Jakarta Movin Tampilkan "Reuni Nestapa: Cita-cita Dibalas Realita" Dengan Sentuhan Komedi

Senin, 23 Oktober 2023 | 00:00:00

Irma Fauzia

Penulis : Irma Fauzia

Jakarta Movin Tampilkan "Reuni Nestapa: Cita-Cita Dibalas Realita" Dengan Sentuhan Komedi

Drama Komedi Musikal oleh Jakarta Movin. (Special)

Ladiestory.id - Galeri Indonesia Kaya, di akhir pekan ini menghadirkan Drama Komedi Musikal bertajuk “Reuni Nestapa: Cita-Cita Dibalas Realita”. Drama komedi musikal yang dibawakan oleh salah satu komunitas teater Tanah Air yang anggotanya didominasi oleh anak muda, yaitu Jakarta Movin ini  mengisahkan tentang kehidupan manusia dengan kegagalannya. 

“Senang sekali sore hari ini Jakarta Movin dapat menghibur para penikmat seni di Auditorium Galeri Indonesia Kaya, sembari terus meningkatkan kualitas produksi dan bereksplorasi secara kreatif.

Dalam produksi Drama Komedi Musikal “Reuni Nestapa: Cita-Cita Dibalas Realita” ini, kami juga memberikan kesempatan bagi talenta muda kami untuk memulai kiprahnya sebagai kreator.

Melalui pertunjukan ini, kami ingin mengajak para penikmat seni untuk menyaksikan kisah lucu dan mengharukan tentang bagaimana impian masa muda bertemu dengan realita kehidupan yang penuh dengan kejutan.

Kisah yang menjadi sebuah realita dan dekat dengan masyarakat. Kami harap pertunjukan pada sore hari ini tidak hanya memberikan hiburan, namun dapat memberikan pesan moral bagi para penikmat seni,” ujar Nuya selaku Pendiri Jakarta Movin.

Drama Komedi Musikal oleh Jakarta Movin. (Special)

 

Pertunjukan ini merupakan karya original dari Nada Novia dan Urip Waluyo yang sebelumnya merupakan cast di Teater Musikal Cek Toko Sebelah 2022 lalu. Selama kurang lebih 60 menit, penikmat seni dihibur dengan kisah seorang pemuda bernama Agus yang bercita-cita ingin menjadi aktor seperti Reza Rahadian.

Agus memiliki  sosok sahabat dan pendukung nomor satu, yaitu Tuti, perempuan yang belum menemukan tujuan dalam hidupnya. Dengan perbedaan sifat, latar belakang, dan keinginan mereka, Agus dan Tuti akan melewati perjalanan pendewasaan mereka masing-masing.

Drama Komedi Musikal oleh Jakarta Movin. (Special)

 

“Jakarta Movin kerap menghadirkan berbagai pertunjukan menarik bagi para penikmat seni, terutama generasi muda dengan berbagai cara. Salah satunya dengan  mementaskan dan mengemas kembali kisah yang sukses di layar lebar ke dalam format teater musikal di atas panggung seni pertunjukan, serta mengadakan audisi terbuka pada setiap produksi besar untuk memberikan kesempatan bagi para talenta muda berpotensi untuk memulai kiprahnya di industri seni pertunjukan.

Drama Komedi Musikal oleh Jakarta Movin. (Special)

 

Inovasi yang mereka lakukan menarik banyak masyarakat dan melahirkan banyak generasi muda yang mulai mencintai dunia seni pertunjukan. Hari ini, Jakarta Movin hadir  di panggung Auditorium Galeri Indonesia Kaya dengan kisah kehidupan yang tak kalah menarik dengan pesan positif bagi para penikmat seni.

Drama Komedi Musikal oleh Jakarta Movin. (Special)

 

Semoga penampilan mereka hari ini dapat meningkatkan minat para penikmat seni dengan dunia seni pertunjukan serta melahirkan pecinta seni baru,” ungkap Renitasari Adrian, Program Director Galeri Indonesia Kaya.  

Jakarta Movin berdiri sebagai sebuah komunitas seni pertunjukan pada tahun 2014 dengan tujuan sederhana yaitu menjadi wadah kreatif bagi pemuda untuk bersatu dalam format karya kesenian yang paling kolaboratif, mengandung unsur musik, tari, keaktoran, penulisan, desain, serta manajemen dan teknis yang menantang, yaitu teater musikal.

Kini Jakarta Movin terus bergerak menjadi salah satu kelompok terdepan di industri teater musikal Indonesia, khususnya melalui karya-karya kolaborasi lintas industri, diantaranya pada Musikal Petualangan Sherina yang sold out sebanyak tiga kali musim pemanggungan di tahun 2017, 2018, dan 2022 berkolaborasi dengan Miles Films, serta Teater Musikal Cek Toko Sebelah di tahun 2022, berkolaborasi dengan Ernest Prakasa dan Starvision. Dalam berbagai kesempatan, Jakarta Movin telah berkolaborasi dengan seniman-seniman hebat diantaranya, Reza Rahadian, Yura Yunita, Isyana Sarasvati, Reza Chandika, Lea Simanjuntak, Morgan Oey, Kristo Immanuel, dan Sivia Azizah, baik di atas panggung maupun pada medium layar.

Drama Komedi Musikal oleh Jakarta Movin. (Special)

 

Sekilas Galeri Indonesia Kaya (GIK)

Galeri Indonesia Kaya merupakan ruang publik berbasis digital yang didedikasikan untuk masyarakat dan dunia seni pertunjukan Indonesia sebagai wujud komitmen Bakti Budaya Djarum Foundation untuk terus memperkenalkan dan melestarikan kebudayaan Indonesia khususnya generasi muda agar tidak kehilangan identitasnya sebagai bangsa Indonesia.

Drama Komedi Musikal oleh Jakarta Movin. (Special)

 

Ruang publik yang berlokasi di West Mall Grand Indonesia lantai 8 ini merupakan yang pertama dan satu-satunya di Indonesia dalam memadukan konsep edukasi dengan digital multimedia untuk memperkenalkan kebudayaan Indonesia, khususnya bagi generasi muda, dengan cara yang menyenangkan, terbuka untuk umum, dan tidak dipungut biaya.

Sejak diresmikan pada 10 Oktober 2013 yang lalu, Galeri Indonesia Kaya telah dikunjungi lebih dari 700.000 pengunjung dan menyelenggarakan lebih dari 2.000 pertunjukan yang dipadu dengan konsep kekinian. Selama itu pula, lebih dari 500 pekerja seni terlibat dalam beragam kegiatan seni seperti tarian, teater, monolog, pertunjukan musik, apresiasi sastra, kunjungan budaya, dan sebagainya.

Drama Komedi Musikal oleh Jakarta Movin. (Special)

 

Tempat seluas 635 m² ini juga memiliki auditorium berkapasitas 150 penonton yang didukung fasilitas modern sebagai sarana bagi pelaku seni maupun masyarakat umum untuk menampilkan berbagai kesenian Indonesia dan kegiatan lainnya secara gratis, termasuk pengunjung dan penontonnya.

Selain menampilkan ragam budaya nusantara di panggung budaya auditorium, konsep desain Galeri Indonesia Kaya tetap mengangkat ke-khas-an Indonesia dalam interior sentuhan rotan kekinian dengan motif pucuk rebung dan kembang tanjung, motif parang (pada ceiling). Berbagai aplikasi terbaru dihadirkan dalam bentuk projection mapping dengan teknologi sensor yang interaktif dan menyenangkan. Secara keseluruhan, terdapat 7 aplikasi yang terinspirasi dari ragam kekayaan Indonesia, antara lain: Bersatu Padu, Selaras Seirama, Sajian Rasa, Arundaya, Cerita Kita, Arungi, dan Pesona Alam.