Hormon Progesteron: Pengertian, Fungsi, Cara Meningkatkannya

Rabu, 10 November 2021 | 00:01:00

Maria Nanda

Penulis : Maria Nanda

Hormon Progesteron: Pengertian, Fungsi, Cara Meningkatkannya

Foto: Ladiestory.id

Ladiestory.id - Progesteron sering dikaitkan dengan hormon milik kaum wanita. Hormon ini memiliki peranan yang sangat penting untuk kehamilan dan kesuburan seorang wanita.

Tak hanya itu,  hormon progesteron juga memiliki manfaat lain bagi kesehatan tubuh. Tapi sebelum itu kita ketahui lebih dalam mengenai hormon ini.

Apa Itu Hormon Progesteron?

Hormon adalah zat kimia dalam tubuh yang membantu mengoordinasikan berbagai fungsi tubuh Anda. Fungsi tubuh tersebut termasuk metabolisme, pertumbuhan, perkembangan, emosi, suasana hati, tekanan darah, tidur, hingga sistem reproduksi.

Dari sekian banyak fungsi tubuh tersebut, progesteron adalah salah satu hormon utama dalam sistem reproduksi wanita. Adapun hormon reproduksi wanita lainnya adalah estrogen, testosteron, luteinizing hormone (LH), follicle-stimulating hormone (FSH), dan oksitosin.

Fungsi Hormon Progesteron pada Wanita

Hormon progesteron diproduksi oleh kelenjar adrenal dan korpus luteum, yaitu kelenjar endokrin sementara di ovarium yang diproduksi tubuh setelah ovulasi.

Tak hanya kedua jaringan tersebut, hormon progesteron juga diproduksi oleh plasenta saat seorang wanita sedang hamil. Ini dia beragam fungsi hormon progresteron pada wanita.

1. Turut Andil dalam Siklus Menstruasi dan Pembuahan

Foto: Ladiestory.id

Di tengah siklus menstruasi, tubuh memproduksi hormon LH dan FSH untuk mendukung proses pelepasan sel telur (masa ovulasi) dari folikel ovarium.

Setelah sel telur dilepaskan, korpus luteum terbentuk dan mulai memproduksi progesteron. Pada fase ini, fungsi hormon progesteron adalah membantu mempersiapkan tubuh wanita untuk berjaga-jaga jika ada potensi kehamilan.

Progesteron bekerja dengan cara menebalkan dinding rahim (endometrium) untuk menerima sel telur yang telah dibuahi oleh sperma. Bersamaan dengan hal tersebut, progesteron juga memberi pesan pada tubuh agar tidak berovulasi.

Bila tidak ada pembuahan yang terjadi (tidak hamil), korpus luteum akan rusak dan kadar progesteron akan menurun. Perubahan ini kemudian memicu menstruasi.

2. Menjaga Kehamilan

Hormon progesteron juga turut bekerja menjaga kehamilan. Hormon ini bekerja dengan merangsang tubuh untuk menyediakan pembuluh darah di endometrium. Jaringan pembuluh darah ini berfungsi memberi makan kepada janin yang sedang tumbuh dalam rahim.

Plasenta bayi yang menempel di dinding rahim juga akan mengeluarkan hormon progesteron untuk mendukung fungsi dari korpus luteum.

3. Meningkatkan Gairah Seksual

Meningkatnya kadar hormon estrogen, testosteron, dan progesteron juga dapat meningkatkan gairah seksual wanita. Biasanya hasrat ingin berhubungan seksual wanita akan terjadi sebelum dan saat terjadi ovulasi.

Bagaimana Cara Meningkatkan Fungsi Hormon Progesteron?

Ada beberapa cara alami untuk meningkatkan hormon progesteron dalam tubuh. Misalnya:

1. Menjaga Berat Badan agar Tetap Ideal

Foto: Ladiestory.id

Kelebihan berat badan dapat menyebabkan tubuh memproduksi lebih banyak hormon estrogen. Hal ini dapat membuat kadar progesteron menjadi tidak seimbang.

2. Mengurangi Stres

Stres dapat memicu produksi hormon stres sehingga menyebabkan ginjal mengubah hormon progesteron menjadi kortisol.

3. Berolahraga Secukupnya

Olahraga dapat mengurangi tingkat stres dan menjaga berat badan. Meski demikian, melakukan olahraga secara berlebihan justru dapat memproduksi hormon stres daripada progesteron.

4. Makan Sumber Makanan Progesteron

Beberapa jenis makanan untuk meningkatkan fungsi hormon progesteron, di antaranya kacang, brokoli, kembang kol, bayam, kale, kubis, dan labu.

Inilah pengertian, fungsi hingga cara meningkatkan hormon progesteron. Semoga bermanfaat!