerawat di muka.

Scrub Wajah

Ilustrasi scrub pada wajah. (Special)

Eksfoliasi bertujuan untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan membantu regenerasi jaringan kulit yang sehat. Namun, faktanya scrub untuk kebutuhan eksfoliasi tidak dianjurkan pada kulit sensitif. Apalagi jika jerawat sedang meradang di kulit wajah.

Efek terlalu keras pada butiran scrub akan membuat kulit pecah-pecah, kering dan jerawat kemerahan. Sebaiknya gunakan scrub yang teksturnya lembut dan gunakan saat jerawat mulai pudar.

Minyak Esensial

Ilustrasi skincare dengan kandungan minyak esensial. (Special)

Beberapa jenis minyak esensial, jika terkena sinar matahari akan menyebabkan gatal dan alergi. Minyak esensial, seperti tea tree oil, mint, jeruk dan lavender harus hati-hati saat menggunakannya.

Perlu perhatikan penggunaan tea tree oil dalam dosis yang pas. Karena minyak esensial memiliki kandungan yang dapat menyebabkan kulit wajah kering dan iritasi.

Alkohol

Ilustrasi skincare dengan kandungan alkohol. (Special)

Kandungan alkohol yang terdapat pada produk skincare atau kosmetik akan membuat kulit sensitif menjadi lebih kering. Alkohol yang berbahaya biasanya terdapat pada produk yang berfungsi untuk menghilangkan sisa kotoran di kulit wajah.

Oleh karena itu, pastikan kamu teliti dalam memilih produk skincare atau makeup yang alcohol free.

Benzoil Peroksida

Ilustrasi skincare dengan kandungan benzoil peroksida. (Special)

Kandungan ini harus dihindari untuk kulit sensitif dan berjerawat. Karena konsentrasi yang cukup keras bisa berperangaruh terhadap skin barrier kamu. Jika digunakan terus-menerus akan menyebabkan skin barrier menjadi rusak.

Benzoil peroksida biasanya terkandung pada skincare anti-jerawat yang bekerja untuk mengeringkan jerawat. Efek sampingnya adalah membuat kulit wajah menjadi kering seluruhnya.

Itu tadi 5 kandungan bahan yang sebaiknya dihindari bagi kalian yang memiliki kulit wajah sensitif. Semoga bermanfaat Ladies!.