JOY Group Bersiap Hadirkan Makeup Viral asal Shanghai ‘Judydoll’ ke Indonesia

Rabu, 15 Mei 2024 | 00:00:00

Irma Fauzia

Penulis : Irma Fauzia

Joy Group Bersiap Hadirkan Makeup Viral Asal Shanghai ‘Judydoll’ Ke Indonesia

JOY Group Bersiap Hadirkan Makeup Viral asal Shanghai ‘Judydoll’ ke Indonesia. (Dok. JOY Group)

Ladiestory.id - Tren makeup Douyin tengah menjadi perhatian di dunia kecantikan. Diminati karena cocok diaplikasikan ke semua warna kulit dan bentuk wajah, tren makeup ini telah  ditonton sebanyak lebih dari 2,9 miliar kali di TikTok. Judydoll, sebagai merek makeup terbesar kedua di Cina, merupakan salah satu produk C-beauty yang populer di kalangan pecinta makeup, termasuk di Indonesia, dan telah mendapatkan dukungan organik dari lebih 30.000 KOL (Key Opinion Leaders) di seluruh dunia, berkat  produk-produk viral mereka, salah satunya Iron Mascara.

Melihat antusiasme di kalangan masyarakat Indonesia ini membuat JOY Group (Shanghai Juyi Cosmetics Co., Ltd), salah satu perusahaan kecantikan terdepan di Cina yang berbasis di Shanghai, akan secara resmi menghadirkan Judydoll di Tanah Air. 

“Saat ini brand-brand kecantikan di China terus meningkatkan research and development (R&D) mereka untuk menghasilkan produk inovatif yang menyederhanakan rutinitas makeup, sehingga lebih mudah saat digunakan namun memberikan hasil yang maksimal. Hal ini menjadi kekuatan yang mengubah persepsi masyarakat Indonesia mengenai produk C-Beauty menjadi produk yang bukan sekedar ramah di kantong, jika dibandingkan dengan produk kecantikan dari negara-negara Barat, Jepang dan Korea, tetapi juga berkualitas. Melihat tingginya antusiasme para penggemar kecantikan di Indonesia terhadap C-Beauty, mendorong kami untuk memiliki komitmen jangka panjang untuk melayani pasar Indonesia. Dengan produk berkualitas yang memiliki teknologi dari masa depan, Judydoll akan membantu menyederhanakan rutinitas makeup pecinta kecantikan di Indonesia," ujar Ngoc Phungbich, Country CEO of JOY Group Indonesia.

Dengan skala industri yang besar dan persaingan yang dinamis, saat ini Cina menjadi pasar kecantikan terbesar kedua di dunia. Melibatkan perusahaan kecantikan domestik maupun internasional, pasar kecantikan Cina diperkirakan menghasilkan pendapatan sebesar US$70,36 miliar 2024.

Menempati peringkat ke-70 dalam daftar 100 besar WWD Beauty Inc yang dirilis oleh Women’s Wear Daily (WWD) fashion journal yang berbasis di Amerika Serikat (US), JOY Group menjadi perusahaan kecantikan terdepan pertama dari Cina yang memiliki komitmen untuk beroperasi dan secara langsung melayani pasar Indonesia. Sebelum meluncurkan merek Judydoll, JOY Group Indonesia telah melakukan berbagai upaya untuk secara resmi mendirikan perusahaan yang beroperasi di Indonesia.

Selain itu, sebagai bagian dari komitmen tersebut, JOY Group  juga memastikan bahwa semua produk yang dijual di Indonesia mematuhi regulasi dan mendapatkan sertifikat dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

“Kami melihat Indonesia sebagai pasar untuk jangka panjang dan menyadari kebutuhan dari para pecinta kecantikan yang ada di sini. Oleh karena itu, tidak hanya kami menawarkan produk yang bersertifikat BPOM, kami juga akan menyesuaikan produk-produk yang kami tawarkan agar memenuhi semua standar lokal,” jelas Ngoc.

Didirikan pada 2017, Judydoll merupakan salah satu brand kecantikan pertama yang diluncurkan di TikTok Cina dan kini telah memimpin pasar dengan lebih dari 20.000 video TikTok yang diproduksi secara in-house, yang ditonton lebih dari 4,5 miliar kali selama 2023.

Salah satu fitur unggulan yang berhasil menarik perhatian para KOL di seluruh dunia adalah berbagai macam produk inovatif yang dihadirkan, termasuk Iron Lip Gloss, Iron Mascara, Thin Liquid Eyeliner, dan Contouring Palette. Iron Mascara, khususnya, menjadi pusat perhatian karena produk ini memiliki ujung besi yang inovatif. Bahkan, Iron Mascara ini telah meraih gelar sebagai Maskara #1 (Nomor satu) di TikTok Cina, dengan permintaan yang tinggi dari pecinta kecantikan di seluruh dunia.

“Pembuatan konten atau content creation merupakan salah satu keunggulan Judydoll. Di Cina, kami memproduksi konten kreatif secara internal. Kami memahami bagaimana untuk bisa terhubung dengan audiens kami melalui konten yang tepat, bukan hanya sekedar iklan. Hal ini juga akan kami bawa untuk audiens di Indonesia,” papar Ngoc.

International Marketing Manager Joy Group, Luna Li, menambahkan, kelebihan Judydoll terletak pada kemampuan rantai pasok yang mampu merespon secara cepat dan menyeluruh, mulai dari penelitian dan inovasi, manufaktur, pemasaran, bahkan penjualan, memungkinkan perusahaan memproduksi hingga 218 produk setiap tahunnya.

"Pada 2023, kemampuan internal R&D dan manufaktur kami memberikan Judydoll kemampuan untuk meluncurkan sebanyak 259 produk," paparnya.

“Melalui peluncuran Judydoll di Tanah Air dan komitmen jangka panjang kami untuk melayani pasar Indonesia, kami antusias untuk memulai perjalanan inovasi dan pertumbuhan ini. Seiring dengan rencana untuk terus memperluas kehadiran kami di Indonesia, kami berharap dapat melayani dan memberikan pengalaman menyenangkan untuk para pecinta kecantikan dengan makeup terbaru yang mudah digunakan, inovatif, dan memberikan hasil yang maksimal bagi semua orang,” ujar Luna.