Jangan Salah Kaprah! Kenali, Gejala dan Penyebab Jerawat Badan

Sabtu, 25 Februari 2023 | 20:00:00

Anisah Chamalia

Penulis : Anisah Chamalia

Jangan Salah Kaprah! Kenali, Gejala Dan Penyebab Jerawat Badan

Jerawat Badan. (Special)

Ladiestory.id - Bagi sebagian orang, jerawat badan jarang dialami. Tak ayal, banyak yang mengabaikan gejala dan jenis jerawat badan. Banyak yang menyadari hal ini terjadi ketika merasakan sakit seperti perih dan terluka saat mengalami gesekan pada bagian jerawat. Kurangnya pengetahuan mengenai jerawat badan menjadikan penderitanya tidak mengetahui apa saja gejala, penyebab hingga jenisnya. Nah, bagi kamu yang tengah mengalami atau memiliki penderita jerawat badan di sekitarmu. Yuk, simak informasi mengenai gejala dan penyebab jerawat badan berikut ini.

Pengertian Jerawat Badan

Jerawat Badan. (Special)

Jerawat merupakan masalah pada kulit yang dialami banyak orang. Pada umumnya, jerawat hanya terjadi di wajah saja. Namun, tak jarang juga muncul di beberapa bagian tubuh seperti punggung, dada, perut hingga leher. Permasalahan semacam ini cenderung terjadi di kalangan pria dibandingkan wanita. 

Sayangnya, karena kurang terlihat banyak penderita jerawat badan tidak menyadari. Meski muncul di bagian badan misalnya punggung. Rasa sakit yang ditimbulkan pun tak kalah dengan jerawat di wajah., Meski tidak menjadi penyakit menular. Permasalahan kulit semacam ini perlu diatasi untuk mengurangi rasa sakit dan menekan semakin banyaknya jerawat yang muncul. 

Gejala Jerawat Badan

Jerawat Badan. (Special)

Jerawat badan memiliki gejala yang hampir sama dengan jerawat di wajah. Beberapa gejalanya seperti, munculnya komedo putih (whitehead) yang terbentuk akibat adanya kelebihan minyak. bakteri, hingga sel kulit mati di bagian pori-pori. Muncul komedo hitam (blackhead) ditandai adanya benjolan kecil berwarna hitam yang diakibatkan penyumbatan pada folikel rambut. Muncul papula yang merupakan jerawat ataupun benjolan padat di bawah kulit disertai dengan rasa nyeri. Terdapat nodul yang biasa disebut sebagai lesi jerawat yang tumbuh pada bawah permukaan kulit. Biasanya lesi akan mengeras serta membentuk benjolan besar yang menyakitkan. Munculnya putsula, sebuah jerawat berisi nanah. Muncul jerawat batu, memiliki karakteristik terdapat benjolan keras, merah dan besar serta diikuti rasa sakit. 

Penyebab Jerawat Badan

Jerawat Badan. (Special)

Terdapat banyak faktor yang mengakibatkan terjadinya permasalahan jerawat badan. Salah satu penyebab umumnya seperti adanya penyumbatan pada pori-pori kulit. Sebab, pada pori-pori tubuh mengandung kelenjar sebasea (minyak) yang dapat beraktivitas secara aktif dan mengakibatkan terjadinya produksi minyak berlebih. Sehingga, folikel pada pori mengalami penyumbatan. Namun, ada juga beberapa kebiasaan yang dapat memicu terjadinya jerawat badan. Misalnya, terjadinya gesekan kulit dengan pakaian, sering menggunakan pakaian ketat atau kotor, menggunakan perhiasaan yang menimbulkan alergi pada kulit, area badan yang kotor serta berkeringat hingga gesekan antara rambut kotor dengan pakaian berbahan kasar.

Pencegahan Jerawat Badan 

Jerawat Badan. (Special)

Bagi kamu yang rentan mengalami jerawat atau memiliki kulit sensitif. Kamu dapat mencegah jerawat badan dengan beberapa kebiasaan seperti menghindari pakaian ketat ketika beraktivitas, segera mandi usai beraktivitas baik di dalam maupun di luar ruangan. lakukan eksfoliasi tubuh satu minggu sekali, gunakan produk bebas minyak, non-comedogenic, non-acnegenic untuk tubuh, serta rutin melakukan pergantian sprei serta pakaian yang kotor.

Pengobatan Jerawat Badan

Jerawat Badan. (Special)

Sayangnya, untuk mengobati jerawat badan tidak semudah ketika mengalami jerawat di wajah. Sebab, area kulit tersebut sulit terlihat dan mudah menyebar. Namun, ada  beberapa cara pengobatan yang bisa kamu lakukan. Beberapa diantaranya seperti, megguankan obat jerawat misalnya retinol, antibiotik, hingga benzoil peroksida, menggunakan sabun khusus untuk kulit berjerawat, menghindari pakaian yang ketat dan berbahan kasar, tidak memencet jerawat ketika muncul, hingga menggunakan obat jerawat alami seperti lidah buaya, madu, lemon hingga kunyit. 

Namun, jika seluruh cara pengobatan tersebut tidak membuahkan hasil. Kamu dapat melakukan pemeriksaan ke dokter ketika jerawat yang muncul memiliki ciri-ciri seperti, menimbulkan rasa sakit yang amat sangat, mengeluarkan nanah atau darah, terdapat benjolan yang keras di bawah lapisan kulit, hingga munculnya jerawat badan usai sembuh beberapa saat.