Jangan Takut, Ini Tips yang Bisa Dilakukan Bagi Ibu Baru

Kamis, 11 Januari 2024 | 17:35:00

Bulan Maghfira

Penulis : Bulan Maghfira

Jangan Takut, Ini Tips Yang Bisa Dilakukan Bagi Ibu Baru

Ilustrasi Ibu dan Anak. (Pexels.com/Tatiana Syrikova)

Ladiestory.id - Menjadi ibu baru tentu merupakan pengalaman menyenangkan yang sangatlah dinantikan. Tak mudah untuk dilakukan, tiap wanita mungkin saja memiliki kisahnya tersendiri saat menjadi seorang ibu. 

Ibu baru biasanya kerap menerima banyak nasihat dan saran dari banyak orang di sekitarnya. Namun, tak ada salahnya apabila seorang ibu ingin mengurus anaknya sendiri tanpa bantuan siapa pun.

Untuk memudahkan menjalani peran sebagai ibu baru, berikut ini tips yang bisa dilakukan bagi ibu baru.

Miliki Support System

Ilustrasi Bayi. (Freepik.com)

 

Untuk menghadapi masa-masa menjadi ibu baru, support system sangat berperan penting bagi kondisi kesehatan seorang ibu. Ketahuilah siapa yang dapat memberi dukungan dalam beberapa minggu pertama sebagai seorang ibu.

Terima Bantuan

Ilustrasi Ayah Mengurus Bayi. (Freepik.com)

 

Terimalah segala bentuk bantuan dari pasangan atau orang terdekat yang ingin membantu. Misalnya membantu menyiapkan baju, mengambil makanan, atau menjaga bayi saat ibu sedang beristirahat.

Luangkan Waktu Untuk Diri Sendiri

Ilustrasi Ibu ke Salon. (Freepik.com)

 

Sebagai ibu baru, ada baiknya luangkan waktu untuk diri sendiri. Sempatkanlah untuk bertemu teman-teman, jalan-jalan, atau sekadar berdandan untuk diri sendiri.

Terhubung dengan Orang Lain

Ilustrasi Ibu dan Bayi. (Freepik.com)

 

Agar tidak merasa sendiri, tetaplah terhubung dengan ibu baru lainnya. Temukanlah teman yang sama-sama baru menjadi ibu, atau komunitas ibu muda. Dengan itu, seseorang bisa saja saling bertukar pikiran dan berbagi pengalaman dalam mengurus bayi.

Tak Perlu Jadi Sempurna

Ilustrasi Ibu dan Bayi. (Freepik.com)

 

Perlu disadari bahwa tak ada manusia yang sempurna, termasuk seorang ibu. Menjadi seorang ibu merupakan salah satu gelar yang berharga namun juga sulit menjalaninya. 

Tak apa bila terkadang mengalami kegagalan, teruslah belajar untuk bisa jadi sosok ibu yang lebih baik dari sebelumnya.

Jadilah Fleksibel

Ilustrasi Ibu dan Bayi. (Freepik.com)

 

Kebiasaan bayi akan terus mengalami perubahan sesuai tahap perkembangannya. Tak perlu cemas atau merasa khawatir apabila kebutuhan tidur dan makan bayi mengalami perubahan.

Mulailah pahami bahwa kehidupan bersama bayi tidak ada yang berjalan sesuai rencana, pasti ada saja hal-hal di luar rencana yang kerap terjadi.