Kanye West Putus Kontrak dengan Balenciaga di Tengah Kontroversi

Sabtu, 22 Oktober 2022 | 16:00:00

Kanye West Putus Kontrak Dengan Balenciaga Di Tengah Kontroversi

Kontroversi Kanye West "White Lives Matter". (Spesial)

Ladiestory.id - Balenciaga secara resmi memutuskan hubungan dengan Kanye West, menyusul serangkaian kontroversi yang ditimbulkan rapper tersebut. Fakta ini diungkapkan langsung oleh perusahaan induk Balenciaga, Kering.

"Balenciaga tidak lagi memiliki hubungan atau rencana untuk proyek masa depan yang terkait dengan artis ini," kata Kering kepada Women's Wear Daily, Jumat (21/10/2022).

Rapper yang juga dikenal dengan nama Ye ini berkolaborasi dengan Balenciaga untuk lini Yeezy Gap, yang begitu populer awal tahun ini. Gap pertama kali mengumumkan kesepakatan 10 tahun dengan Ye untuk merek Yeezy Gap pada Juni 2020. Akan tetapi, Kanye West mengatakan bulan lalu bahwa dia mengakhiri kemitraannya dengan Gap karena ketidakpatuhan yang substansial.

Hubungan Ye dan Balenciaga dilaporkan sangat dekat. Mantan suami dari Kim Kardashian itu kerap bertukar pesan dengan direktur kreatif Balenciaga, Demna Gvasalia. Gvasalia bahkan menghadiri peragaan busana di Paris, Prancis, tempat Kanye West membuat kontroversi dengan mengenakan kemeja bertuliskan "White Lives Matter" 

Bukan hanya itu, kemitraan Kanye West dengan Adidas sekarang secara resmi dalam peninjauan usai skandal kaus "White Lives Matter". 

"Setelah upaya berulang kali untuk menyelesaikan hal secara pribadi, kami telah mengambil keputusan untuk menempatkan kemitraan dalam peninjauan," bunyi pengumuman  Adidas  dalam sebuah pernyataan, dikutip dari Page Six.

Sebelumnya, Kanye West menjadi sorotan publik atas kaus yang dikenakannya di gelaran Paris Fashion Week 2023 beberapa waktu lalu. Pasalnya, kaus yang dikenakan sang rapper menunjukkan tulisan yang dinilai kontroversial, yaitu “White Lives Matter”. Ini merupakan istilah tandingan dari gerakan “Black Lives Matter” yang awalnya dibuat oleh para pendukung Donald Trump.