Kampanye 3.3 Fashion Sale, Dukungan Shopee pada Industri Fashion Indonesia

Kamis, 17 Februari 2022 | 03:11:00

Astri Supriyati

Penulis : Astri Supriyati

Kampanye 3.3 Fashion Sale, Dukungan Shopee Pada Industri Fashion Indonesia

Konferensi Pers Shopee 3.3 Fashion Sale. (Dok. Shopee)

Ladiestory.id - Perubahan zaman dan teknologi berpengaruh terhadap tren industri fashion Indonesia. Informasi yang serba cepat membuat preferensi produk dan gaya fashion masyarakat makin beragam.

Hal ini berdampak pada para pelaku bisnis di bidang fashion yang harus semakin kreatif dan adaptif dalam menciptakan produk fashion unggulan. Tujuannya, agar dapat menjawab kebutuhan serta selera konsumennya. 

Untuk memenuhi kebutuhan fashion konsumen sekaligus mendorong pelaku bisnis, platform e-commerce Shopee menghadirkan kampanye Shopee 3.3 Fashion Sale. Kampanye ini berlangsung sejak 14 Februari hingga 3 Maret 2022.

Adi Rahardja, selaku Head of Fashion & Lifestyle Shopee Indonesia, mengungkapkan melalui kampanye ini, Shopee ingin memberikan wadah bagi masyarakat untuk menemukan ragam produk fashion pilihan yang cocok dengan selera yang diminati.

Shopee melihat adanya potensi yang besar bagi industri fashion Indonesia untuk dapat terus berkembang kedepan, tak terkecuali pada tahun 2022 ini,” kata Adi.

“Kampanye ini juga merupakan bukti nyata bentuk komitmen Shopee yang senantiasa mendukung para pelaku bisnis fashion melalui berbagai inisiatif dan inovasi yang kami hadirkan, untuk perkembangan industri fashion Indonesia yang lebih baik,” sambungnya.

Adi pun berharap kampanye ini dapat dimanfaatkan dengan semaksimal mungkin oleh para pengguna Shopee, baik pembeli maupun penjual.

Untuk memeriahkan kampanye tersebut, Shopee menyelenggarakan acara Konferensi Pers Shopee 3.3 Fashion Sale: Perkembangan Industri Fashion Tahun 2022.

Acara ini diisi dengan sesi talkshow, dengan yang dihadiri oleh narasumber yang berkompeten di bidangnya, yaitu Erich Al Amin, Celebrity Fashion Stylist dan Cindy Hadi, Head of Marketing Communication This Is April. Mereka berbagai informasi terkait tren dan inovasi di industri fashion yang akan muncul di Indonesia 

Dalam acara ini juga dijelaskan bagaimana Shopee mendukung hal tersebut dengan aneka produk fashion serta inovasi fitur yang ditawarkan, yakni Shopee Live.

Erich mengaku senang mendapat kesempatan untuk berpartisipasi di acara Shopee 3.3 Fashion Sale kali ini. Sebagai seorang fashion stylist, ia sering mengamati dan mengikuti perkembangan tren fashion di Indonesia.

"Sekarang ini fashion sudah menjadi sarana bagi masyarakat Indonesia untuk dapat mengekspresikan diri mereka melalui outfit yang dikenakan. Masyarakat mulai lebih percaya diri menggunakan item fashion dengan desain, motif serta warna yang terang dan berani,” ujar Erich.

Dirinya melanjutkan, bahwa kampanye ini dapat memberikan opsi yang lebih beragam bagi masyarakat dalam mendapatkan produk fashion, mulai dari pakaian hingga aksesori.

“Alhasil, aktivitas berbelanja kebutuhan produk fashion jadi lebih mudah dan menyenangkan," terang Erich.

Agar pengalaman berbelanja online makin maksimal selama kampanye Shopee 3.3 Fashion Sale, terdapat beberapa hal yang bisa dilakukan oleh seluruh pengguna Shopee.

Manfaatkan Fitur Shopee LIVE

Menjawab permintaan akan tren live shopping yang kian meningkat, pengguna Shopee dapat menggunakan inovasi fitur live streaming Shopee LIVE yang tersedia dalam aplikasi Shopee. Penggunaannya yang mudah membuat Shopee LIVE memungkinkan para penjual pada kategori fashion untuk berinteraksi secara langsung dengan calon pembeli, meningkatkan penjualan dan followers, meningkatkan eksposur dan branding toko serta memberikan ulasan produk lebih detail.

Bagi pembeli, fitur ini membantu mereka untuk dapat langsung berkomunikasi dengan penjual secara real-time. Dengan demikian, pembeli bisa mengetahui lebih banyak mengenai produk seperti detail warna, motif dan ukuran serta melakukan pembelian terhadap produk tersebut.

Gunakan Promo

Dalam berbelanja online, promo menjadi salah satu hal yang paling dinanti. Kampanye Shopee 3.3 Fashion Sale ini pun menghadirkan beragam promo dan penawaran belanja.

Promo tersebut meliputi COD Gratis Ongkir RP0, Diskon 50 persen + voucher 50 persen, serta Style Baru sampai dengan Rp50 Ribu.

Kampanye Tematik

Dalam kampanye Shopee 3.3 Fashion Sale ini, terdapat kampanye tematik yang hadir bervariasi setiap harinya, ini merupakan waktu yang tepat bagi para pengguna untuk memenuhi kebutuhan fashion yang bervariasi. Setiap harinya selama masa periode kampanye berlangsung, terdapat berbagai kampanye tematik yang akan diadakan, antara lain: Pakaian Wanita dan Pria Day, Muslim Fashion Day, hingga Aksesoris dan Jam Tangan Day.

Head of Marketing Communication This Is April, Cindy Hadi, menambahkan bahwa Shopee tidak pernah berhenti untuk berinovasi dan memperhatikan pertumbuhan bisnis para mitranya.

Berbagai inisiatif yang dihadirkan tidak hanya menguntungkan bagi para pengguna, tetapi juga bagi para mitra brand. 

“Misalnya, dengan adanya fitur Shopee LIVE, yang telah memberikan kontribusi yang cukup signifikan bagi penjualan dan pemasaran This Is April. Lebih daripada itu, fitur ini juga telah membukakan pintu gerbang kesempatan bagi This Is April untuk menjangkau pasar yang lebih luas lagi dari sebelumnya, terutama pada ranah digital,” kata Cindy.

Cindy pun berharap Shopee dapat terus mengambil peran dalam perkembangan industri fashion Indonesia. Ia pun berkeinginan agar This Is April bisa terus mengikuti perkembangan tren fashion melalui produk yang ditawarkan, serta bisa menjadi inspirasi bagi pelaku bisnis fashion lainnya.