Inilah Cara Memperkuat Persahabatanmu, Hanya 5 Langkah Mudah Lho!

Rabu, 13 Desember 2023 | 00:00:00

Anisah Chamalia

Penulis : Anisah Chamalia

Inilah Cara Memperkuat Persahabatanmu, Hanya 5 Langkah Mudah Lho!

Ilustrasi Persahabatan. (iStock)

Ladiestory.id - Apakah kamu tengah merasakan hubungan pertemanan yang renggang? Kamu pun telah lama tidak bertemu dengan bukan? Ternyata, ada lho cara memperkuat persahabatanmu dengan lima langkah yang mudah.

Pertemanan merupakan hubungan antara satu individu dengan lainnya yang membentuk konektivitas. Alhasil, menjadikan seseorang saling menunjukkan loyalitas dan kesetiaan. 

Sayangnya, seiring bertambahnya usia dan berbagai macam faktor menjadikan persahabatan berubah renggang dan bahkan putus total. Apalagi, sejak pandemi manusia diharuskan membuat jarak kontak untuk mencegah penularan. Tentunya, hal ini menjadikan komunikasi dan hubungan pertemanan juga menjadi kurang intensif bukan?

Nah, bagi kamu yang tengah merindukan sosok teman atau sahabat. Namun, bingung untuk memulai membangun dan memperkuatkan hubungan kalian. Maka, artikel ini akan membantumu untuk menemukan solusi terbaik. Penasaran kan, apa aja sih emangnya?

Daripada berlama-lama mendingan langsung aja yuk simak deretan cara memperkuat persahabatanmu dengan lima langkah yang mudah berikut ini;

Utamakan Persahabatan Terdekat

Ilustrasi Persahabatan. (iStock)

 

Cara memperkuat persahabatanmu dengan lima langkah yang mudah di urutan pertama adalah menggunakan lingkungan terdekat. Kamu tentu memiliki beberapa tipe pertemanan bukan? 

Mulai dari teman sekolah, kerja maupun di lingkungan sekitar rumah. Tentunya, diantara beragam pertemanan tersebut ada yang paling dekat dengan mu bukan?

Misalnya, mereka yang selalu menemanimu dalam berbagai momen atau orang yang paling sering kamu hubungi ketika merasa kesepian. Nah, teman semacam inilah yang perlu untuk kamu jaga dan temui.

Kamu bisa untuk senantiasa menjaga komunikasi baik sekedar bertanya kabar atau saling berkirim kabar bahagia. Kamu juga dapat memberikan kejutan atau hampers kecil pada momen tertentu untuk meningkatkan dan menjaga kualitas pertemanan.

Jaga Konsistensi Komunikasi

Ilustrasi Berbincang dengan Sahabat. (iStock)

 

Sebuah hubungan seperti pertamanan tentu akan terus terawat melalui kebiasaan kecil yang mungkin bagi kamu lakukan adalah menjaga konsistensi komunikasi. Pada tahap ini kamu tidak perlu harus berincang setiap hari. 

Namun, kamu bisa nih untuk mencoba membuat agenda khusus misalnya tiap minggu atau bulan maupun setiap tahunnya. Buatlah rencana dimana kamu dan sahabat bisa meluangkan waktu bersama dan melakukan percakapan intens. 

Misalnya, kamu bisa mengadakan perjalanan ke luar negeri yang singkat dan menyenangkan. Bahkan, juga bisa sekedar bertemu di kedai kopi favoritmu atau baru untuk menikmati sajian sedapnya.

Lakukan Obrolan Intens

Ilustrasi Obrolan Persahabatan. (iStock)

 

Bagi sebagian dari kamu untuk melakukan obrolan yang intens bisa menjadi salah salah hal yang sulit. Namun, ternyata ini adalah cara memperkuat persahabatanmu dengan lima langkah yang mudah.

Kamu tidak harus langsung mengajukan pertanyaan spesifik. Namun, kamu bisa memulainya dengan menggunakan sebuah kartu permainan yang berisi pertanyaan-pertanyaan baik yang menyenangkan maupun serius. 

Melalui permainan ringan tersebut kamu dan sahabat pun bisa senantiasa terhubung dengan cara yang menyenangkan namun mendalam. Selain itu, cara ini juga mencegah terjadinya tekanan pada seosng yang perlu menjawab dan menjadikan satu sama lain merasa nyaman. Menarik, bukan?

Selalu Ciptakan Memori Baru

Ilustrasi Momen Persahabatan. (iStock)

 

Kapan terakhir kali kamu san sahabat melakukan foto bersama di sudi atau sekedar photobox? Kamu bisa melakukannya kembali di masa kini untuk menciptakan memori baru. 

Hal ini pun akan membantumu dan sahabat senantiasa terhbung dn terjaga hububanya. Selain itu, kamu juga bisa melakukan aktivitas menyenangkan seperti melakukan hiking atau sekedar kegiatan outbound menyenangkan.
Kegiatan semacam ini pun bisa kamu lakukan saat masih single maupun sudah berkeluarga. Sebab, pilihan kegiatan yang menyenangkan ini bisa meningkatkan bounding sekaligus hubungan senantiasa erat. Kamu juga bisa menjadikan hal semacam ini sebagai ritual wajib yang dilakukan baik dalam kurun waktu tertentu atau pada hari spesial bagi persahabatanmu. 

Jangan Lupa Berikan Pujian

Ilustrasi Hadiah Persahabatan. (iStock)

 

Cara memperkuat persahabatanmu dengan lima langkah yang mudah yang terakhir adalah dengan senantiasa memberikan pujian. Siapa sangka, pujian maupun kata positif ternyata bisa memberikan efek bagi seseorang menjadi lebih baik atau bahagia lho. 

Nah, dalam sebuah persahabat kamu juga perlu untuk memberikan pujian atau hadiah. Misalnya, sahabatmu berhasil melakukan sesuatu yang luar biasa. Jangan lupa untuk memujinya atau sekedar memberikan hadiah kecil. Sebab, hal ini bisa membantu hubungan menjadi lebih erat dan menjadi wadah untuk mencurahkan perasaan bangga satu sama lain. 

Tentunya, persahabatan yang baik perlu dibandun dari konsitensi dan komunikasi yang baik. Jadi, tak ada salahnya untuk memulainya dari sekarang. Jangan lupa, ajak sahabatmu dan semoga tips ini bermanfaat untukmu. Selamat mencoba! (*)