Jadi Pilihan Sandra Dewi, Intip Manfaat Ikan Kembung bagi Kesehatan Anak

Senin, 20 Maret 2023 | 19:16:00

Anisah Chamalia

Penulis : Anisah Chamalia

Jadi Pilihan Sandra Dewi, Intip Manfaat Ikan Kembung Bagi Kesehatan Anak

Ilustrasi ikan kembung. (Special)

Ladiestory.id - Aktris Sandra Dewi tengah menjadi perbincangan masyarakat lantaran dirinya menjadikan ikan kembung sebagai pilihan asupan nutrisi sang buah hati. Diketahui ikan kembung memiliki banyak kandungan protein yang sangat tinggi. 

Tak hanya itu, ikan kembung juga menyimpan asam lemak omega 3 dalam ikan jenis yang dipercaya mampu membantu tumbuh kembang anak secara optimal. Tak hanya itu, ikan kembung juga menyimpan vitamin seperti B1, B2, B3, B6, B12 dan D. Nutrisi ini pun mampu menjaga kesehatan selalu dalam keadaan optimal. 

Nah, bagi kamu yang ingin mencoba ikan kembung sebagai asupan si kecil. Yuk, simak ulasan manfaat ikan kembung bagi kesehatan anak berikut ini. 

Bantu Jaga Kesehatan Jantung 

Ilustrasi Kesehatan Jantung. (Special)

 

Manfaat ikan kembung bagi kesehatan anak yang pertama yaitu membantu jaga kesehatan jantung. Hal ini dikarenakan adanya sumber protein berupa asam lemak omega-3 serta lemak total serta lemak jenuh yang rendah.  Kandungan ini juga membantu menjaga kesehatan jantung serta terhindar dari terjadinya sumbatan di area tersebut. Ikan kembung juga dapat menurunkan risiko terjadinya komplikasi penyakit jantung seperti stroke, aterosklerosis, hingga serangan jantung.

Bantu Lancarkan Sirkulasi Darah

Ilustrasi sirkulasi darah lancar. (Special)

 

Ikan kembung juga dapat membantu melancarkan sirkulasi darah anak. Terutama ketika memberikan sajian ikan kembung secara teratur. Pada masa awal pertumbuhan si kecil tentunya akan terjadi beberapa perubahan konstan. Nah, dengan memberikan ikan kembung kamu dapat membantu memastikan sirkulasi darah si buah hati berjalan lancar. 

Bagi kamu yang sering menderita anemia atau memiliki buah hati yang mengidap anemia. Ikan kembung dapat menjadi solusi untuk membantu permasalahan ini. Sebab, di dalam ikan kembung mengandung zat besi serta vitamin B12. Dua kandungan nutrisi ini mampu mencegah terjadinya anemia secara efektif. 

Tingkatkan Kekuatan Tulang Serta Gigi

Anak sakit gigi. (Special)

 

Manfaat ikan kembung bagi kesehatan anak selanjutnya yaitu meningkatkan kekuatan tulang serta gigi. Penyebab ini dikarenakan adanya adanya kandungan kalsium, selenium, potasium serta magnesium. Kandungan inilah yang meningkatkan kekuatan struktur tulang serta gigi anak. 

Tak hanya itu, ikan kembung juga memiliki kandungan vitamin D yang mampu memaksimalkan absorpsi kalsium. Sehingga, baik bagi kesehatan gigi, membuat gigi anak menjadi lebih kuat di masa pertumbuhannya. Ketika kebutuhan vitamin D tubuh terpenuhi maka penyerapan kalsium serta fosfor mampu menjaga kesehatan tulang dengan maksimal. 

Tingkatkan Kekebalan Tubuh

Ilustrasi kesehatan anak. (Special)

 

Ikan kembung juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh si kecil. Manfaat ini dapat dirasakan si kecil ketika mengkonsumsi ikan kembung secara teratur.  Sebab, seorang anak yang mengkonsumsi ikan kembung secara teratur dapat memiliki kekebalan terhadap infeksi virus serta bakteri.

Hal tersebut dikarenakan adanya kandungan asam lemak omega-3 yang terdapat pada ikan kembung. Kandungan ini yang berfungsi sebagai anti peradangan. Tak hanya itu, kandungan koenzim Q10 pada ikan kembung juga dapat melindungi sel tubuh dari berbagai kekuasaan yang memicu  terjadinya kanker serta meningkatkan kapasitas tubuh untuk melawan infeksi serta membuat luka lebih cepat sembuh.

Turunkan Berat Badan

Ilustrasi berat badan. (Special)

 

Manfaat ikan kembung bagi kesehatan anak yang terakhir yaitu untuk menurunkan berat badan. Hal tersebut dikarenakan kandungan lemak serta protein baik yang mampu mengontrol serta menurunkan kadar ghrelin dalam tubuh. Sebagai informasi, ghrelin merupakan salah satu hormon yang mampu meminum rasa lapar hingga terjadi peningkatan rasa ingin makan. 

Kandungan lemak tak jenuh di dalamnya juga dapat menurunkan risiko diabetes tipe 2. Namun, untuk mendapatkan manfaatnya secara maksimal kamu juga perlu menerapkan gaya hidup sehat hingga pencegahan diabetes lainnya.