Highlight Vs Balayage, Apa Bedanya?

Monday, 21 Jun | 19:26:45

LS Beauty

Penulis : LS Beauty

Highlight Vs Balayage, Apa Bedanya?

Foto: Ladiestory.id

Sering dengar kata balayage tapi kurang yakin apa yang dimaksud dengan ini? 

Balayage adalah salah satu teknik mewarnai rambut yang unik. Untuk yang tak suka berlama-lama di salon, teknik ini cenderung menghabiskan lebih sedikit waktu. Perawatannya pun tak serumit pewarnaan biasa. Anda pun tidak punya kewajiban melakukan touch up bagian akar rambut setiap bulannya.

Beberapa tahun terakhir dunia penataan rambut diramaikan dengan sejumlah teknik pewarnaan rambut. Ya, sebut saja teknik cat rambut ombre yang begitu populer dan diminati kaum hawa. Namun, selain ombre, ada juga teknik warna balayage yang tidak kalah terkenal, lho.

Bagi Anda yang kurang suka warna rambut mencolok atau menarik pusat perhatian seperti ketika mewarnai dengan teknik ombre, tren warna rambut balayage bisa menjadi alternatif yang tepat. Sayangnya, masih banyak orang awam yang tidak mengetahui lebih lanjut mengenai teknik pewarnaan yang satu ini. 

Mengenal Lebih Dalam Balayage

Balayage berasal dari bahasa Perancis yang berarti menyapukan warna. Saat pelaksanaannya, pewarna rambut disapukan dengan kuas secara vertikal pada rambut.

Tidak diketahui secara pasti kapan teknik ini muncul dan siapa yang mempopulerkan teknik ini, namun beberapa tahun belakangan balayage menjadi teknik mewarnai rambut cukup populer.

Mirip dengan higlight, teknik balayage adalah menyapukan warna pada rambut agar tercipta paduan dua atau lebih warna. Jika hasil pewarnaan highlight terlihat lebih mirip garis-garis warna yang tegas, hasil balayage menyatu lebih halus, tampak  seperti gradasi warna yang terlihat alami. Jadi jika Anda ingin warna dengan efek sun-kissed yang cantik, balayage bisa Anda pertimbanglan.

Teknik Balayage

Banyak gaya balayage diaplikasikan mulai dari seperempat bagian rambut ke bawah, dengan warna yang semakin terang pada ujung rambut. Gaya ini kebalikan dengan ombre yang menciptakan efek gradasi warna secara vertikal yang cukup tegas.

Jika Anda sebal dengan akar rambut yang tumbuh cepat sehingga harus touch up tiap bulan, balayage adalah teknik mewarnai rambut yang bisa Anda jadikan pilihan.

Teknik pewarnaan ini tergolong low maintenance karena tampilan warnanya tak akan terganggu karena proses pertumbuhan rambut yang terjadi. Itu sebabnya untuk pemula disarankan memilih perpaduan warna gelap-terang yang masih berada dalam satu kategori warna.

Highlight vs Balayage

  1. Highlight dilakukan dengan lebih hati-hati dan mengikuti pola lebih terstruktur daripada balayage. Sementara teknik balayage terkesan lebih bebas dan dilakukan dengan mengecat helaian rambut yang lebih banyak dibanding highlight. Karena itu balayage menghasilkan campuran warna yang terlihat lebih lembut dan bervolume.
  2. Teknik pengecatan rambut highlight dilakukan dari akar ke ujung rambut. Berbeda dengan balayage yang dilakukan dari bagian tengah ke ujung rambut.
  3. Jika ingin highlight yang sangat terang, pilihlah highlight foil karena teknik ini menggunakan alumunium foil untuk membuat warna tampak cerah. Sedangkan balayage memberikan tampilan sedikit lebih terang dan lebih lembut dibanding warna rambut asli serta menghasilkan efek campuran warna lebih berpadu.
  4. Highlight memerlukan perawatan lebih rumit karena teknik ini dilakukan dari akar. Jadi kalau ada akar rambut baru yang tumbuh, bersiaplah untuk mengecat ulang. Sementara perawatan rambut balayage lebih fleksibel karena teknik ini dilakukan dari bagian tengah rambut yang membuatnya terlihat lebih alami.
  5. Balayage memberi efek volume dan dimensi yang tampak lebih dalam pada rambut. Sementara highlight lebih menonjolkan keindahan perpaduan warna cat rambut dengan warna rambut asli.

Nah itu dia perbedaan antara highlight dan balayage yang perlu Anda tahu sebelum memutuskan mana metode pewarnaan yang rambut yang diinginkan. Semoga informasi ini membantu ya!