Jangan Dibiarkan, Yuk Lakukan Hal Ini Untuk Redakan Stres!

Senin, 8 Januari 2024 | 17:02:00

Bulan Maghfira

Penulis : Bulan Maghfira

Jangan Dibiarkan, Yuk Lakukan Hal Ini Untuk Redakan Stres!

Ilustrasi Wanita. (Pexels.com/Andrea Piacquadio)

Ladiestory.id - Rasa stres yang dialami seseorang merupakan hal yang sangat normal dan wajar terjadi apabila seseorang mengalami tekanan. 

Stres bisa terjadi karena beberapa kondisi, mulai dari hubungan keluarga, pasangan, pekerjaan, hingga masalah finansial. Namun, apabila dibiarkan, rasa stres dalam jangka waktu yang panjang akan menimbulkan kecemasan hingga depresi.

Banyak orang beranggapan bahwa rasa stres bisa mereda sendirinya. Padahal stres sangat perlu ditangani agar tidak menimbulkan efek jangka panjang yang dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. 

Melansir Everyday Health, berikut 5 cara mudah untuk meredakan stres.

Rutin Bergerak dan Olahraga

Ilustrasi. (Freepik.com)

 

Cara efektif untuk meredakan stres adalah dengan rutin berolahraga, hampir semua bentuk aktivitas fisik dapat mengurangi tingkat stres seseorang. Meskipun seseorang sedang berada dalam keadaan tidak fit, berolahraga tetap bisa menjadi pereda stres yang paling efektif.

Aktivitas fisik mampu memompa endorfin, yakni hormon yang memicu perasaan senang. Selain itu, olahraga juga mampu meningkatkan fokus dan suasana hati. Tak perlu memulai dengan olahraga yang cukup berat, mulailah dengan berjalan kaki, berenang, atau bersepeda.

Konsumsi Makanan Sehat

Ilustrasi. (Freepik.com)

 

Tak kalah penting dari sebelumnya, mengonsumsi makanan yang sehat juga merupakan salah satu cara terbaik untuk mengurangi stres. Hindarilah makanan yang bisa memperburuk stres seperti kafein, gula, dan makanan tinggi garam.

Seperti diketahui, makanan dan minuman tersebut bisa meningkatkan detak jantung, menyebabkan kegelisahan, dan membuat sulit tidur. Maka perbanyaklah buah, sayur, dan kacang untuk meredakan stres.

Tinggalkan Kebiasaan Buruk

Ilustrasi Wanita. (Freepik.com)

 

Banyak orang yang beralih ke rokok dan alkohol ketika mereka stres. Padahal, hal tersebut justru bisa memperparah kondisi dan membahayakan kesehatan. Maka itu, mulailah batasi atau tinggalkan kebiasaan yang tidak sehat tersebut untuk mengurangi stres.

Jangan Menyendiri

Ilustrasi. (Freepik.com)

 

Saat merasa stres, seseorang biasanya cenderung menjadi mudah tersinggung dan lebih banyak menyendiri. Padahal, hal itu sangat tidak baik untuk dilakukan. 

Saat merasa stres, alangkah baiknya untuk temui keluarga dan teman-teman. Mereka mungkin bisa memberikan solusi atau sekadar memberikan dukungan untuk bisa menghadapi situasi sulit yang tengah dihadapi.

Perbaiki Kualitas Tidur

Ilustrasi. (Freepik.com)

 

Tidur merupakan waktu yang tepat bagi tubuh dan otak untuk beristirahat. Saat stres, seseorang akan menjadi sulit tidur karena munculnya berbagai pikiran negatif. 

Kurang tidur dapat memengaruhi suasana hati, menurunkan energi dan menurunkan konsentrasi. Maka usahakanlah untuk tidur tepat waktu untuk mencegah hal tersebut.