Inilah 5 Penyebab Uban Muncul di Usia Muda, Apa Aja Sih?

Senin, 26 Februari 2024 | 00:00:00

Anisah Chamalia

Penulis : Anisah Chamalia

Inilah 5 Penyebab Uban Muncul Di Usia Muda, Apa Aja Sih?

Ilustrasi Rambut Beruban. (iStock)

Ladiestory.id - Ternyata, ada beregam penyebab uban muncul di usia muda. Kira-kira apa aja ya? Buat kamu yang penasaran bisa simak pembahasannya sampai akhir!

Rambut putih atau biasa disebut uban merupakan hal yang wajar terjadi ketika memasuki usia 40 tahun ke atas. Namun, apa jadinya jika terjadi saat usia muda atau sekitar 20 tahunan? Tentu ini menjadi mengganggu bukan?

Saat ini banyak kasus masalah uban yang mulai terjadi di usia muda. Tak ayal, banyak yang mengeluhkan karena membuat penampilan menjadi kurang sempurna. Bahkan, menurunkan rasa percaya diri. 

Uban sendiri disebabkan oleh kondisi folikel rambut yang tidak menghasilkan  cukup melanin. Hal ini terjadi di area sel pigmen yang ketika tidak terpenuhi akan mem masalah perubahan warna rambut menjadi putih atau keabu-abuan. 

Meski beigitu, dilansir dari healthshots.com ada beberapa penyebab uban muncul di usia muda yang bisa kamu ketahui. Hal ini tentunya akan membantumu untuk mendapatkan penanganan yang tepat. 

1. Faktor Keturunan

Ilustrasi Rambut Beruban. (iStock)

 

Penyebab uban muncul di usia muda yang pertama adalah faktor keturunan. Tak hanya berkaitan dengan ciri fisik  yang berasal dari faktor keturunan. 

Namun, juga faktor seperti uban bisa menjadi salah satunya. Hal ini sayangnya sering terlupakan bagi sebagian orang. 

Sebuah studi pada tahun 2016 menemukan bahwa beberapa orang keturunan Eropa, penduduk asli Amerika maupun Afrika ditemukan memiliki gen yang bertanggung jawab atas 30% kemungkinan uban yang muncul. Hal ini semakin lebih banyak ditemukan pada orang-orang yang memiliki warna rambut terang. 

2. Faktor Hormon

Ilustrasi Pemeriksaan Hormon. (iStock)

 

Tubuh manusia kerap mengalami berbagai kondisi yang merubah hormon. Terutama, ketika mengalami masa pubertas, kehamilan maupun menopause. 

Hal ini ternyata dapat mempengaruhi masalah pigmentasi rambut. Adanya fluktuatif atau peningkatan hormon perangsang melanosit serta kortisol dapat menyebabkan terjadinya masalah rambut putih. 

3. Kebiasaan Merokok

Ilustrasi Tidak Merokok. (iStock)

 

Penyebab uban muncul di usia muda berikutnya yaitu kebiasaan merokok. Tak hanya mempengaruhi kualitas kesehatan.

Ternyata kebiasaan merokok bisa menjadikan penuaan dini muncul lebih cepat. Salah satunya, dalam bentuk rambut uban. Mengapa begitu?

Sebuah penelitian pada tahun 2013 menemukan bahwa seseorang yang merokok secara intens memiliki resiko pertumbuhan uban yang lebih banyak sebelum memasuki usia 30 tahun. Hal ini dikarenakan kandungan nikotin maupun racun berbahaya lainnya dalam rokok dapat mengganggu proses alami khususnya alat produksi melanin. 

4. Tingkat Stress yang Berlebih

Ilustrasi Stres Pekerjaan. (iStock)

 

Apakah kamu tengah mengalami rambut uban yang muncul tiba-tiba? Jika iya, bisa jadi hal tersebut karena tingkat stress yang berlebih. 

Hasil penelitian menemukan bahwa stres menjadi salah satu penyebab dini rambut putih yang muncul. Hal ini dikarenakan sel induk melanosit berkurang dan menjadikan adanya kesulitan proses pewarnaan rambut. 

Bahkan, sebuah percobaan menggunakan tikus. Para peneliti menemukan seekor tikus yang stres lebih banyak memiliki sel induk melanosit di folikel di rambutnya. 

Hal ini kemudian menjadikan pigmen yang dihasilkan melanosit semakin sedikit. Tak ayal, kamu akan sering melihat seseorang yang kerap stres lebih banyak tumbuh uban di rambutnya. 

5. Penggunaan Produk Perawatan Kimia

Ilustrasi Produk Perawatan Rambut. (iStock)

 

Penyebab uban muncul di usia muda terakhir adalah penggunaan produk perawatan kimia. Ketika kamu terlalu sering menggunakan produk dengan bahan kimia yang keras seperti produk bleaching atau pewarna rambut. 

Maka, hal tersebut dapat merusak batang rambut serta mempengaruhi melanosit. Hasilnya rambut akan terus terpapar bahan kimia secara terus menerus dan menyebabkan rambut menjadi putih. 

Alhasil, produksi pigmentasi warna hitam alami pada rambut terganggu. Kamu pun akan menemukan beberapa helai rambut yang mulai memutih. 

Itulah tadi deretan penyebab uban muncul di usia muda yang perlu kamu ketahui. Semoga, informasi ini bermanfaat ya! (*)

 

SUMBER BERITA:

https://www.healthshots.com/beauty/hair-care/white-hair-causes/