4 Jenis Rambut Manusia dan Cara Perawatannya yang Benar

Kamis, 25 November 2021 | 00:01:00

Sofianti Herina

Penulis : Sofianti Herina

4 Jenis Rambut Manusia Dan Cara Perawatannya Yang Benar

Foto: Essie Button

Ladiestory.id - Bagi wanita rambut adalah mahkota yang perlu dirawat dan dijaga, karena itu mereka terkadang rela mengeluarkan budget khusus untuk melakukan perawatan rambut. Tapi jangan salah ya, Ladies, perawatan rambut haruslah disesuaikan dengan jenis rambut itu sendiri. 

Ada 4  jenis rambut manusia dari yang lurus, ikal, hingga  keriting. Perbedaan jenis rambut inilah yang jadi acuan untuk memilih perawatan rambut yang sesuai dengan jenisnya. Karena itu penting mengenali jenis rambut dan cara perawatannya yang benar dan tepat.

Jenis Rambut Manusia dan Cara Perawatannya

Berikut jenis-jenis rambut manusia dan cara perawatannya yang benar:

1. Rambut Lurus

Foto: BlogUnik

Jenis rambut lurus adalah rambut yang tidak memiliki lekukan sama sekali dan cenderung rapuh serta tipis. Terkadang jenis rambut lurus juga sangat mudah rontok bila  tidak dirawat dengan benar. 

Untuk mempertahankan kondisi rambut lurus, kamu disarankan untuk menggunakan sampo dan kondisioner yang sesuai dengan jenis dan kebutuhan rambut. Gunakan juga serum rambut untuk mempertahankan kilau rambut, dan sebaiknya potong ujung-ujung rambut secara berkala agar tidak bercabang.

2. Rambut Ikal

Foto: SBS

Rambut ikal adalah rambut yang mengembang. Untuk merawatnya, kamu harus menggunakan shampo dan kondisioner yang mengandung pelembab. Biasakan juga untuk mengeringkan rambut secara alami setelah dikeramas. Hindari penggunaan hair dryer untuk mengeringkannya. 

Hindari pula untuk menyisir rambut ikal dalam keadaan kering karena hal ini akan membuat rambut menjadi frizzy, tapi sebaiknya sisir rambut menggunakan jemari saat sudah kering.

3. Rambut Bergelombang

Foto: Essie Button

Rambut bergelombang adalah rambut yang memiliki pola yang berombak, tidak lurus serta tidak ikal. Sama seperti jenis rambut lainnya, untuk perawatannya kamu bisa gunakan shampo dan kondisioner yang dapat menghaluskan rambut. 

Walaupun kadang rambut jenis bergelombang sulit diatur, tapi dengan perawatan yang benar jenis rambut ini akan mudah diatur. Karena itu kamu harus rajin-rajin menyisirnya agar rambut tidak cepat kusut.

4. Rambut Keriting

Foto: Ladiestory.id

Rambut keriting ialah rambut dengan pola berbentuk huruf S. Walaupun kebanyakan polanya tidak konsisten. Terdapat 2 jenis rambut keriting yaitu keriting bulat dan keriting ikal. 

Umumnya jenis rambut ini gampang rusak bila salah dalam perawatannya serta  tidak mendapatkan kelembaban yang cukup. Karena rambut keriting memiliki tekstur yang agak kering dan kasar, itulah sebabnya rambut jenis ini mudah patah dan rusak. 

Untuk menjaga rambut keriting tetap halus, kamu harus rajin menggunakan kondisioner setelah keramas dengan shampo. Selain itu sebaiknya gunakan juga sisir bergigi jarang dalam merawatnya.

Nah, sekarang tahu kan perawatan rambut yang sesuai dengan jenis rambutnya? Jadi, jangan asal pilih perawatan rambut ya, Ladies, tanpa menyesuaikan dengan jenis rambutnya. Semoga bermanfaat.