Jadi Mitra Resmi Belanja Online Harbolnas 2023, Lazada Berikan Subsidi Promo Hingga 50%

Minggu, 3 Desember 2023 | 13:00:00

Irma Fauzia

Penulis : Irma Fauzia

Jadi Mitra Resmi Belanja Online Harbolnas 2023, Lazada Berikan Subsidi Promo Hingga 50%

Seller Redshroom, Salah Satu Penjual di Lazada

Ladiestory.id - Lazada Indonesia (Lazada) menjadi mitra belanja online resmi dalam gelaran Hari Belanja Online Nasional atau Harbolnas 2023 yang diselenggarakan Asosiasi E-Commerce Indonesia (Indonesian E-Commerce Association – idEA) dan didukung Kementerian Perdagangan Republik Indonesia. Harbolnas yang biasanya jatuh pada tanggal 12 Desember (12.12) adalah festival belanja akhir tahun yang selalu ditunggu masyarakat Indonesia. Pelaku usaha biasanya berbondong-bondong memberikan penawaran menarik untuk para pelanggan, dengan berbagai diskon dan promosi lainnya.

Sebagai salah satu pelopor terbentuknya Harbolnas yang dimulai sejak 12 tahun silam, Lazada mendukung penuh gelaran Harbolnas agar selalu menjadi momentum pelaku usaha untuk mendapatkan keuntungan berlipat. Sebaliknya bagi konsumen, Harbolnas menjadi kesempatan untuk bisa mendapatkan barang impian dengan harga terbaik.  

Seller Infarm, Salah Satu Penjual di Lazada

 

CEO Lazada Indonesia James Chang menyatakan, “Dukungan penuh Lazada terhadap Harbolnas 2023 menjadi bentuk penguatan komitmen kami dalam mendukung peningkatan daya saing penjual produk lokal Indonesia.

Kami berharap momentum Harbolnas bisa menjadi ajang bagi para penjual lokal untuk meningkatkan penjualan dan menggerakkan perekonomian digital Indonesia. Tentunya kami sudah sangat siap memberikan dukungan bagi para penjual lokal dalam festival belanja online terbesar di Indonesia ini melalui beragam program, fitur, dan teknologi yang kami miliki di platform Lazada.”  

Dalam gelaran Harbolnas 2023 yang akan berlangsung selama tiga hari pada 10, 11, dan 12 Desember 2023, selain mendukung terselenggaranya Harbolnas secara luas, Lazada juga memberikan subsidi promo hingga 50% bagi pelaku usaha lokal di platform Lazada yang berpartisipasi. Dengan subsidi tersebut, pelanggan Lazada bisa mendapatkan promo hingga 80%, ditambah dengan gratis ongkos kirim dari Lazada.  

Sebagai penyelenggara Harbolnas, idEA pun menyatakan optimismenya akan kesuksesan acara pesta diskon tahunan ini. Ketua Umum Asosiasi E-Commerce Indonesia (idEA) Bima Laga mengatakan,“Harbolnas tahun ini menjadi istimewa karena untuk pertama kalinya akan dilaksanakan selama tiga hari. Ini berarti kesempatan lebih besar bagi pelaku usaha untuk membuktikan kualitas produknya dan mendapatkan pangsa pasar yang lebih luas.

Seller Seni Rattan, salah satu penjual di Lazada

 

Bima menambahkan, penyelenggaraan Harbolnas 2023 menjadi salah satu bentuk komitmen industri eCommerce pada upaya mendorong peningkatan penjualan produk lokal. “Ada diskon khusus yang lebih besar kami siapkan untuk produk lokal.”

Sebelum berlangsungnya Harbolnas, sejak awal November, Lazada bersama dengan idEA mengadakan beberapa lokakarya untuk mempersiapkan para pelaku usaha lokal yang berada di bawah naungan idEA untuk menghadapi Harbolnas dan mengedukasi pelaku usaha untuk memaksimalkan penjualan selama Harbolnas.  

Kementerian Perdagangan Republik Indonesia juga memberikan dukungan penuh terhadap pelaksanaan Harbolnas tahun ini. Menteri Perdagangan Republik Indonesia Zulkifli Hasan menegaskan pentingnya pengembangan produk lokal dalam meningkatkan perekonomian digital di Indonesia.

“Kami memandang upaya pemberdayaan pelaku usaha lokal seperti Harbolnas ini sebagai kontribusi penting dalam pertumbuhan ekonomi Indonesia. Sudah saatnya produk lokal Indonesia mendapatkan perhatian dan bisa mendominasi pasar Indonesia, serta nantinya pasar regional dan global. Kami mendorong setiap pihak untuk mendukung pelaksanaan Harbolnas serta mengajak konsumen untuk berpartisipasi dan berbelanja dalam acara tahunan besar ini,” ungkap Zulkifli.  

 

Komitmen Lazada untuk terus berdayakan pelaku usaha lokal Indonesia

Pemberdayaan pelaku usaha lokal selalu menjadi fokus Lazada melalui Gerakan Akselerasi Karya Rakyat (AKAR) Digital Indonesia. Gerakan yang diluncurkan pada tahun 2021 lalu dan dijalankan melalui kerja sama dengan pemerintah pusat dan pemerintah daerah ini berfokus pada peningkatan daya saing bisnis lokal Indonesia, peningkatan literasi ekonomi digital untuk konsumen, serta pengembangan infrastruktur ekonomi digital, khususnya infrastruktur logistik.  

Untuk peningkatan kompetensi usaha lokal, berbagai pelatihan untuk pelaku usaha telah dan akan terus dilaksanakan Lazada. Tim trainer Lazada juga secara rutin menggelar pelatihan kepada insan vokasi, baik untuk guru maupun siswa, melalui Training of Trainer yang dilaksanakan di beberapa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Jawa Barat beberapa waktu lalu.  

Untuk brand lokal, Lazada telah mendukung pagelaran Jakarta Fashion Week (JFW) yang menampilkan desainer lokal berbakat dukungan Lazada selama empat tahun berturut-turut, sejak tahun 2019 hingga 2022. Lazada menampilkan karya-karya desainer dan brand lokal melalui fashion show di JFW dan menerapkan teknologi See Now Buy Now di platform Lazada untuk memudahkan pencinta fesyen untuk langsung membeli produk yang mereka lihat di fashion show yang disiarkan secara livestream.  

Seluruh upaya ini menjadi bagian dari komitmen Lazada untuk terus mengembangkan pelaku usaha lokal dalam perekonomian digital. “Kami akan terus memberikan dukungan kepada para pelaku usaha di Indonesia untuk mengembangkan bisnisnya di ekosistem Lazada, sesuai dengan misi kami untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi digital di Indonesia melalui perdagangan dan teknologi,” tutup James.