Jadi Menu Sarapan? 5 Manfaat Mengonsumsi Es Krim di Pagi Hari

Senin, 27 Juni 2022 | 00:01:00

Gendis Ayu

Penulis : Gendis Ayu

Jadi Menu Sarapan? 5 Manfaat Mengonsumsi Es Krim Di Pagi Hari

Makanan Penyebab Kesemutan (Special)

Ladiestory.id - Kebanyakan orang tua akan melarang anaknya jika ingin makan es krim di pagi hari. Pasalnya, cuaca yang masih dingin dapat membuat anak menjadi flu. Namun rupanya, persepsi turun-temurun itu salah. Justru sebaliknya, mengonsumsi es krim di pagi hari memberikan sejumlah manfaat yang baik untuk kesehatan.

Membangkitkan Mood Seharian

Iluatrasi perempuan bahagia. (Special)

Mengonsumsi makanan manis memang identik dengan membangkitkan mood. Hal ini berlaku pula untuk coklat dan es krim. Namun, kerap kali orang tua melarang Kamu minum es krim di pagi hari. Pasalnya, kebiasaan ini akan membuat Kamu batuk dan pilek jika mengonsumsi minuman dingin di pagi hari.

Nyatanya, mengonsumsi es krim di pagi hari mampu membangkitkan mood seharian. Bahkan, penjelasan ilmiah pun mengungkapkan, es krim menjadi pelipur lara bagi siapa pun yang mengonsumsinya. Saat mengonsumsi es krim, maka hormon serotonin akan diproduksi oleh tubuh. Diketahui, hormon serotonin merupakan hormon yang bisa membuat diri lebih bahagia.

Meningkatkan Kewaspadaan dan Kinerja Mental

Ilustrasi berpikir. (Special)

Mengonsumsi es krim di pagi hari mampu meningkatkan kewaspadaan. Selain itu, mengonsumsi es krim juga mampu meningkatkan kinerja mental. Hal ini pun telah disebutkan melalui sebuah penelitian dari Kyorin University di Tokyo, Jepang. Penelitian tersebut dilakukan oleh Prof. Yoshihiko Koga dan timnya.

Tim Prof. Yoshihiko menganalisis hasil uji klinis. Mereka melakukan penelitian terhadap berbagai jenis makanan dan minuman yang dikonsumsi di pagi hari. Setelah itu,  mereka mengukur aktivitas otak.

Tak disangka, makanan beku termasuk es krim mempunyai efek kebangkitan pada otak. Dituliskan seusai mengonsumsi es krim, subjek penelitian menunjukkan kewaspadaan yang lebih tinggi. Selain itu subjek penelitian pun akan mengalami respons otak yang lebih cepat. Bahkan, es krim mampu membangkitkan gelombang alfa frekuensi tinggi.

Gelombang tersebut berfungsi untuk menghubungkan antara pikiran sadar dan bawah sadar. Hal ini akan bertanggung jawab terhadap ketegangan dan relaksasi.

Meredakan Gejala Flu

Ilustrasi sinusitis. (Special)

Baik sedang flu atau tidak, masih banyak orang memiliki pemikiran mengonsumsi es krim akan membuat pilek dan batuk. Namun mengejutkannya, mengonsumsi es krim di pagi hari justru membantu meredakan gejala flu. Pada dasarnya, es krim merupakan makanan yang menggunakan bahan dasar susu. Hal ini justru disarankan bagi penderita pilek dan flu.

Selain itu, es krim memiliki tekstur yang lembut. Sehingga, mampu mengurangi sakit tenggorokan. Bahkan, mengonsumsi es krim di pagi hari dapat mengurangi dehidrasi. Tak hanya itu, namun es krim juga bisa menjadi asupan kalori yang hilang lantaran tak nafsu makan.

Sumber Energi

Ilustrasi imun kuat. (Special)

Sarapan menjadi suatu hal penting dilakukan untuk menjadi sumber energi. Namun, banyak orang malas makan di pagi hari disebabkan oleh banyak faktor. Jika memang malas atau pun tidak sempat, Kamu bisa sarapan dengan es krim. Dilansir SF Gate, satu es krim memiliki kira-kira 15 gram karbohidrat.

Terlebih, es krim juga memiliki kandungan protein dan lemak yang memang dibutuhkan tubuh saat pagi hari. Sementara U.S. Department of Agriculture mencatatkan satu setengah cangkir es krim vanila memiliki kandungan 137 kkal energi.

Jumlah ini setara dengan dua kali lipat susu murni dalam takaran saji yang sama. Namun, memang orang yang sedang melakukan program diet tidak dianjurkan sarapan es krim. Alih-alih mengurangi berat badan, mengonsumsi es krim justru membuat Kamu akan semakin gendut. Sebaliknya, es krim menjadi pilihan yang tepat dikonsumsi bagi orang yang ingin menaikan berat badan.

Menjaga Kekuatan Tulang dan Gigi

Ilustrasi gigi putih. (Special)

Kata orang tua, mengonsumsi es krim secara berlebihan dapat merusak gigi. Namun nyatanya, mengonsumsi es krim di pagi hari dapat membuat gigi menjadi kuat. Hal ini disebabkan es krim berbahan dasar susu. Sementara susu identik dengan kandungan kalsium. Nah, kalsium inilah yang menjadikan gigi semakin kuat. Pasalnya, tubuh tidak bisa secara alami memproduksi kalsium.

Selain itu, kalsium juga diperlukan untuk menjaga kekuatan tulang. Sehingga mengonsumsi es krim di pagi hari sama saja dengan menjaga kekuatan tulang.

s