Kabar Gembira! Pemprov Gratiskan Tarif Transjakarta, MRT, LRT dalam Rangka HUT Jakarta

Rabu, 22 Juni 2022 | 10:30:00

Muna Alkatiri

Penulis : Muna Alkatiri

Kabar Gembira! Pemprov Gratiskan Tarif Transjakarta, Mrt, Lrt Dalam Rangka Hut Jakarta

Transjakarta. (Instagram.com/haeruman_afrizal)

Ladiestory.id - Dalam rangka hari ulang tahun Jakarta ke-495, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menetapkan tarif gratis untuk penumpang Transjakarta, MRT, dan LRT untuk Rabu (22/6/2022).

Aturan ini diberlakukan melalui Surat Keputusan Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Nomor e-0076 tahun 2022 yang telah ditandatangani oleh Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Syafrin Liputo pada Selasa (21/6/2022). 

"Menugaskan kepada Perseroan Terbatas Transportasi Jakarta, Perseroan Terbatas MRT Jakarta dan Perseroan Terbatas LRT Jakarta (Jakpro) untuk menyelenggarakan layanan transportasi umum massal pada tanggal 22 Juni 2022 dari pukul 00.00 sampai 23.59 WIB dengan ketentuan tarif sebagai berikut, Layanan TransJakarta BRT dan Non BRT/Feeder, MRT Jakarta dan LRT Jakarta sebesar Rp 0,00 (nol rupiah),” sebagaimana tercantum pada diktum kesatu Surat Keputusan Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan menanggung seluruh biaya transportasi umum tersebut dengan menggunakan mekanisme subsidi.

"Keputusan Kepala Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta hanya berlaku pada Tanggal 22 Juni 2022," ujar Syafrin.

Agenda tarif gratis untuk transportasi umum DKI Jakarta ini termasuk ke dalam rangkaian acara “Jakarta Hajatan” yang merupakan rangkaian perayaan ulang tahun DKI Jakarta ke-495. Sejumlah acara akan digelar guna memeriahkan HUT ibu kota ini. 

Acara tersebut dibuka dengan “Opening Ceremony: Jakarta’s 495th Anniversary Celebration & Digital Nomad Island Launching” yang dihadiri oleh Regional Director for East, Southeast Asia and Oceania C40 Cities, perwakilan dari Kementerian Pariwisata Maladewa, Aqsa Sutan Anwar. Acara diadakan di Pulau Bidadari, Kepulauan Seribu pada 24 Mei 2022.

Serangkaian acara “Jakarta Hajatan” diantaranya adalah Jakarta Weekend Walking, Cycling and Running Tour, Jakarta International Java Jazz, Upacara Ziarah Taman Makam Pahlawan, Upacara Peringatan HUT Ke-495 Kota Jakarta, Jakarta Concert, Pekan Kolaborasi Daerah, Formula E, Jakarta Awards & Malam Resepsi, hingga pagelaran dan perayaan lain.

Tahun ini, rencananya, Anies Baswedan selaku Gubernur DKI Jakarta akan menyelenggarakan puncak perayaan HUT DKI Jakarta di Jakarta International Stadium (JIS). Puncak perayaan ini juga sekaligus menjadi acara grand opening stadium baru itu.

s