Jadi Dessert Terbaik, Ini 5 Jenis Pisang yang Cocok untuk Digoreng

Selasa, 21 Februari 2023 | 00:01:00

Zulfah Ariyani

Penulis : Zulfah Ariyani

Jadi Dessert Terbaik, Ini 5 Jenis Pisang Yang Cocok Untuk Digoreng

Ilustrasi pisang goreng. (Special)

Ladiestory.id - Beberapa waktu lalu, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi melalui akun Instagram resmi baru saja mengumumkan bahwa pisang goreng menjadi dessert terbaik di dunia versi Taste Atlas. Pisang goreng berhasil menduduki peringkat pertama dari total 50 hidangan yang digoreng, yang berasal dari berbagai negara. Kelezatan pisang goreng telah diakui oleh masyarakat dunia dan berhasil mengalahkan churros maupun donat yang begitu populer. 

Hidangan satu ini memang cocok disajikan kapan pun. Rasa manis dan kriuk tepungnya merupakan perpaduan yang pas. Namun, ternyata tidak semua jenis pisang bisa dijadikan sebagai pisang goreng, Ladies. Agar kamu tidak salah pilih, kamu bisa simak lima jenis pisang yang cocok untuk digoreng.

Pisang Raja Uli

Ilustrasi pisang raja uli. (Special)

Jenis pisang pertama yang cocok untuk diolah menjadi pisang goreng adalah pisang raja uli. Pisang ini mudah kamu temukan di Pulau Jawa. Ciri khas dari pisang ini adalah berukuran sekitar 18 cm dan berkulit tebal dengan warna kuning kemerahan. Sementara, daging buahnya berwarna putih kekuningan. Tekstur pisang raja uli ini sangat lembut dan empuk. 

Pisang raja uli bisa diolah menjadi pisang goreng saat belum matang sempurna. Kamu bisa membelahnya menjadi dua atau tiga bagian, kemudian balur dengan adonan tepung terigu. Goreng pisang hingga berwarna cokelat keemasan. 

Pisang Raja Bulu

Ilustrasi pisang raja bulu. (Special)

Sekilas namanya hampir mirip dengan pisang raja uli, tapi pisang raja bulu memiliki ciri khas tersendiri. Pisang ini memiliki panjang sekitar 25--35 cm. Kulitnya berwarna kuning dengan bintik hitam. Pisang ini cocok dijadikan sebagai pisang goreng karena memiliki daging tebal dengan aroma harum yang khas.

Memilih pisang raja bulu sebagai bahan pembuatan pisang goreng adalah pilihan yang tepat. Karena, akan menghasilkan pisang goreng dengan rasa manis dan tekstur empuk. 

Pisang Kepok

Ilustrasi pisang kepok. (Special)

Jika kamu menyukai pisang goreng dengan tekstur yang agak keras tapi manis ketika digigit, kamu bisa menggunakan pisang kepok sebagai bahan utamanya. Pisang kepok memiliki tekstur daging buah yang lebih padat. Sehingga, pisang ini tidak akan mudah hancur ketika digoreng.

Meskipun tidak semanis pisang raja uli maupun pisang raja bulu, tapi pisang kepok memiliki tekstur yang pulen, sehingga tetap enak ketika disantap. Nah, untuk membuat pisang goreng, sebaiknya gunakan pisang kepok yang sudah matang sempurna, agar menghasilkan tekstur pisang goreng yang tidak terlalu keras dan manis ketika digigit. 

Pisang Tanduk

Ilustrasi pisang tanduk. (Special)

Jenis pisang selanjutnya yang bisa kamu olah menjadi pisang goreng adalah pisang tanduk. Disebut pisang tanduk karena memiliki bentuk yang besar dan panjang menyerupai tanduk hewan. Jenis pisang ini tidak cocok jika dimakan secara langsung. Pasalnya, teksturnya keras dan rasanya tidak terlalu manis. Oleh karena itu, kamu perlu mengolahnya terlebih dulu, salah satunya menjadi pisang goreng. 

Setelah diolah menjadi pisang goreng, pisang ini akan terasa lezat dan manis. Bahkan, kelezatan pisang tanduk juga telah diakui oleh orang Amerika dan Eropa. Pisang tanduk kerap digunakan sebagai bahan dasar pembuatan dessert

Pisang Nangka

Ilustrasi pisang nangka. (Special)

Jenis pisang terakhir yang cocok untuk dijadikan pisang goreng adalah pisang nangka. Pisang ini memiliki ciri khas kulit yang berwarna hijau, baik masih mentah maupun sudah matang. Jika pisang nangka sudah matang, maka pada bagian ujungnya mengering dan menghitam. 

Jenis pisang ini tidak cocok jika dimakan secara langsung, sehingga kamu perlu mengolahnya terlebih dulu. Jika sudah diolah menjadi pisang goreng, maka akan terasa lezat dan memiliki aroma manis yang khas menyerupai buah nangka.