Jangan Dibuang! Ini 5 Manfaat Lain Makanan Kedaluwarsa

Sabtu, 30 April 2022 | 00:01:00

Zulfah Ariyani

Penulis : Zulfah Ariyani

Jangan Dibuang! Ini 5 Manfaat Lain Makanan Kedaluwarsa

Ilustrasi tanaman. (Special)

Ladiestory.id - Setiap jenis makanan memiliki waktu tersendiri untuk dimanfaatkan. Jika melebihi waktu tersebut, maka makanan tersebut telah masuk masa kedaluwarsa. Makanan yang telah memasuki masa kedaluwarsa sebaiknya tidak Kamu konsumsi kembali karena dapat menimbulkan masalah kesehatan. Seperti misalnya masalah pencernaan. 

Tanggal kedaluwarsa suatu makanan bisa Kamu lihat di bagian kemasan makanan. Jika makanan tersebut merupakan bahan alami, maka ketika memasuki masa kedaluwarsa makanan akan berubah warna, rasa ataupun tekstur.

Namun, jangan terburu-buru untuk membuang makanan tersebut. Makanan yang telah kedaluwarsa masih bisa Kamu manfaatkan loh. Kamu bisa menggunakan bahan makanan tersebut untuk berbagai keperluan rumah tangga. Ladiestory.id telah merangkum beberapa manfaat dari makanan kedaluwarsa. Yuk simak!

Mayones

Ilustrasi mayones. (Special)

Mayones atau mayonaise merupakan bahan makanan yang terbuat dari telur dan minyak nabati. Mayones sering digunakan sebagai campuran salad atau makanan lainnya. Tanggal kedaluwarsa mayones bisa Kamu lihat pada kemasan mayones. Atau jika mayones telah berubah rasa, warna ataupun bau maka jangan mengonsumsinya.

Kamu bisa memanfaatkan mayones tersebut untuk membersihkan perabotan yang berbahan dasar stainless steel. Dengan mengoleskan mayones pada perabotanmu ketika dibersihkan, maka akan membuatnya menjadi bersih dan tampak baru. 

Rempah-Rempah

Ilustrasi rempah. (Special)

Bubuk rempah-rempah seperti pala, kayu manis, kunyit atau yang lainnya juga memiliki masa kedaluwarsa. Jika bubuk rempah-rempah tersebut telah berubah rasa maka sebaiknya jangan mengonsumsinya lagi.

Kamu bisa memanfaatkan bubuk rempah-rempah tersebut sebagai bahan pewarna. Bubuk rempah yang beraneka warna bisa Kamu manfaatkan sebagai pengganti cat air. Ajaklah anak-anak melukis dengan menggunakan bahan tersebut. Sebelum memakainya, Kamu bisa menambahkan satu sendok air hangat dan bubuk rempah sudah siap digunakan untuk melukis.

Telur

Ilustrasi telur. (Special)

Telur yang telah lama Kamu simpan juga sebaiknya tidak Kamu konsumsi karena dikhawatirkan telur tersebut telah mengalami proses pembusukan. Kamu bisa mencoba untuk menaruh telur tersebut ke dalam air. Jika telur mengapung, tandanya telur tersebut sudah tidak layak untuk dikonsumsi.

Namun, jangan segera dibuang. Kamu bisa memanfaatkan kulit telur tersebut sebagai bahan pupuk tanaman. Hancurkan kulit telur tersebut menjadi kecil-kecil. Kemudian, Kamu bisa menaburkannya di sekitar tanaman. Kulit telur memiliki kandungan kalsium dan mineral yang tinggi. Sehingga dapat membuat tanaman menjadi lebih sehat dan juga subur.

Greek Yogurt

Foto: Ladiestory.id

Greek yogurt merupakan salah satu jenis yogurt yang banyak beredar di pasaran. Greek yogurt memiliki ciri tekstur yang lebih kental namun tetap lunak. Dalam greek yogurt terdapat kandungan asam laktat yang bermanfaat bagi kulit wajah dengan cara membantu mengangkat sel kulit mati.

Meskipun telah memasuki masa kedaluwarsa, namun Kamu tetap dapat memanfaatkan greek yogurt untuk merawat kulit wajah. Greek yogurt bisa Kamu manfaatkan sebagai campuran masker wajah.

Cara membuatnya pun cukup mudah. Kamu bisa membuat masker dengan bahan dua sendok greek yogurt dan satu sendok madu. Kemudian aduk dan oleskan secara merata ke kulit wajah. Selanjutnya diamkan selama 15 menit. Setelah itu bilas bersih wajahmu dengan menggunakan air hangat.

Kopi Bubuk

Ilustrasi bubuk kopi. (Special)

Kopi bubuk juga memiliki masa kedaluwarsa sendiri. Jika Kamu memiliki kopi yang telah kedaluwarsa atau berubah warna, rasa maupun aromanya maka sebaiknya jangan mengonsumsinya. Daripada dibuang ke tempat sampah, Kamu bisa lho memanfaatkan bubuk kopi tersebut.

Bubuk kopi yang telah kedaluwarsa bisa dimanfaatkan sebagai scrub untuk merawat kulit tangan, kaki, tubuh ataupun wajah. Scrub tersebut dapat membantu mengangkat sel kulit mati.

Tambahkan sedikit air pada bubuk kopi yang telah kedaluwarsa. Kemudian aduk hingga memiliki tekstur menyerupai pasta. Lalu oleskan pada bagian tubuh ataupun wajah. Gosok secara perlahan dan diamkan kurang lebih 20 menit, setelah itu bilas menggunakan air bersih.

s