Hindari Masalah, Perhatikan Hal Ini Sebelum Melakukan Perjalanan Internasional

Rabu, 31 Januari 2024 | 09:26:00

Bulan Maghfira

Penulis : Bulan Maghfira

Hindari Masalah, Perhatikan Hal Ini Sebelum Melakukan Perjalanan Internasional

Ilustrasi Wanita. (Freepik.com)

Ladiestory.id - Bepergian ke luar negeri merupakan kesempatan menarik untuk menikmati destinasi budaya baru. Namun, menjelajahi negara asing bisa jadi satu hal yang sangat melelahkan karena ada banyak kemungkinan terjadi kesalahan, seperti salah menaruh bagasi di bandara, hingga pembatalan reservasi hotel.

Oleh karena itu, dibutuhkan perencanaan yang sangat penting untuk menjadikan liburan internasional menjadi bebas stres dan minimal kesalahan.

Melansir Travel Guard, berikut tips perjalanan bebas stres ke luar negeri.

Teliti Tujuan

Ilustrasi Wanita. (Freepik.com)

 

Langkah pertama untuk memaksimalkan rencana perjalanan internasional adalah mempelajari lebih lanjut tentang daerah tertentu yang ingin dikunjungi. Ini dapat membantu untuk memudahkan rencana perjalanan dan merasakan landmark, tur, dan acara yang wajib dikunjungi di area yang dikunjungi tersebut.

Tips umum yang harus diingat kala melakukan perjalanan internasional adalah pesan tiket dari jauh-jauh hari, bawa adaptor untuk perangkat elektronik, serta pelajari transportasi umum di daerah yang akan dikunjungi.

Prioritaskan Kesehatan dan Keamanan

Ilustrasi Wanita. (Freepik.com)

 

Tetap aman dan sehat saat bepergian ke luar negeri sangatlah penting untuk mendapatkan hasil maksimal dari liburan. Menjaga paspor dan dokumen perjalanan adalah hal yang terpenting, karena kehilangannya dapat membuat seseorang terdampar di negara asing atau tidak dapat melewati pos pemeriksaan keamanan tertentu. 

Salah satu cara terbaik untuk melindungi paspor adalah dengan mencetak salinan tambahan, sehingga dapat meninggalkan identitas asli Anda di kamar hotel dan meminimalkan risiko kehilangan atau pencurian yang tidak disengaja.

Ada baiknya juga untuk membawa obat-obatan darurat dalam tas, bersama dengan kotak P3K dan pakaian ganti, karena hal ini dapat melindungi kesejahteraan jika maskapai penerbangan kehilangan bagasi dalam perjalanan.

Antisipasi Pengeluaran

Ilustrasi Wanita. (Freepik.com)

 

Sebelum melakukan perjalanan ke luar negeri, penting untuk menyingkirkan semua kekhawatiran terkait uang yang dapat menambah tekanan yang tidak perlu pada perjalanan.  Pastikan untuk memeriksa nilai tukar mata uang dan biaya ATM untuk tujuan yang akan dikunjungi. 

Persiapkanlah beberapa mata uang lokal untuk melakukan transaksi darurat yang tidak bisa dilakukan melalui kartu kredit.