5 Jenis Anju, Makanan Pendamping Minum Soju dari Korea Selatan

Senin, 6 September 2021 | 00:01:00

Nurul Aini

Penulis : Nurul Aini

5 Jenis Anju, Makanan Pendamping Minum Soju dari Korea Selatan

Foto: Ladiestory.id

Korea selatan adalah negara yang hampir semua warganya gemar minum bir atau yang lebih dikenal dengan Soju. Minuman beralkohol ini selalu ada dalam berbagai kesempatan.

Bagi warga Negeri Ginseng tak lengkap rasanya jika minum Soju tanpa ditemani Anju atau makanan pendamping. Jenis Anju sendiri ada banyak mulai dari buah-buahan hingga aneka daging. 

Jenis Anju, Menu Makanan Untuk Dampingi Minum Soju 

Meski sama-sama sebagai makanan pendamping, Anju tidak sama dengan banchan. Agar kamu tidak salah tafsir, berikut ini 5 jenis Anju yang cocok sebagai teman minum Soju.

1. Cumi Rebus Saus Gochujang Olahan Seafood Segar Korea Selatan

jenis Anju
Foto: maangchi

Di nomor pertama ada olahan seafood berbahan dasar cumi segar. Cumi ini direbus lalu dimasak dengan menggunakan saus gochujang. Saus gochujang sendiri merupakan pasta cabai yang terbuat dari hasil fermentasi bubuk cabai dan beras ketan. Menu yang satu ini sangat cocok untuk teman minum Soju bercita rasa pedas.

2. Kimbab, Olahan Nasi Dengan Isian Aneka Seafood 

jenis Anju
Foto: Ladiestory.id

Jika dilihat sekilas, makanan ini mirip dengan Sushi dari Jepang. Bahan utamanya, nasi dengan isian aneka seafood, daging, sayur, telur, keju dan acar. Campuran nasi dan lauk ini kemudian digulung bersama dengan rumput laut kering (kim). Setelah itu baru dipotong-potong kecil sesuai dengan ukuran.

3. Dwaeji Galbi, Olahan Daging Babi Rebus Untuk Hilangkan Pengar 

jenis Anju
Foto: maangchi

Makanan selanjutnya yang cocok disandingkan dengan Soju adalah Dwaeji Galbi. Menu khas kota Busan ini dibuat dari daging babi rebus. Kuah dari Dwaeji Galbi sendiri cukup unik yaitu berwarna putih namun tanpa rasa. Kamu harus menambahkan sedikit ebi dan daun kucai agar tidak terlalu hambar.

4. Eomuk, Fish Cake Dengan Kuah Kaldu Gurih 

jenis Anju
Foto: travel.tempo

Eomuk atau Odeng merupakan olahan fish cake dengan kuah kaldu gurih yang cukup populer di Korea Selatan. Selain sebagai penghangat badan saat musim dingin, Eomuk juga sangat cocok untuk disandingkan sebagai teman minum Soju.

5. Ddangkong Jorim, Aneka Buah-Buahan dan Sayuran Segar 

jenis Anju
Foto: Ladiestory.id

Tak melulu daging dan seafood, Anju biasanya juga dapat berupa kacang-kacangan dan buah-buahan. Ddangkong Jorim merupakan jenis kacang-kacangan yang sangat populer untuk teman minum Soju.

Sedangkan untuk buah-buahan umumnya terdiri dari apel, lemon, stroberi dan jeruk. Cara penyajiannya cukup dengan dipotong kecil-kecil lalu disajikan diatas piring kecil.

Selain beberapa makanan pendamping diatas, berapa restoran di Korea Selatan juga kerap menyajikan beberapa jenis Anju dalam bentuk makanan ringan seperti keripik, cumi kering dan teri kering manis. Kamu tinggal memilih jenis makanan apa yang sesuai dengan selera kamu.

Bagaimana tertarik untuk mencoba? Atau kamu memiliki rekomendasi jenis Anju lainnya? Tulis di kolom komentar ya! 

Berita Terkait