Visualisasi Keindahan Hong Kong Lewat Seni, HKTB Rangkul 18 Seniman Asia Tenggara

Selasa, 26 Juli 2022 | 14:00:00

Astri Supriyati

Penulis : Astri Supriyati

Visualisasi Keindahan Hong Kong Lewat Seni, Hktb  Rangkul 18 Seniman Asia Tenggara

Abel Brata_Hong Kong Skyline. (Special)

Ladiestory.id - Hong Kong Tourism Board (HKTB) merangkul 18 seniman dari seluruh Asia Tenggara (S.E.A) untuk menciptakan karya seni yang terinspirasi oleh ikon abadi Hong Kong. Inisiatif “Arts in HK with S.E.A artist” merupakan perpanjangan “Arts in Hong Kong” selama setahun, dengan membangkitkan kesadaran akan pengalaman seni dan budaya kota yang selalu aktif dan beragam, dan menjadikan Hong Kong sebagai pusat pertukaran seni dan budaya internasional.

Kampanye “Arts in HK with S.E.A Artists” menampilkan seniman dari Filipina, Singapura, Malaysia, Thailand, Indonesia, dan Vietnam. Koleksi karya seni mereka mencakup berbagai genre, mulai dari lukisan hingga ilustrasi digital, tembikar, bordir, hingga seni pasir.

Apriliyandi Tami_Ding Ding in Hong Kong. (Special)

“Sebagai pusat seni dan budaya internasional, Hong Kong bersemangat untuk terlibat, memelihara, dan mengembangkan generasi seniman lokal berikutnya di seluruh kawasan, sambil memberi mereka panggung untuk menunjukkan bakat mereka kepada dunia,” kata Raymond Chan, Regional Director Southeast Asia Hong Kong Tourism Board, dikutip dari press release, Selasa (26/7/2022).

Raymond Chan berharap inisiatif ini dapat membentuk dan memberdayakan seniman secara positif dalam komunitas seni lokal di wilayah tersebut.

Dinda Puspitasari_New HK Museums. (Special)

Salah satu seniman yang diajak untuk menjadi bagian dari proyek ini adalah Vina Candrawati, pelukis pasir dari Indonesia. Vina terkenal saat ia menang sebagai runner-up dalam "Indonesia Mencari Bakat 3".

“Inspirasi lukisan saya berasal dari kenangan masa kecil seperti saat menonton serial ‘Return of the Condor Heroes’ yang diperankan oleh Andy Lau dan Idy Chan. Saya menikmati banyak film Andy Lau dan melalui tayangan tersebut, saya belajar tentang budaya, gaya hidup, dan masakan populer di Hong Kong,” tutur Vina Candrawati.

Vina Candrawati_Hong Kong Through the Sands of Time. (Special)

Vina Candrawati pun mengungkap bahwa serial TV Hong Kong juga memperlihatkan pemandangan dan cakrawala yang luar biasa. Dari kenangan nostalgia tersebut, dia semakin ingin tahu lebih banyak tentang seni dan budaya di Hong Kong.

Selain Vina Candrawati, tiga seniman asal Indonesia lainnya juga turut bekerja sama dengan HKTB. Mereka adalah Abel Brata, Apriliyandi Tami, dan Dinda Puspitasari.