Ingin Membuat Pomade Sendiri? Ini Langkah Mudah Beserta Bahannya

Wednesday, 23 Jun | 12:53:49

LS Beauty

Penulis : LS Beauty

Ingin Membuat Pomade Sendiri? Ini Langkah Mudah Beserta Bahannya

Foto: Ladiestory.id

Apa itu pomade? Pomade adalah varian dari minyak rambut bagi kaum pria.

Kalangan anak muda pria merupakan yang paling senang bergaya dan paling banyak menggunakan pomade.

Pomade sendiri saat ini cukup populer memang. Oleh sebab itu, banyak pula produk-produk pomade yang telah beredar di pasaran.

Ternyata bukan hanya diinginkan seorang wanita saja untuk memiliki penampilan yang bagus dan menarik. Karena kaum adam pun bisa memiliki penampilan yang menarik dan rapi serta mengikuti tren yang ada.

Oleh sebab itu, seorang pria yang mengenakan pomade dianggap tampan dan juga bergaya.

Telah banyak pomade yang dijual di toko online maupun barber shop, baik itu produk dari lokal maupun sampai mancanegara. Harga dari pomade sendiri cukup bervariasi. Tetapi jika kamu tak ingin mengeluarkan biaya untuk membeli pomade, kamu pun juga bisa mencoba cara membuat pomade sendiri di rumah.

Cara membuat pomade pun sebenarnya cukup mudah. Sebab bahan yang akan digunakan pun cukup mudah didapatkan.

Jika kamu telah mengetahui cara membuat pomade sendiri di rumah dan hasilnya cukup memuaskan, kamu juga bisa menjadikannya sebagai bisnis. Dalam cara membuat pomade pun tak perlu keahlian ataupun keterampilan khusus.

Berikut ini merupakan proses dalam membuat pomade.

Bahan:

  • Minyak esensial

foto:ladiestory.id
Foto: Ladiestory.id
  • Double boiler

foto:ladiestory.id
Foto: Ladiestory.id
  • Beeswax atau lilin lebah murni

foto:instagram/innisfil_creek_honey
Foto: Instagram/innisfil_creek_honey
  • Minyak kelapa

foto:ladiestory.id
Foto: Ladiestory.id
  • Wadah

foto:ladiestory.id
Foto: Ladiestory.id

Langkah Membuat Pomed:

  1. Siapkan double boiler. Bila tidak ada double boiler, kamu dapat memakai panci kecil berisi air dan mangkuk logam. Isi double boiler atau panci dengan air sekitar satu inci ukuran panci lalu tunggu air mendidih.
  2. Menyiapkan bahan-bahan. Resep ini bukanlah resep yang pasti, jadi kamu dapat menyesuaikan bahan-bahan yang kamu punya. Hal ini bertujuan agar bahan sesuai dengan konsistensi pomade yang kamu inginkan dan juga seberapa besar ukuran wadah penyimpanan kamu.

Rasio dasarnya adalah satu bagian beeswax, satu tetes minyak esensial, dan satu bagian kelapa minyak. Jika kamu ingin membuat seukuran kaleng kecil, kamu bisa menggunakan 8 sendok beeswax, 8 tetes minyak esensial, dan 8 minyak kelapa.

  1. Langkah ketiga adalah dengan memasukkan beeswax ke dalam double boiler atau mangkuk logam dan tunggu sampai mencair. Setelah cair, tambahkan minyak kelapa dan minyak esensial sesuai takaran. Kamu juga bisa menambahkan minyak atsiri yang seperti peppermint, lavender, thyme, dan aroma lain yang kamu inginkan.

Aduk campuran sampai benar-benar mencair dan warnanya konsisten. Kamu bisa menggunakan pengaduk dari plastik agar sesi mengaduk adonan yang sudah cair jadi jauh lebih mudah.

  1. Tuang campuran adonan pomade ke dalam kaleng atau wadah lainnya yang sudah kamu persiapkan. Biarkan selama beberapa jam sampai dingin. Untuk wadah pomade kamu bisa beli kaleng khusus pomade di online store atau menggunakan wadah pomade yang telah habis.
  2. Setelah pomade mendingin, ini artinya pomade sudah siap untuk dipakai. Supaya tampilan pomade menjadi lebih keren dan tidak membosankan kamu bisa mencetak stiker untuk menghiasi wadah pomade. Setelah semua step diikuti, pomade telah siap digunakan.

Langkah langkah serta bahan diatas adalah hal yang diperlukan dalam membuat pomade. Sekarang kamu sudah dapat membuat pomade sendiri dengan cara yang telah tersedia.

Kamu juga dapat membuat pomade berbahan dasar shea butter dengan daya tahan sedang untuk tampilan sehari-hari yang rapi, atau pomade ringan dan lembut yang dapat menyehatkan rambut dan efektif untuk menata rambut keriting alami.

Berita Terkait