Punya Kulit Kombinasi? Perhatikan 7 Kandungan Skincare Ini

Kamis, 6 Januari 2022 | 00:01:00

Diana Rahmawati

Penulis : Diana Rahmawati

Punya Kulit Kombinasi? Perhatikan 7 Kandungan Skincare Ini

Ilustrasi skincare kulit kombinasi. (Special)

Ladiestory.id - Kulit kombinasi diketahui sebagai tipe kulit yang perawatannya lumayan tricky. Pasalnya, jenis kulit ini biasanya berminyak di area T-Zone, tapi kering di daerah pipi.

Maka dari itu, Kamu harus jeli dalam memilah kandungan skincare yang cocok bagi kulitmu. Tak ayal, hal itu membuatmu kebingungan mencari kandungan skincare yang tepatTak perlu khawatir, Ladiestory.id merangkum beberapa kandungan bahan yang bisa bantu atasi masalah kulit kombinasi.

1. Salicylic acid

Kandungan Skincare
Ilustrasi produk mengandung salicylic acid. (Special)

Kandungan pertama yang perlu Kamu kenali yaitu salicylic acid. Bahan utama ini menjadi solusi kulit berminyak. Salicylic acid berguna mencegah jerawat akibat minyak berlebih, dan penumpukan pada pori-pori dapat perlahan menghilang.

2. Vitamin C

Kandungan Skincare
Ilustrasi serum vitamin C. (Special)

Sebagai pemilik kulit kombinasi, Kamu mungkin merasakan terdapat bagian kulit yang kering dan ada juga yang berminyak. Untuk mengatasinya, Kamu bisa membutuhkan kandungan yang bisa bekerja secara maksimal pada kedua jenis kulit tersebut, misalnya antioksidan.

Vitamin C adalah salah satu antioksidan yang bisa memacu pertumbuhan kolagen sambil mencerahkan kulit kusam karena sebum berlebih. Sifatnya yang multifungsi, vitamin C cocok dipakai oleh pemilik kulit kombinasi.

3. Silica

Bukan bahan kimia yang terbuat dari racikan berbahaya, tapi silica adalah jenis bahan alami yang banyak dijumpai di masyarakat. Kandungan ini akan menjadikan penampilan wajahmu tampak matte dan bebas minyak. Bahan ini cukup populer dalam membuat riasan menjadi anti-cakey.

4. Hyaluronic Acid

Kandungan Skincare
Ilustrasi produk skincare megandung hyaluronic acid. (Special)

Hyaluronic acid bermanfaat untuk mengikat air pada lapisan sel kulit. Kandungan skincare ini cukup ampuh untuk kulit kombinasi. Memang, kulit kita memproduksi hyaluronic acid secara alami, tapi jumlah produksinya akan menurun seiring dengan bertambahnya umur.

Hal ini bisa disebabkan karena efek lingkungan, konsumsi makanan, sampai metabolisme pada tubuh. Itulah mengapa Kamu membutuhkan tambahan hyaluronic acid lewat produk skincare.

5. Niacinamide

Kandungan Skincare
Ilustrasi produk skincare megandung niacinamide. (Special)

Tahu gak jika niacinamide adalah nama lain dari vitamin B3? Bahan ini perlu Kamu cari dalam rangkaian produk perawatan. Sebab, kandungan ini bisa mengurangi produksi sebum dan mencegah inflamasi kulit.

6. Glycolic Acid

Kandungan Skincare
Ilustrasi produk skincare megandung glucolix acid. (Special)

Kulit kombinasi juga butuh eksfoliasi. Kamu bisa gunakan produk berbahan glycolic acid untuk bantu bersihkankulit mati. Sebagai AHA alami yang diperoleh melalui tebu, glycolic acid tergolong aman sebagai eksfoliator untuk pemilik kulit kombinasi.

Glycolic acid pun bisa mengurangi tanda-tanda penuaan dini serta mengontrol pertumbuhan jerawat.

7. Witch Hazel

Kandungan Skincare
Ilustrasi produk skincare megandung witch hazel. (Special)

Ekstrak witch hazel merupakan salah satu kandungan skincare yang tepat digunakan kulit kombinasi. Bahan ini dapat mengontrol produksi sebum pada daerah kulit yang berminyak. Daerah kulit yang kering pun mampu ternutrisi dan lembap secara maksimal.