Kaesang Pangarep Jalani Prosesi Siraman, Keluarga Minta Doa Restu ke Publik

Jumat, 9 Desember 2022 | 15:00:00

Kaesang Pangarep Jalani Prosesi Siraman, Keluarga Minta Doa Restu Ke Publik

Siraman Kaesang Pangarep. (Instagram.com/jokowi)

Ladiestory.id - Kaesang Pangarep kembali menjalani rangkaian prosesi pernikahannya dengan Erina Gudono. Hari ini, Jumat (9/12/2022), putra bungsu Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, itu menjalani prosesi siraman di kediamannya di Sumber, Surakarta, Jawa Tengah.

Selama acara siraman, pihak keluarga besar Kaesang meminta doa restu kepada masyarakat untuk pernikahan Kaesang dan Erina. Jokowi berharap agar prosesi pernikahan bisa berjalan dengan baik dan lancar sampai hari H.

"Dari kediaman kami di Kota Surakarta, hari ini, kami mengantar Kaesang Pangarep untuk menjalani rangkaian prosesi pernikahan dengan Erina Gudono," tulis Jokowi di akun Twitter resminya.

"Kami sekeluarga memohon doa restu kepada masyarakat agar prosesi selanjutnya dapat berjalan dengan baik," lanjutnya.

Siraman Kaesang Pangarep. (Instagram.com/jokowi)

Jokowi juga meminta maaf apabila rangkaian pernikahan putranya menganggu masyarakat sekitar. Diketahui, prosesi siraman juga dilakukan calon mempelai wanita di daerah Sleman, Yogyakarta pada hari yang sama.

"Kami juga memohon maaf yang sebesar-besarnya apabila dalam pelaksanaan rangkaian pernikahan Kaesang dan Erina ini mengganggu kenyamanan masyarakat, khususnya masyarakat Yogyakarta dan Kota Surakarta," kata Jokowi.

Prosesi siraman diawali dengan pemasangan bleketepe oleh Jokowi di depan kediaman mereka. Kemudian, Kaesang bersimpuh di hadapan kedua orang tuanya setelah mereka tiba di lokasi sungkeman sekitar pukul 08.15 WIB.

Setelahnya, Kaesang berjalan menuju kediaman di Sumber dengan didampingi orang tua. Dia juga diiringi oleh keluarga kedua sang kakak, yakni keluarga Gibran Rakabuming Raka dan Kahiyang Ayu.

Siraman Kaesang Pangarep. (Instagram.com/jokowi)

Setibanya di kediaman, prosesi siraman pun dimulai. Acara diawali dengan penerimaan air dari tujuh sumber mata air. Air itu telah diterima pihak keluarga Kaesang dari calon pengantin wanita, Erina Gudono. Tujuh sumber mata air tersebut yaitu Keraton Kasunanan, Keraton Mangkunegaran, Masjid Agung Surakarta, Umbul Pengging, Istana Merdeka, Istana Bogor, dan Kediaman Solo.

Kaesang selaku calon mempelai pria tampak mendapat siraman pertama dari ayahnya. Kemudian, ia juga mendapat siraman dari anggota keluarga lain, termasuk Gibran Rakabuming dan Bobby Nasution.

Acara dilanjutkan dengan pemotongan rambut yang dilakukan Jokowi kepada Kaesang. Selepas itu, Jokowi menggendong anak bungsunya serta memberikan suapan terakhir untuk sang putra.

Sementara itu, akad nikah Kaesang dan Erina akan berlangsung di Pendopo Agung Ambarrukmo, Yogyakarta, pada esok hari, Sabtu (10/12/2022) pukul 13.00 WIB.