Jaga Daya Tahan Tubuh, Ini 5 Tips Berpuasa Saat Cuaca Panas

Minggu, 31 Maret 2024 | 00:00:00

KD Mumpuni

Penulis : KD Mumpuni

Jaga Daya Tahan Tubuh, Ini 5 Tips Berpuasa Saat Cuaca Panas

Ilustrasi Puasa Saat Cuaca Panas.(Canva)

Ladiestory.id - Cuaca panas saat berpuasa dapat menjadi tantangan ekstra bagi banyak orang, terutama karena puasa itu sendiri telah menguras energi tubuh.  Cuaca panas dapat menyebabkan berbagai dampak pada kesehatan dan kegiatan sehari-hari manusia. Cuaca panas terjadi ketika sinar matahari secara langsung mencapai permukaan bumi. Posisi matahari yang lebih tinggi di langit, seperti pada musim panas, menyebabkan sinar matahari jatuh secara lebih vertikal dan menghasilkan pemanasan yang lebih besar.

Cuaca panas biasanya terjadi saat curah matahari tinggi, yaitu saat langit cerah dan minim awan yang memantulkan sinar matahari kembali ke atmosfer. Kelembaban udara juga berpengaruh pada sensasi panas. Pada cuaca panas yang lembab, udara terasa lebih panas karena kelembaban membuat proses penguapan keringat menjadi lebih sulit.

Kenapa akhir - akhir ini sangat panas?

Menurut Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), suhu panas yang meningkat akhir-akhir ini disebabkan oleh minimnya pertumbuhan awan dan perubahan kondisi dinamika atmosfer. Selain itu, kondisi suhu panas ini dipicu oleh fenomena El Nino.

Cuaca panas dapat menyebabkan tubuh kehilangan cairan lebih cepat, sehingga sangat penting untuk tetap terhidrasi selama berpuasa. Pastikan untuk minum air putih dalam jumlah yang cukup saat berbuka puasa dan sahur. Hindari minuman yang mengandung kafein atau gula berlebihan karena dapat menyebabkan dehidrasi. Namun, ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi cuaca panas saat berpuasa dan tetap menjaga kesehatan serta kenyamanan selama bulan Ramadhan.

1. Konsumsi Makanan yang Mengandung Air Tinggi

Ilustrasi Makanan yang Mengandung Air Tinggi.(Canva)

 

Pilihlah makanan yang mengandung air tinggi seperti buah-buahan segar (semangka, mentimun, stroberi) dan sayuran hijau (mentimun, selada) untuk membantu menjaga kecukupan cairan tubuh. Makanan ini juga mengandung elektrolit alami yang membantu menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh.

2. Menghindari Makanan Berat dan Berlemak saat Sahur

Ilustrasi Makanan yang Mengandung LemakTinggi.(Canva)

 

Makanan yang ringan dan mudah dicerna untuk sahur, terutama saat cuaca panas. Makanan berat dan berlemak dapat membuat tubuh terasa lebih panas dan membuat kamu merasa lebih lelah selama berpuasa.

3. Mengonsumsi Buah-buahan Segar saat Berbuka Puasa

Ilustrasi Buah Segar.(Canva)

 

 

Buah-buahan segar yang mengandung air tinggi adalah pilihan yang baik untuk dibuka puasa karena dapat membantu mengembalikan cairan tubuh yang hilang dan memberikan energi yang dibutuhkan setelah berpuasa seharian.

4. Memilih Pakaian yang Tepat

Ilustrasi Mengendurkan Pakaian. (iStock)

 

 

Pilihlah pakaian yang longgar, berbahan katun, dan berwarna terang untuk membantu tubuh tetap dingin dan memudahkan sirkulasi udara. Hindari pakaian berbahan sintetis atau berwarna gelap yang dapat menyerap panas lebih banyak.

5. Menghindari Paparan Langsung Matahari

Ilustrasi Menghindari Paparan Langsung Matahari.(Canva)

 

 

Jika memungkinkan, hindari berada di luar ruangan terlalu lama saat cuaca panas, terutama saat siang hari. Jika kamu harus keluar rumah, gunakan pelindung seperti payung atau topi yang lebar untuk melindungi diri dari paparan langsung matahari. Dalam menghadapi cuaca panas seperti saat ini adalah dengan rutin minum dan tidak menunggu haus, menggunakan sunscreen minimal SPF 30, hingga meminimalisir kegiatan seperti olahraga dan bermain di luar ruangan.

Dengan mengikuti tips-tips di atas, kamu dapat mengatasi cuaca panas saat berpuasa dengan lebih nyaman dan tetap menjaga kesehatan serta kenyamanan tubuh kamu selama bulan Ramadhan. Jika kamu mengalami tanda dehidrasi segera hentikan aktivitas fisik dan istirahat. Ketika waktu berbuka tiba, segera minum air putih untuk menggantikan cairan yang hilang. Hindari minuman berkafein atau berkarbonasi karena dapat meningkatkan risiko dehidrasi.