Jelajahi 9 Rasa Khas Jakarta Lewat Resto Legendaris di GrabFood

Rabu, 29 Juni 2022 | 21:00:00

Astri Supriyati

Penulis : Astri Supriyati

Jelajahi 9 Rasa Khas Jakarta Lewat Resto Legendaris Di Grabfood

Ilustrasi ondel-ondel grab. (Special)

Ladiestory.id - Siapa yang di sini suka menjelajah kuliner? Kamu pecinta makanan khas yang melegenda? atau para pemburu kuliner hits masa kini yang selalu penasaran dengan cita rasa khas makanan dari berbagai kota di Indonesia?

Kini Kamu bisa menikmati semua menu makanan dari restoran-restoran legendaris langsung dari GrabFood melalui kategori makanan baru GrabFood “Resto Legendaris”.

Selain itu, dalam semangat perayaan HUT Jakarta, GrabFood juga sempat ikut meramaikan Car Free Day yang menghadirkan pawai berjumlah 100 seniman Betawi dengan bentuk pertunjukan, seperti pawai ondel-ondel, silat, palang pintu adu pantun, Gambang Kromong, hingga Tanjidor.

Nah, kira-kira bagaimana ya, menikmati menu legendaris Jakarta dari rumah saja? Yuk, simak cara order menu-menu legendaris dari berbagai restoran legendaris berikut ini.

1. Buka aplikasi Grab & pilih layanan GrabFood

2. Pilih kategori “Jakarta Legends”

3. Pilih resto legendaris, kemudian pilih menu kesukaanmu

4. Bayar dan nikmati pesananmu

Masih bingung memilih menu makanan legendaris Jakarta yang ingin Kamu coba? Berikut beberapa ide hidangan legendaris dijamin akan menggoyang lidah Kamu, serta beberapa restoran legendaris yang menawarkan menu-menu tersebut di GrabFood.

Soto Betawi

Foto: Dok. Sajian Sedap

Siapa yang tak kenal dengan menu khas Betawi satu ini? Yup! Soto Betawi. Masyarakat umum mulai mengenal masakan Soto Betawi pada 1977-1978. Tidak jauh berbeda dengan soto Madura dan Soto Sulung, Soto Betawi juga disajikan menggunakan jeroan.

Perbedaannya terdapat pada kuahnya yang unik yakni terbuat dari campuran susu dan santan yang dicampur dengan berbagai macam rempah-rempah dan memberi aroma yang  sangat khas. Berikut rekomendasi restoran yang harus Kamu coba.

1. Soto Betawi Haji Ma’ruf - Gondangdia

2. Soto Betawi H. Mamat -Tomang

3. Soto Betawi Roxy Dawarsa

Asinan Betawi

Ilustrasi asinan betawi. (Special)

Selain Soto Betawi, ternyata siang-siang memang enak jika menyantap hidangan yang segar, apalagi di tengah cuaca Jakarta yang kadang terik dan panas ini. Ternyata, ada menu legendaris yang cocok jadi pilihan Kamu, nih! Asinan Betawi namanya.

Untuk Kamu pecinta makanan sehat, Asinan Betawi ini bisa jadi andalan Kamu karena terbuat dari berbagai macam sayuran segar yang dimasak seperti acar dengan memadukan rasa pedas, manis dan gurih. Menurut sejarahnya Asinan Jakarta ini berasal dari akulturasi budaya Indonesia dan Peranakan. Berikut rekomendasi restorannya.

1. Asinan Jakarta Nana

2. Asinan Betawi Maryam - Bintaro

Nasi Uduk

Ilustrasi Nasi Uduk. (Special)
Buat Kamu yang menjadikan nasi sebuah kewajiban dan bosan dengan nasi putih biasa, menu Nasi Uduk bisa jadi pilihan! Menu yang menghidangkan nasi gurih dengan berbagai lauk pauk seperti ayam goreng, kering tempe, telur dadar, kerupuk, hingga sayuran ini diperkirakan sudah ada sejak abad ke-14 yang merupakan hasil persilangan budaya Melayu dan Jawa loh. Berikut bebereapa restoran yang wajib Kamu datangi.

1. Nasi Uduk Betawi Sambal Kampret 

2. Nasi Uduk Babeh - Cilebut Timur

Kerak Telor

Foto: Wikipedia

Jakarta memang identik dengan Kerak Telor sebagai panganan khasnya. Menurut sejarahnya, Kerak Telor ini awalnya merupakan eksperimen dari masyarakat Betawi yang memanfaatkan buah kelapa untuk membuat panganan. Kerak Telor ini menjadi salah satu panganan khas yang selalu ada saat HUT Kota Jakarta. Ini dia rekomendasi restoran legendaris untuk Kamu coba.

1. Kerak Telor Tunas Betawi

2. Kerak Telor Mpo Mar - Tanah Tinggi

Nasi Ulam

Ilustrasi nasi ulam. (Special)

Selain Nasi Uduk, bagi penikmat nasi campur juga bisa menikmati Nasi Ulam yang merupakan hidangan nasi campur yang menawarkan cita rasa yang khas karena terbuat dari berbagai macam rempah-rempah yang dicampur dengan daun kemangi. Nasi Ulam sendiri terbagi dalam dua jenis yaitu dengan menggunakan kuah dan kering. Ingin mencobanya? Ini restoran yang menjadi rekomendasi untuk Kamu.

1. Nasi Ulam Alung

2. Nasi Uduk Nasi Ulam Jengkol Betawi - Beji

Bakmi Ayam

Ilustrasi mie so. (Special)

Bagi para pecinta Bakmi, tak lengkap rasanya jika tidak memasukkan menu Bakmi atau Mi Ayam sebagai menu legendaris pilihan. Tidak hanya sebagai menu makan siang, menu mie juga cocok untuk pilihan makan malammu.  Hidangan comfort andalan setiap orang ini menawarkan cita rasa yang menggugah selera dengan berbagai macam topping  yang lezat sebagai pelengkapnya.  Ini dia restoran rekomendasinya.

1. Bakmi Tenda Biru - Pluit 

2. Bakmi Gang Kelinci - Pasar Baru

Kue Dongkal

Ilustrasi kue dongkal. (Special)

Ingin mencicipi jajanan khas Betawi? Kue Dongkal jawabanya! Kue dengan perpaduan rasa gurih dan manis yang terbuat dari  tepung beras yang didalamnya berisikan gula merah patut Kamu coba.

Kue dengan bentuk kerucut seperti tumpeng ini merupakan salah satu makanan legendaris yang diperkenalkan sejak 1940 dan terkenal sebagai menu sarapan. Restoran ini yang bisa Kamu jadikan rekomendasi.

1. Kue Dongkal Sarua Indah

2. Kue Dongkal Pondok Jaya

Gado-gado

Ilustrasi gado-gado. (Special)

Bingung cari makanan untuk vegetarian? Gado-Gado bisa jadi alternatif pilihan Kamu. Selain lezat dan menyehatkan, Gado-Gado juga menjadi salah satu makanan yang memiliki nilai sejarah karena sudah ada sejak abad 17 masa perang VOC di Batavia. Hingga saat ini, Gado-Gado tidak hanya jadi favorit warga Indonesia, tapi juga jadi salah satu menu yang disukai oleh orang asing. Kunjungi rekomendasi restoran di bawah ini.

1. Gado-Gado Bu Tini - Meruya Jaya

2. Gado-Gado Cemara - Tanah Abang 

Soto Tangkar

Foto: Pegipegi

Hidangan berkuah memang selalu menggugah selera. Berbeda dengan Soto Betawi yang disajikan dengan jeroan, Soto Tangkar dengan kuah yang kaya rempah dan gurih siap menggoyang lidah, disajikan dengan Iga Sapi. Minat untuk mencobanya? Kamu bisa datangi restoran berikut.

1. Soto Tangkar dan Sate Kuah Pak Haji Diding

2. Soto Tangkar Sate Kuah Mas Hery Roxy - Cideng

Sekarang Kamu sudah tidak lagi penasaran dengan berbagai macam menu legendaris Jakarta dan tentunya tidak perlu repot-repot pergi ke banyak tempat untuk mencoba semua menu tersebut. Semua sudah tersedia di GrabFood. Jangan lupa untuk cek menu legendaris di kategori “Resto Legendaris”, ya!

s