Jarang Disadari! Ini 5 Kebiasaan Buruk Ketika Cuaca Panas yang Harus Dihindari

Minggu, 30 April 2023 | 16:53:00

Anisah Chamalia

Penulis : Anisah Chamalia

Jarang Disadari! Ini 5 Kebiasaan Buruk Ketika Cuaca Panas Yang Harus Dihindari

Ilustrasi Cuaca Panas. (Special)

Ladiestory.id - Apakah kamu tengah merasakan cuaca panas akhir-akhir ini? Indonesia tengah menjadi salah satu negara yang dilanda cuaca panas. Keadaan ini semakin parah apabila kamu tidak mengetahui kebiasaan buruk ketika cuaca panas yang harus dihindari.

Melansir dari BMKG, diketahui Indonesia selama semantara waktu tengah memasuki fase awal kemarau. Selain karena pancaroba, cuaca panas juga disebabkan oleh beberapa faktor misalnya, pertumbuhan awan yang berkurang, posisi matahari hingga terjadinya heat wave atau gelombang panas.

Nah, kira-kira apa saja ya lima kebiasaan buruk ketika cuaca panas yang harus dihindari? Yuk, simak daftar lengkapnya berikut ini.

1. Mencuci Muka Usai Terkena Panas

Ilustrasi Cuci Muka. (Special)

 

Kebiasaan buruk ketika cuaca panas yang harus dihindari pertama adalah mencuci muka usai terkena panas. Terutama, bagi kamu yang banyak beraktivitas di luar ruangan. 

Hindari mencuci muka saat kulit terpapar teriknya sinar matahari. Sebab, ketika kulit tengah  berdana dalam suhu panas dan bertemu dengan air yang cukup dingin.

Maka, akan mengakibatkan ketidakseimbangan suhu di area wajah. Tak ayal, mengakibatkan kulit menjadi meradang, memerah hingga terasa perih. Usahakan ketika kamu ingin mencuci muka. Tunggulah hingga suhu di wajah maupun tubuh dalam keadaan yang normal.

2. Mandi Menggunakan Air Dingin

Ilustrasi Mandi. (Special)

 

Ketika cuaca panas melanda, seringkali kamu segera mandi menggunakan air dingin. Meski terasa segar, ternyata cara ini merupakan salah satu kebiasaan buruk ketika cuaca panas yang harus dihindar. 

Sebagian orang, menganggap air dingin menjadi pilihan yang tepat untuk menghilangkan rasa gerah dan keringat. Namun, kebiasaan ini justru membuat kulit mudah meradang. Sebab, sebelumnya kulit berada dalam suhu panas akibat paparan sinar matahari yang terik. 

Kemudian, kamu justru mengukurnya dengan cepat menggunakan air dingin. Tak pelak, akan memicu terjadinya perbedaan suhu yang ekstrim di permukaan kulit. Bahkan, parahnya bisa menimbulkan kulit menjadi stres dan meradang.

3. Terlalu Sering Mengkonsumsi Es

Ilustrasi Es Teh. (Special)

 

Kebiasaan buruk ketika cuaca panas yang harus dihindari selanjutnya terlalu sering mengkonsumsi es. Sebenarnya, kebiasaan ini tidak dilarang secara keras. Namun, ketika tingkat konsumsi menjadi berlebihan maka akan berpengaruh pada kesehatan. 

Apalagi ketika cuaca panas seperti ini, maka akan membuat tubuh mudah mengalami penyakit panas dalam, radang pada tenggorokan hingga flu dan demam.

Selai minuman dengan es, kamu juga perlu menghindari soda, es krim hingga minuman manis yang tinggi pengawet lainnya. Mulailah untuk memfokuskan diri mengkonsumsi minuman air putih dalam rangka menghilangkan dahaga.

4. Tidak Menggunakan Sunscreen

Ilustrasi Memakai Sunscreen. (Special)

 

Apakah kamu sering tidak menggunakan sunscreen saat mulai beraktivitas? Jika iya, maka kamu perlu menghentikannya mulai sekarang. Apalagi ketika cuaca panas, sinar matahari menjadi lebih terik dan bahaya.

Namun, ketika kamu rutin menggunakan sunscreen. Maka, kamu akan memberikan perlindungan maksimal pada kulit dari paparan sinar UV yang berbahaya bagi kesehatan. Selain itu, juga terhindar dari risiko kanker kulit.

5. Kekurangan Cairan Tubuh

Minum air mineral. (Special)

 

Kebiasaan buruk ketika cuaca panas yang harus dihindari pada urutan terakhir adalah kekurangan cairan tubuh. Ketika cuaca panas melanda, tentu kamu menjadi mudah lelah dan merasa haus. Namun, jika tidak ditangani dengan segera maka tubuh berisiko mengalami dehidrasi.

Dehidrasi sendiri merupakan kondisi tubuh mengalami kekurangan cairan yang mengakibatkan gangguan pada fungsi tubuh secara maksimal. Selain itu, juga bisa menyebabkan kulit menjadi kering , kusam dan kehilangan semangat beraktivitas.. 

Oleh karenanya selama panas terik tengah melanda,, kamu perlu memperhatikan jumlah konsumsi air putih harianmu. Kamu juga bisa menambahkan suplemen vitamin untuk memberikan nutrisi tubuh secara maksimal. Perbanyak juga konsumsi buah-buahan dan sayuran, ya.

Itulah lima kebiasaan buruk ketika cuaca panas yang harus dihindari. Tentunya, selain menghindari kebiasaan buruk ini. Kamu juga perlu dengan mengimbanginya dengan pola hidup sehat. Semoga informasi tadi bermanfaat untuk kamu. Tetap jaga kesehatan dan salam cantik, Ladies!